Cukup Dua Bonus Untuk Komentator Blog Ini

Kidpreneurs - Young Enterpreneurs with Big Ideas book
Kidpreneurs – Young Enterpreneurs with Big Ideas book

Blogger pemula sering melakukan cara yang salah dalam melakukan blogwalking. Maksud hati ingin menyebar link blog, tapi dia malah terlalu aktif sehingga terkena cekal sistem moderasi. Meski dalam artikel terdahulu saya menyatakan bahwa blog ini welcome banget dengan kehadiran komentar spam, namun saya tetap menerapkan aturan bagi teman-teman yang berkunjung dan meninggalkan komentar disini.

Bonus yang tersedia bagi komentator blog ini ada dua: tautan blog home page dan comment luv artikel terbaru. Selama teman-teman komentarnya nggak ngawur, masih ada benang merah dengan artikel, saya pasti meloloskan komentar tersebut. Saya nggak memperhitungkan berapa jumlah minimal karakter untuk komentar disini. Meski Cuma satu kalimat, tapi kalau mengena ya nggak masalah.

Namun ada juga yang minta tambahan bonus. Link home page dan comment luv baginya belum cukup, eh dia nambah menyisipkan link di tengah-tengah komentar. Bagi saya, hal ini adalah tindakan tidak etis. Sudah dikasih hati, eh malah minta jantung pula. Komentar yang mengandung link di tengah kalimat akan terjaring oleh sistem moderasi blog ini. Kalau komentarnya masih nyambung bakalan saya loloskan, tapi kalau melenceng jauh nggak bakalan. Hehehe. Kecuali kalau link tersebut menjadi referensi artikel terkait barulah bisa diterima.

Siapa yang biasanya kirim spam comment? Yang pertama adalah blogger pemula yang belum tahu aturan tidak tertulis cara berkomentar di blog orang. Lalu yang kedua adalah blogger yang lagi ikutan kontes SEO, kontes semi SEO dan kontes blogging lainnya. Bagi mereka, makin banyak dapat backlink makin populer blognya. Blogger manapun pasti ingin tampil di halaman pertama hasil pencarian Google. Tapi tentunya masih ada cara-cara lain yang lebih etis kan?

Meninggalkan jejak di artikel blog orang lain memang hak Anda. Namun yang punya rumah pun tentu punya hak untuk memberlakukan moderasi dan memberikan layanan plus-plus kepada pengunjung blog. Terima saja apa yang mereka berikan kepada Anda. Bertambahnya pengetahuan blogging Anda itu lebih utama daripada aspek lainnya. Eniwei, ada yang usul mau tambah bonus lagi?

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

18 thoughts on “Cukup Dua Bonus Untuk Komentator Blog Ini”

  1. Blogwalking kadang memang sering disalahgunakan. Maksudnya pengen promosi blog di kotak komentar blog lain, eh yang ada malah bikin ill feel narablog yg dikomentari. Tapi bukan cuma itu, kadang kita yang ikut nimbrung disitu juga ikutan ill feel. ‘Ih ini ngapain juga komentator ngasih link segala?’ Ini maklum, karena targetnya juga kan bagi komentator2 yang lain. Setuju, kalau link-nya masih ada kaitan sama artikel. Kalau ngga kan malah ‘mbrebegi tongghone’ 😀

    Ya, kadang blogger2 newbie (yang hampir putus asa) sering banget berubah wujud jadi spammer tanpa dia sadari. Tapi banyak juga blogger2 yang udah lama – karna mungkin saking putus asanya – nyebarin link kontes di kotak komentar blog lain. Yah, inilah rupa-rupa sifat dan sikap di blogosphere. Ada yg main cantik/elegan ada juga yg grusa-grusu.

    Kalau niat mau komen ya contohnya ga jauh2.. kayak saya sekarang ni (jah, malah promosi hehe). Kan langkah2nya dah umum, yaitu baca dan pahami artikelnya, cari poin2 apa yg masih belum jelas, ingin menambahkan, ingin menyanggah, atau ingin sekedar memberi opini dari sudut pandang sendiri, Lalu tulis deh komentarnya. That’s it. Gitu aja kok repot, ya ngga mas? Hehehe 😀

    Btw, bonus apalagi? Hmm.. free book buat komentator terdahsyat mungkin? 😀

  2. sudah banyak itu mas, klo namanya nggak manusiawi delete saja…
    emangnya ada orang tua yang namain anaknya “Ban GT Radial Terbaik di Indonesia”? 😀
    Nembak Keyword ya kira kira lah…
    seperti Sriyono Semarang masih boleh lah… Hhhh…

  3. Terhadap para komentator kadang kita kesel juga sich. Contoh dia berkomentar di blog kita dengan kata-kata, siiiiip….. atau oke…. kalau ada komentar seperti ini di blog selalu saya hapus. Komentar komentar pendek seperti itu menunjukkan bahwa 80% ia tidak membaca artikel kita secara keseluruhan.

  4. klo ane seh,
    klo tidak menggunakan nama asli ato paling tidak nickname, commentnya kagak bakal ane approve..
    apa lagi klo “name” udh menggunakan keyword artikelnya.. langsung dah ane tandai spam!
    pdahal bila tujuannya mencari backlink, udh ane siapin plugin commentluv dan keywordluv di blog.. jadi kenapa harus nyepam segala (heran;)

  5. Insya Allah dua bonus itu sudah cukup, Mas. Saya sendiri merasa sangat senang karena mendapat bonus comment luv, hehe….

    Tapi kalau mau ngasih bonus e-book, boleh juga tuh 😀

  6. Good post. I study something more difficult on totally different blogs everyday. It would always be stimulating to learn content material from other writers and practice just a little something from their store. I’d favor to use some with the content on my blog whether you don’t mind. Natually I’ll offer you a hyperlink on your web blog. Thanks for sharing.

  7. Good post. I study something more difficult on totally different blogs everyday. It would always be stimulating to learn content material from other writers and practice just a little something from their store. I’d favor to use some with the content on my blog whether you don’t mind. Natually I’ll offer you a hyperlink on your web blog. Thanks for sharing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *