Blogging Sebagai Investasi Masa Depan

Review Jurnal Akuntansi Lingkungan Pada Industri Farmasi di Yordania
Review Jurnal Akuntansi Lingkungan Pada Industri Farmasi di Yordania

Blogging tidak hanya kegiatan menuliskan jurnal pribadi secara online. Lebih dari itu, blogging adalah salah satu media meraih penghasilan melalui bisnis online.

Membicarakan blogging di era melimpahnya situs jejaring sosial mungkin tidak semeriah seperti beberapa tahun lalu. Blogging saat ini menjadi filter bagi orang-orang yang memiliki kebutuhan untuk mengaktualisasikan dirinya dalam sebuah komunitas. Ada yang mampu bertahan dari godaan jejaring sosial sehingga mampu mengkombinasikan dua kekuatan ini. Namun tak jarang demam jejaring sosial menghasilkan pensiunan blogger yang bahagia.

Buat apa kita capek-capek ngeblog tiap hari kalau toh ujung-ujungnya cuma buat ajang curhat. Kalimat itu lebih cocok diterapkan bagi orang yang ngeblognya nggak pakai ilmu. Asal nulis dan tidak memperhatikan berbagai efek yang terlibat di dalamnya maupun sesudahnya. Ngeblog sebagai investasi masa depan bukanlah satu hal yang berlebihan. Banyak yang sudah membuktikan kekuatan blogging sebagai salah satu sumber penghasilan selain pekerjaan offline.

Kejutan Potensi Blogging

Sekedar kilas balik beberapa waktu lalu, maaf ini bukan pamer. Awalnya saya ngeblog juga cuma jadi tempat curhat kalau ada pikiran yang tidak tertampung oleh lingkungan di sekitar tempat tinggal. Tapi lama-lama kadar curhatnya makin berkurang karena banyak teman-teman yang menyarankan saya lebih banyak share pengetahuan daripada cerita murahan anak muda yang lagi kasmaran. Hehehe.

Begitulah akhirnya semua berjalan secara alami dan tanpa dipaksakan. Gaya penulisan awal memang masih terkontaminasi sosok idola yang punya kharisma. Apa-apa yang dituliskan, saya juga turut mengamini. Tapi semakin hari saya makin menemukan karakter diri dan perlahan bisa sharing sedikit ilmu kepada pengunjung.

Siapa sangka kalau dari aktifitas blogging yang menginjak umur dua tahun ini saya benar-benar nggak kecewa karena sudah menginvestasikan waktu, tenaga, pikiran dan dana untuk hal ini. Dan saya sedikit berbangga bisa resign dari kerjaan lama tanpa perlu masuk kantor lagi, alias bisa kerja dari rumah. Pencapaian ini termasuk lebih baik daripada rekan-rekan sekantor yang banyak bicara rencana resign kerjaan lalu bangun bisnis, tapi sampai sekarang mereka masih kerja ten to five di bawah kendali big boss.

Siapa menanam, dia akan menuai. Kalau Anda nggak mau menanam sejak sekarang, jangan harap nanti bisa punya hasil panen. Mungkin ada cara cepat jadi kaya (dari warisan, harta karun, arisan Singapore dan lain-lain), namun itu bukanlah cara umum yang bisa Anda lakukan untuk bisa benar-benar mendapat penghasilan yang barokah. Sekecil apapun itu, mulailah dari sekarang dan bersiap-siaplah mendapat kejutan dari berinvestasi melalui blogging.

Enjoy Blogging, Enjoy Writing!

80 Replies to “Blogging Sebagai Investasi Masa Depan”

    1. Investasi kan ada jangka pendek dan panjang. Kalau beli domain menurut saya termasuk investasi jangka pendek. Nggak ada yang jamin pelihara domain setahun langsung kaya. πŸ™‚

  1. Wew… lumayan dapet inspirasi pagi ini…
    Saya juga sedang belajar untuk mengembalikan uang saya yang terkuras habis dari ngeblog! πŸ˜†
    Selamat berpuasa…

  2. saya ingat masa-masa ketika mulai blogging tanpa panduan, belum tahu “mau dibawa kemana” (kok kayak judul lagu??) hobi blogging ini, akhirnya alhamdulilah sekarang sudah ngerti kalau ternyata betul apa Mas Agus diatas, ..kalau sudah mulai menulis di blog pribadi, seperjalanan pasti menemukan ide-ide bisnis yang bisa dikembangkan lewat blog pribadi…dan sekarang saya sedikit-sedikit mulai menemukan ide bisnis yang baru setiap kali mau menulis artikel.

    Dan terlebih lagi, psssttt…sekarang istri saya mendukung penuh saya bisnis internet, tadinya …beuuuh..kalau sudah di depan kompi pasti di cemberutin…hahaha…

    salam sukses buat para blogger indonesia

    1. Wew… selamat ya sudah menemukan hidup baru dari blogging.
      Memang nggak mudah meyakinkan keluarga tentang potensi blogging untuk penghasilan. Tapi kalau kita mau sabar dan terus bekerja keras, pasti mereka akan mendukung.

  3. Tulisan di atas bisa menjadi penjaga semangat blogging saya nih. Mudah-mudahan saya tetap bisa enjoy ngeblognya sampai beberapa tahun lagi.

  4. that’s right,
    selama masih ada internet tetap menulis informasi yang dibutuhkan orang lain, ketika momentnya sudah tiba saat itulah dimonetisasi, (nyindir diri sendiri yang selalu ingin cepat-cepat^^)
    slow but sure ^^ terinspirasi dari film “sosial network” saat Mark dan eduardo bedebat soal monetisasi

  5. Klo saya malah baru mulai. Tapi berkat bimbingan mas Agus, saya bisa merasakan perkembangan pesat sekali buat ukuran saya. Tengkyu mas agus. πŸ˜€

  6. Artikel penuh motivasi bagi saya mas.
    Dulu sebelum saya serius ngeblog memang asal posting aja belum ada tujuannya.
    Tapi alhamdulillah sekarang udah mulai ada tujuan dan rencana pengembangan kedepan.
    Makasih motivasinya mas πŸ™‚

  7. Saya memulai ngeblog ( gratisan ) awalnya untuk berbai ilmu tentang hobby saya. Tapi pelan2 udah mulai berubah, apalagi setelah banyak membaca tentang bisnis online. Setidaknya dari ngeblog minimal tahun ini harus bisa nutupin cost yang sudah dikeluarkan. Insya Allah bisa.

  8. alhamdulilah tambahan buat semangat ngblog nih jadi tau soal infestasi heemmm boleh saya review yah mas di blog saya … πŸ˜›

  9. Pingback: used english saddles
  10. Bagi saya, punya blog di dunia maya sama dengan punya properti di darat. Sama-sama sebagai ladang investasi. Bila kita kembangkan dengan serius nilainya akan semakin bertumbuh.

  11. Pingback: Sonny
  12. Pingback: personal injury law
  13. Pingback: reebok zig review
  14. Pingback: berry engineered floor
  15. Pingback: Walnut Glazed Doors
  16. Pingback: Blinds
  17. Pingback: Door
  18. Pingback: doors
  19. Pingback: U Value Regulations
  20. Pingback: Lodges On Loch Lomond
  21. Pingback: Maldives Islands Resorts
  22. Pingback: Fiji Package Holiday
  23. Pingback: Fife Self Catering
  24. Pingback: Drug Tests
  25. Pingback: Blanket Wool
  26. Pingback: Coping Mechanism Of Stress
  27. This is the reason most people decide to blog. It is an easy and anonymous way to talk to the world about day to day life, share photos, engage in conversation and keep up with friends.

  28. Pingback: Bail Bonds Los Angeles
  29. Pingback: software akuntansi
  30. Pingback: software akuntansi
  31. It is much like a person read my mind! You gaze to know such a lot related to this, just like you wrote the book in it or something. I do believe that you could do with some pics they are driving your message house a bit, but additionally to that particular, this is excellent blog.

  32. Pingback: freelance writer
  33. Pingback: blogger jombang
  34. Pingback: jasa penulis lepas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *