Bukan Blogger Robot, Blogger Juga Manusia

blogger boleh salah kan?
blogger boleh salah kan?

Menjadi seorang blogger memang memiliki nilai plus minus. Sama seperti halnya teknologi internet yang memiliki sisi ganda, seorang blogger memiliki kebebasan untuk mengekspresikan pikiran melalui teks, mengekspresikan tindakan melalui video, maupun mengekspresikan pidato melalui rekaman audio. Singkat kata, blogger punya banyak cara untuk menyampaikan ide dan gagasan melalui teknologi internet.

Di luar segala kelebihannya itu, blogger juga bisa saja salah dalam berekspresi. Yaahh, itulah manusia. Manusia selamanya akan tetap menjadi manusia. Manusia tidak akan pernah menjadi malaikat. Celakanya, pembaca setia sebuah blog memiliki tuntutan yang lebih pada seorang blogger. Tidak boleh salah, demikian permintaan mereka.

Blogging Mengubah Karakter

Aktifitas ngeblog bisa mengubah karakter seseorang. Kok bisa? Pasti bisa! Karena suatu perbuatan yang dilakukan secara terus menerus akan menghasilkan kebiasaan. Dan kebiasaan tersebut akan terakumulasi menjadi karakter yang menempel pada diri seorang blogger. Jika seorang blogger terbiasa menulis dengan bahasa baku, kemungkinan besar hal itu akan tercermin dalam perilaku sehari-hari.

Blogger Robot

Blogger robot? Apakah ada? Namanya juga julukan, pasti hasil rekayasa manusia. Blogger robot mengacu pada kebiasaan sebuah blog yang menggunakan script khusus sehingga artikel yang terbit bisa otomatis muncul walau yang punya tidak pernah masuk dashboard blog. Berhubung Google makin galak dan selektif dalam perang search engine, blogger robot mulai kehilangan pamor.

Kembali Jadi Manusia

Balik maning nang laptop…! Sudah saatnya kita mengembalikan seorang blogger kepada habitat aslinya sebagai manusia. Blogger juga manusia, punya rasa punya hati. Jangan samakan dengan pisau belati. Nah, itu tadi plesetan lagu top. Sebagai manusia biasa, seorang blogger memiliki segala kelebihan dan kekurangan. Blogger bisa mencerdaskan anak muda, blogger juga bisa merusak akhlak manusia lainnya.

Jika saya ingat artikel sebelumnya, sak bejo-bejoning menungso, luwih bejo wong sing eling lan waspodo. Walaupun blogger punya kebebasan, mari jadikan kebebasan itu sebagai keuntungan untuk berbagi manfaat dengan yang lain. Kalaupun ada salah-salah kata dan kalimat dalam artikel, semua kan masih bisa dikompromikan melalui kolom komentar. Bagaimana dengan Anda, Apakah Anda sudah siap menjadi blogger yang sebenar-benarnya manusia? 🙂

6 Replies to “Bukan Blogger Robot, Blogger Juga Manusia”

  1. Hai,,, hai.. dah hampir 3 tahun gak blogwalking ke blog mas agus… 🙂 apa kabar ??,,,
    setuju blogger juga manusia…
    kadang bisa ngilang -ngilang juga ( membenarkan diri) hheheheh…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *