Blogging Sebagai Investasi Jangka Panjang

Review Jurnal Akuntansi Lingkungan Pada Industri Farmasi di Yordania
Review Jurnal Akuntansi Lingkungan Pada Industri Farmasi di Yordania

Setelah beberapa bulan saya menekuni profesi fulltime blogger, baru saya sadar bahwa blog adalah asset terbaik yang dimiliki di bisnis online. Memang masih ada beberapa hal penting selain blog yang patut dirawat, namun tetap saja keberadaan blog tidak bisa dikesampingkan. Apapun jenis blog tersebut, baik blog pribadi, blog bisnis (mungkin lebih tepat disebut website), flipping site, maupun dummy blog, ketiganya adalah investasi jangka panjang yang berharga.

Namanya saja jangka panjang, sebaiknya Anda tidak berharap bisa kaya mendadak hanya karena tadi pagi baru buat blog. Mungkin Anda berhasil ‘borong’ nama domain bagus dan langsung dibeli orang, tapi itu kejadian langka. Yang normal, tetap butuh proses berkelanjutan agar blog menghasilkan uang. Rajin baca, menulis artikel, promosi melalui blog directory, blogwalking, bergabung dengan komunitas internet dan sebagainya.Blogging Sebagai Investasi Jangka Panjang

Lebih khusus lagi saya menekankan pada aktifitas update artikel blog. Mengapa sih kita harus capek-capek nulis artikel 2 hari sekali? Bukannya sebulan sekali pun nggak dilarang, tapi 2 hari sekali adalah waktu ideal belajar menggali ide dan menuangkan dalam tulisan. Menurut pengalaman saya, semakin jarang frekuensi update artikel, semakin memudahkan kita melupakan ngeblog.

Misalnya: nggak jadi nulis hari ini deh, lagi males nih, besok aja. Oh ya, besok kan ada acara kondangan, besok lusa aja publish-nya. Tapi kalau diingat-ingat, besok lusa adalah jadwal keluar kota. Ditunda minggu depan aja kalau gitu. Dan seterusnya hingga Anda lupa ide menulis yang sedang menyala-nyala dan ingin segera dituangkan ke dalam blog.

Siapa Menanam, Dia Bakal Menuai Hasil

Kita tidak akan pernah tahu kapan blog menjadi populer, memberi pengaruh bagi banyak pembaca dan memberi manfaat bagi pengelola blog tersebut. Banyak contoh kesuksesan di luar sana yang berawal dari aktifitas menulis di blog. Misalnya: penerbitan buku dari artikel blog, jasa penerbitan iklan Google Adsense, menjadi pembicara acara talkshow, konsultan online dan sebagainya.

Yang sering terjadi adalah newbie keburu patah semangat saat mereka baru menemui satu halangan ngeblog. Ah, sudah deh. Kayaknya saya nggak cocok dengan ngeblog, saya kan nggak pintar nulis. Padahal, bisa jadi pintu kesuksesan tinggal selangkah lagi di depan mereka. Wah, eman-eman banget ya. Sudah capek-capek berusaha giliran mau sukses malah ditinggal.

Diperlukan segudang kesabaran, sikap telaten, rajin membaca, diskusi dengan komunitas satu topik dan memupuk mental pantang menyerah. Dalam hal ini saya ingat pepatah lama: siapa menanam akan menuai. Kalau Anda tidak menanam sejak sekarang, jangan harap bakal menuai hasil di kemudian hari. Inilah yang membuat beberapa blogger senior mencapai sukses di masa sekarang, sebab mereka telah mempersiapkan diri sejak jauh di masa lalu. Tetap semangat ya.

Enjoy blogging, enjoy writing!

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

99 thoughts on “Blogging Sebagai Investasi Jangka Panjang”

  1. wah betul tuh mas…….saya pernah lama gak ngeblog rasanya mau nulis malah bingung……sekarang udah kembali si nulis lagi hehehehehe…….yah udah punya blog ini serasa punya “peliharan” (waduh kasar ya???) yg gak bisa saya tinggal…….kngen mulu bawaannya wkwkwkwkwkw

  2. Iyap,saya setuju bgt mas,asalkan gk ke banned,blog bsa digunakan sbg catatan pribadi ataupun alat pencari uang,
    bahkan,blog juga bisa digunakan sbg sarana pembelajaran dan juga media informasi yg sangat cepat dan teraktual

  3. Wah, tulisan ini sangat membakar saya mas (untuk tetap konsisten ngeblog dan update tulisan). Yups. Bagi saya, tulisan-tulisan yang saya publish di blog adalah investasi jangka panjang juga.

      1. Saya juga yakin mas 😉

        Sekarang masih ujicoba saja (monetisasinya). Toh, ternyata juga langsung menghasilkan ketika baru saya pasang sekitar 3 hari 🙂

  4. Blog memang layaknya rumah kedua didunia maya
    banyak bisa dilakukan dari ngeblog, dan dapat juga dijadikan investasi jangka panjang

  5. Konsep inilah yang seharusnya dipatenkan saat memulai blogging, hingga istilah ‘blog adalah tren sesaat’ tak lagi bergaung. Blogging, bisa diibaratkan menyemai. Ya, cocok dengan perumpamaan di atas. Kita tak pernah tau apakah blog kita dikenal atau tidak, karena yg penting adalah bagaimana kita mengisinya dgn hal2 terbaik.

    Keep blogging mas! *tos 🙂

  6. Ngeblog itu asyik, nikmat, bermanfaat, membentuk karakter, make relation dan masih banyak lagi.. maka ngebloglah selagi bisa.

  7. betul banget Mas…walau nggak sengaja…kena deh saya…blog terbengkalai…tapi blog ku itu yg comment kebanyakan kok malah dari luar negeri…kok bisa ya? sampai “Bandwidth Limit Exceeded” nih…tgl 20 gini sdh tdk bs dibuka lagi…nunggu bulan depan…

          1. Waduh… udah ada yang kakak2an gini ne.. hayooo… ada udang dibalik rempeyek ne kaya’ nya.. ha..ha..

  8. Ketika memahami blogging sebagai investasi jangka panjang maka memang segala sesuatunya dalam blog harus disiapkan matang, gak boleh buru. mantap mas…..

  9. saya gak setuju gan.. maksimum orang ngeblog itu 5 tahun.. kecuali kalo dia 5 tahun ke depan memang gak bisa meningkatkan penghasilan, atau gak punya kesibukan atau bisnisnya bangkrut..
    orang yang awalnya ngeblog untuk bisnis atau untuk uang, pasti akan berhenti ngeblog ketika perusahaan nya berkembang dari personal menjadi korporasi.. percaya deh..

    so, in the next 5 years, either you are 5 years older, or 5 years richer…tapi yang pasti harus dua2nya…

    1. 5 tahun? lama amat ya? bisa-bisa newbie keburu bosan bertapa… 🙂

      memang kemampuan belajar setiap orang berbeda. ada yang cepet nyantol secara otodidak, ada yang perlu dituntun. beberapa kawan pemain Google Adsense baru setahun ada yang bisa menghasilkan ratusan dollar per bulan. salah satu kunci (misalnya) adalah membeli domain yang sudah punya traffic bagus. yang penting tahu ilmu bisnisnya. 🙂

      1. Bukankah “ilmu” bidang apa saja itu yang harus dijadikan prioritas sebelum terjun ke dalam suatu bidang mas???

        Kenapa harus 5 tahun kalau ada ilmu yang bisa buat nguasain bidang tertentu dalam 1 bulan.. he..he..

        Just Share

  10. Gak termasuk jangka panjang sih sebenarnya. Mustinya kalau serius, dalam waktu kurang dari setahun sudah harus menghasilkan sesuatu dari blognya. Kalau sampai setahun belum dapat apa-apa, berarti ada masalah tuh dengan orangnya. Bisa jadi memang gak niat berbisnis, bisa juga waktu aja yang jalan setahun tapi dia ngurusnya cuma beberapa hari saja.

    Dan yang harus diingat, hasil itu bukan melulu murni dari blognya. Bisa karena relasi baru yg terbentuk atau bisa juga kesempatan bisnis baru gara-gara sebuah artikel kita ada yang menarik. Dari pengamatan saya selama ini gitu sih.

    1. bentar aku hitung dulu usia ngeblog ku…
      mulai dari 23 Maret 2009 berkenalan dengan produk SMUO. lalu belajar ngeblog sampai sekarang. kalau dihitung-hitung berapa duit yang masuk ya? (cek laporan keuangan) 🙂

      alhamdulillah blogging bisa membawa saya berkenalan dengan orang-orang baru yang hebat dan menginspirasi untuk lebih baik ke depan.

      1. wahh gak jauh beda ternyata mas.. saya akhir thn 2009..
        tp ttpan master mas agus.. mgkn krn dl saya jarang BW hehehe

          1. Lapor mas… saya baru mulai ngeblog tahun 2010 lho… karena sempat dibajak malware, blogku waktu itu acak2an selama 1 bulan ngadat ngeblog, syukurlah sampai sekarang sudah lumayan lancar, meski harus ditingkatkan selalu.. he..he..

            Makasih sharingnya selama ini mas..

  11. lanjut terus, semoga bertahan lama bloggingnya, semoga bermanfaat tulisannya walau tulisan yang ke 100 mungkin…. paling tidak besok bisa cerita ke cucu (kalo di kasih ma Allah) kalo pernah punya blog

  12. Memang secara pribadi menyadari segala sesuatu kalau di kerjakan dengan serius dan konsisten ditambah kreatifitas entah itu dalam bidang apapun selayaknya akan mendapatkan bintang dan menuai keberhasilan, tidak lain dalam dunia blogsphere jika kita juga konsisten dan selalu update artikel dan rajin juga berniat menambah kawan di blogger, tinggal menunggu waktu saja traffic lambat laun akan meningkat.

    1. …berniat menambah kawan blogger….

      kalimat ini yang terbukti beberapa kali membawa peruntungan bagi saya. nggak peduli kita berkawan hanya say hello atau berkawan lebih intensif, satu saat akan berguna. makasih tambahannya. 🙂

  13. saya percaya itu dan keberadaan blog sendiri selain sebagai investasi juga sebagai penunjang karir itu kedepannya. soalnya kalo udah uzur mungkin karena tenaga udah engga kuat ya mengunakan pemikiran dengan sebuah tulisan dan tulisan yang sudah memiliki audiene tentu lebih mudah di bandingan masih awal setidaknya tidak ada kata terlambat untuk memulai

  14. Saya sendiri berusaha menjadikan blogging sebagai hobi, urusan memperoleh penghasilan lewat blogging urusan belakangan yang penting saya senang dengan apa yang saya lakukan….

  15. Nulis itu kayak narkoba ya Mas. Sekali coba, bakal ketagihan. Saya aja yang sibuk gara-gara kerjaan kantor, tetep kangen buat nulis…

  16. bulan depan genap satu tahun saya ngeblog dan bersyukur sudah mulai menikmatinya… entah jadi apa di kemudian hari..
    dan yang saya dapatkan banyak eksplorasi diri di aktifitas yang satu ini

    salam kenal

    1. salam kenal juga. 🙂

      ngeblog bagi saya banyak memberi kejutan. kejutan yang enak, nggak enak, macam-macam rasa. tapi disinilah saya semakin asyik menikmati blogging. dalam hati bertanya-tanya, nanti artikel ini dapat respons gimana ya? diterima atau dicela? deg-degan ini yang bikin saya makin penasaran menaklukkan blogosphere.

  17. saya jdai semakin bersemangat baca artikel ini…
    setiap baca masalah kesabaran, saya berada di tengah dilema… antara optimis dan pesimis
    karena banyak kegiatan di masa lalu yang saya tekuni kandas di tengah jalan..hemmm
    harus sering cari ,motivasi… khususnya di blog ini, lama nih saya nggak mampir ke sini.. 😀

      1. Ups… ada yang nyinggung masalah skripsi juga ne ya.. he..he.. q jga lagi skripsi ne, jadi panas (semangat) ne denger skripsi.. g sabar mau cptan wisuda..

  18. bener jg sih mas.. blogging adalah investasi jangka panjang.. tp kadang banyak blogger baru yg hanya mengejar $$$
    harusnya blogger baru membaca tulisan ini… saluuuut dah mas

  19. mas agus di sapa di twitter nggak pernah jawab

    kemaren saya tanya2 juga nggak di jawab

    tombol mentionnya nggak pernah dibuka ya?

    hiksss,,,, hiksss,,,,

  20. sekedar hoby atau cari duit ya? baeknya kita sambil menyelam minum air saja. yg penting blog itu harus berisi. lambat laun duit dateng. insya Allah!

  21. Patah semangat itulah yang dapat “mematahkan” peluang yang harusnya bisa diraih.
    Komentar seperti itu, “Ah… kayanya saya nggak cocok…” memang bisa terjadi di mana saja dan kapan saja.
    Dalam tiga hari terakhir ini, saya sudah beberapa kali menerima “keluhan” dengan komentar seperti itu. Komentar seperti itu merupakan salah satu luapan “keputusasaan” atas kondisi yang dihadapi 😀

  22. Betul…saya suka nulis karena bukan saja kepingin nulis…tapi lebih kepada banyak bener ilmu dan pengalaman yang mesti saya share.:D

    Oya mas…kok ga nulis artikel lagi nih di blog ane? Kangen tulisane mas…..;)

  23. Pingback: penulis konten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *