Hati-hati Ebook Kerupuk!

Tempat Bekerja Seniman di Belakang Layar
Tempat Bekerja Seniman di Belakang Layar

Posting kali ini saya awali dengan penjelasan singkat mengenai penghuni blogosphere. Setidaknya ada dua type blogger yang masih aktif:

Pertama, Newbie alias pendatang baru. Mereka ini yang sedang giat mencari ilmu. Rajin browsing Google untuk mendapat ilmu gratisan. Atau bagi yang punya modal lebih, beli yang berbayar.

Kedua, blogger Senior. Adalah para ‘sesepuh’ yang telah malang melintang di bisnis online. Umumnya mereka telah mengelola website reseller dengan membidik para newbies.

Nah, diantara keduanya terdapat hubungan timbal balik (simbiosis) yang dapat berupa:

Mutualisme. Artinya saling menguntungkan kedua belah pihak. Newbie mendapat transfer ilmu. Yang senior mendapat transfer uang. Hahaha…

Parasitisme. Ini nih hubungan yang banyak merugikan newbie. Karena biasanya mereka ‘termakan’ rayuan sales letter untuk membeli produk yang tidak jelas manfaatnya. Atau memiliki manfaat tetapi mutunya biasa-biasa saja.

Saya sering mendapat curhat teman-teman sesama blogger yang kecewa setelah membeli ebook. Padahal dia membeli juga dengan kesadaran diri, tanpa paksaan dari siapapun. Dia lalu bertanya, produk mana saja yang layak beli. Saya jawab: produk yang bisa memberi penyelesaian permasalahan, bukan yang justru menambah masalah baru.

Salah satu contoh produk berkualitas adalah Café Bisnis yang mampu memberi lebih dari yang dijanjikan. Pada awalnya saya membeli ebook-nya hanya karena ingin mempelajari install WordPress dari ahlinya.

Tapi, yang saya dapat ternyata bukan hanya Panduan WordPress lengkap. Disertakan pula script iklan baris, membuat website affliasi, tips jualan backlink, theme, toko online, SEO tolls, web development dan masih banyak lagi. Prinsip melayani lebih yang dipegang, mas Lutvi Avandi benar-benar diwujudkan.

Selain itu, saya juga sempat ‘tertipu dengan bahagia’ saat membeli salah satu ebook best seller panduan awal ngeblog. Mahal-mahal beli ebook tapi isinya malah seperti kerupuk. Enak di lidah, tapi nggak bikin kenyang. Isinya tidak jelas. Petunjuk yang diberikan tidak focus. Malah ujung-ujungnya disuruh beli backend produk.

Lalu bagaimana cara supaya kita tidak tertipu?

Jawabnya: bertanyalah kepada yang sudah beli. Kalau perlu kumpulkan info sebanyak-banyaknya siapa saja yang sudah membeli. Tanyakan kepada mereka semua. Apa yang di dapat setelah beli produk tersebut. Perasaan puas, berhasil atau justru tambah bingung? Testimoni pembeli sebelumnya lebih baik Anda kumpulkan sisi plus dan minusnya. Saring mana yang perlu dan tidak perlu.

Setelah tahu respons yang mereka berikan, anda bisa ambil tindakan. Membelinya atau mencari produk sejenis dengan brand lain. Jika Anda memiliki cukup waktu, Anda bisa mendapatkan informasi dari internet secara gratis. Namun langkah ini membutuhkan pengorbanan waktu yang tidak sedikit untuk membaca ratusan halaman ebook. Semoga artikel ini bisa jadi pembelajaran bagi kita semua.

Ngomong-ngomong, apakah Anda juga pernah beli ebook kerupuk?

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

55 thoughts on “Hati-hati Ebook Kerupuk!”

  1. saya sepakat Mas atas seruan ini. Ujung2nya kita disuruh bikin ebook lagi untuk jualan. Gimana mau jualan orang di internet aja masih baru ???
    Trims atas seruannya. Bermanfaat sekali. Salam 🙂

  2. seri setuju banget dengan penjelasan sobat. mujur seri masih belum mahu berurus-niaga dialam maya. cuma sekarang kalau ada masalah template seri atau mahu di ubah seri sering minta bantuan dari bloger indonesia.

    1. Tidak perlu takut bertransaksi via online cik Seri. Asal melalui cara-cara yangb benar, Semua bisa dipertanggungjawabkan. 😀

  3. salam super,,,
    wah,artikelnya sangat membantu saya mas,
    memang saya berencana mau beli ebook dalam waktu dekat,tp setelah baca artikel ini saya jadi tau harus beli ebook apa dgn cara menganalisa bagaimana,,, terima kasih bos,,

  4. mudah mudahan saya belum pernah beli ebook kerupuk Mas, dikarenakan kalau ingin membeli sesuatu produk saya menyeleksi dengan ketat produk tersebut, seperti yang diutarakan Mas diatas itu selain tanya sana sini saya juga melihat profil yang punya produk…

  5. untuk sementara masi belum berani beli ebook neh mas agus… saya ragu2… kocek mahasiswa terbatas… jadi saya bener2 selektif maw beli ebook yang mana… liat sana.. liat sini… denger gosip disana dan disini… tapi bulan depan harus memantapkan beli ebook yang mana.. ^_^.. rekomendasinya bagus juga.. makasie inphonya…

    1. Kalau untuk kemajuan bisnis online mas Andri, jangan ragu berinvestasi mas. Mengandalkan yang gratisan bukanlah solusi.

  6. bertanya sebelum membeli, itulah salah satu cara yang 'Kudu' dilakuin kalau memang tidak ingin kecewa setelahnya.

    Banyak lho yang kayak gtu..

    menyarankan agar kita membeli e-book,, mengumbar janji2 promosi yg membawa kita untuk menjadi penasaran,, tp setelah kita beli dan membacanya..

    ternyata di internet sudah bnayka yg posting2 tentang itu..

    waaaa…

    makin kecewa,,hehehe

    thanks infonya,hehe

  7. betul mas, saya juga pernah kejebak dengan ebook yang isinya kerupuk itu, isinya gak jelas dan ujung2nya disuruh beli lagi…

    1. Asal masih ada duit, silahkan kalau mau beli lagi. Hehehe… 😀
      Masak mau dikibulin untuk yang kedua kali…

  8. halo mas agus…salam hangat……
    waah rumah baru nieh…MANTAB SEKALI 😀
    btw blogspotnya gimana mas??

    E-book krupuk, ebook sampah dll:
    hahaha jadi kepikiran ide membuat ebook apnduan membeli ebook bisnis online yang benar wkwkwkw

    salam hangat mas 😀

    1. Blogspot saya masih online mas Alfred, biar jadi bukti sejarah bahwa saya juga memulai dari nol.
      Wah, ide bikin ebook panduan beli ebook adalah ide bagus. Awas dibaca blogger lain mas. Nanti keburu di ambil tuh ide… 😀

  9. Awal saya mengenal Internet dan belum sama sekali kenal dengan Blog. Saya sangat tergoda sekali untuk membeli ebook tapi seiring perjalanan waktu saya mengenal dunia Internet saya menemukan sebuah prinsip baru bahwa "Semua Informasi yang ada di Internet itu Gratis". Berpedoman dengan prinsip itulah sampai kini saya tidak percaya lagi dengan ebook dari siapun yang mengharuskan membeli. Mau Panduan WordPress,script iklan, theme, affiliansi, backlink, theme, optimalisasi atau apapun yang saya ketahui, sampai saat bisa saya dapatkan secara gratis. Kalo ada gratis ngapain bayar, tinggal rajin atau tidak untuk mencarinya. Just My Opinion.

  10. selama ini dah keseringan dapet e-book dari kwan seeh,,hehehe lumayan lah …tidak menyebabkan gangguan kantong dompet guwe…(^^,)>…

  11. Aku tahu tuh, pasti yg dmksud ebook sampah itu adlah rahasiablogxx.com ya? Pemiliknya namanya jokosusxxx kan?

    Bagi blogger lama c nama js itu adlh seorang pnipu ulung.

    Bnyak yg jd korban dia.

    Qt hruz wspada. Khususnya newbie

  12. saya sering banget dikiri email ga berguna buat jualan ebook yang tak bermutu… artikel yang bagus mas.. artikel ini adalah artikel wajib yang harus dibaca para pendatang baru…

  13. baru tw ana, ternyata ada juga ya ebook kerupuk..kya makanan aja mas…hehehehe
    ana juga dulu prnah beli ebook kerupuk tp stlh ktmu mas lutvi semua berubah deh..

  14. Thanks so much for this brilliant blog;this is the kind of thing that keeps me awake through the day. I’ve been looking around for this site after I heard about them from a buddy and was thrilled when I found it after searching for awhile. Being a avid blogger, I’m dazzled to see others taking initivative and contributing to the community. Just wanted to comment to show my appreciation for your website as it is very interesting, and many bloggers do not get credit they deserve. I am sure I’ll drop by again and will send some of my friends.

  15. You completed some fine points there. I did a search on the matter and found a good number of persons will agree with your blog.

  16. Thanks a bunch for sharing this with all of us you actually know what you’re talking about! Bookmarked. Please also visit my web site =). We could have a link exchange agreement between us!

  17. When i visit a blog, chances are that I notice that most blogs are amateurish. Regarding your blog,I could honestly say that you writting is decent and your website solid.

  18. Pretty nice post. I just stumbled upon your weblog and wanted to say that I’ve really enjoyed surfing around your blog posts. In any case I will be subscribing to your feed and I hope you write again very soon!

  19. Basically replace, it’s been recently some time since i have am posting feedback to blogs, this one is an exclusion. Sustain the truly amazing work good friend. I hope to discover extra ones in the blog community.

  20. Thank you an incredible put up, can read one’s others posts. thank you your notions with this, I soon became a lttle bit thump by this post. Many thanks again! You make a great moment. Portrays natures best by the excellent report here. I think if more people consideration for it like this, they’d have got a better moment in time receive the hold ofing the difficulty.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *