Ide Roadshow Blogging Untuk Pendidikan Dasar di Banten

Teknologi internet dan blogging telah berkembang demikian cepat di Indonesia. Kebebasan berekspresi di internet menjadi trend yang tidak dapat dibendung oleh beragam norma-norma yang berlaku di masyarakat. Manusia dari berbagai usia menyukai interaksi di internet melalui blog pribadi, mikroblog, jejaring sosial, forum, milis dan beragam media online lainnya. Hal ini bukan saja menghasilkan kemudahan mengakses informasi melalui internet, tetapi juga membawa efek buruk bagi perkembangan mental anak-anak di bawah umur.

Kondisi tersebut terjadi hampir di seluruh wilayah negara kita, tak terkecuali provinsi Banten yang secara geografis menyatu dengan kawasan ibukota Jakarta. Gaya hidup metropolitan memperlebar jarak antara anak dan orang tua karena kesibukan masing-masing. Kebersamaan mereka dalam sehari semalam sangat singkat sehingga pengawasan terhadap anak menjadi kurang. Mereka bisa kapan saja mengunjungi warnet, mengakses mobile internet dan mendapatkan segala informasi dari berbagai situs di seluruh penjuru dunia tanpa adanya filter.

Bahaya Cyber Bullying Bagi Perkembangan Mental Anak

Anda bisa tebak hasilnya. Informasi diserap mentah-mentah tanpa adanya penyaring. Beruntunglah bagi anak yang didampingi orang tuanya dan memiliki kesadaran diri dalam mengendalikan tingkah laku dalam pergaulan dunia maya. Sementara yang lainnya, mereka bebas mengakses situs yang seharusnya tidak boleh diakses untuk anak di bawah umur. Hal ini menyebabkan beragam kejahatan internet (cyber crime) terhadap anak atau yang kita kenal dengan sebutan cyber bullying. Meski bisa juga terjadi pada orang dewasa, efek cyber bullying pada anak lebih berbahaya dari dugaan kita.

Anak yang menjadi korban bullying biasanya mengalami gangguan psikologis dan mental dan mempengaruhi aktifitas sehari-hari. Emosi mereka bisa berubah secara drastis setelah membuka internet, menarik diri dari pergaulan, nilai sekolah menurun hingga akibat paling buruk adalah depresi yang terlewat batas. Oleh karena itu, untuk mencegah lebih banyak terjadi bullying perlu adanya satu kegiatan yang edukatif tapi juga menghibur. Format yang tepat untuk pencegahan cyberbullying adalah roadshow ke sekolah-sekolah yang ada di provinsi Banten. Kegiatan ini melibatkan anak, orang tua dan guru untuk bersama-sama memiliki peran dalam memajukan pendidikan nasional.

kebebasan ekspresi internet

Bermain dan Belajar Melalui Roadshow Blogging

Apa yang bisa kita lakukan dengan melakukan roadshow blogging? Karena event ini ditujukan untuk pendidikan anak-anak, maka yang bisa kita bisa mengemas kegiatan ini menjadi acara yang menyenangkan namun dengan tetap mengandung muatan pendidikan. Kita bisa mengibaratkan internet sebagai sebilah pisau yang digenggam manusia. Ia bisa menjadi alat yang bermanfaat bagi kegiatan manusia, tapi juga bisa menjadi alat untuk melakukan kejahatan. Kepada mereka kita bisa jelaskan bahwa internet adalah teman belajar yang baik. Tetapi kebaikan itu bisa menjadi kejahatan bila kita tidak bisa mengelola dengan baik.

Mungkin ada pembaca yang berpikiran, memangnya anak-anak sudah ngerti blogging? Jangan salah ya, sejak mereka bisa bikin akun Facebook, itu artinya kemampuan blogging mereka sudah ada. Blogger cilik dan remaja bukan lagi hal aneh saat ini. Blogging bagi anak-anak bisa dilakukan melalui platform blog gratis seperti wordpress.com blogspot.com multiply.com dan lain-lain. Kegiatan blogging ini menjadi tempat berbagi pengalaman mereka sehari-hari, mencari teman dengan kesamaan hobi maupun berbagi pengetahuan keunikan kondisi daerahnya masing-masing.

Saat anak sudah mulai ngeblog inilah orang tua bisa mengetahui kecenderungan pola pikir dan pergaulan anak. Orang tua bisa melakukan pengawasan dan pemantauan perkembangan karakter anak dari aktifitas posting artikel. Apa yang mereka tulis menjadi cerminan pikiran mereka dan kita bisa memberi pengarahan jika terdapat gejala-gejala anak mulai menjadi korban cyberbullying. Pendampingan orang tua saat anak melakukan ngeblog adalah dengan menjelaskan efek baik dan buruk dari tulisan yang dipublikasikan. Pengetahuan ini bisa diberikan pada saat roadshow blogging dengan menghadirkan anak dan atau orang tua.

Pelajaran yang bisa dibagi untuk pencegahan cyberbullying misalnya tidak menyebarkan data diri terlalu terbuka, ngeblog yang tekun agar tambah pintar dan tambah banyak teman, dan ngeblog untuk menuangkan unek-unek yang tidak bisa dibagi melalui percakapan tatap muka. Ide membuat roadshow blogging ini akan terwujud bila pihak Pemerintah dan orang tua memiliki kesadaran untuk memberikan pendidikan internet yang sehat bagi kesehatan dan perkembangan mental anak. Mereka adalah generasi mendatang yang akan memimpin bangsa ini dalam pergaulan dunia. Ayo ngeblog bersama anak-anak!

Enjoy blogging, enjoy writing!

Dari Blogger Untuk Banten

57 Replies to “Ide Roadshow Blogging Untuk Pendidikan Dasar di Banten”

  1. Anak memang harus selalu dipantau dan diawasi karena tehnologi semakin cepat menyebar ke dalam alam pikiran mereka. ya kalau positif, kalau negatif? Peran orang tua sangat diharapkan bisa mencegah hal hal yang negatif tersebut

  2. internet menjadi musuh dalam selimut. semoga ide ini bisa terlaksana sehingga orang tua dan guru bisa waspada dalam mendidik anak. anak-anak mudah banget disusupi paham baru. itulah bahaya yang jarang kita sadari.

  3. pendidikan menjadi tanggung jawab orang tua dan guru. pihak LSM hanya memfasilitasi berupa kegiatan yang mendidik. ide ini bisa terlaksana bila pemerintah turut aktif mendukung promosi dan pendanaan.

  4. LSM dan Pemerintah sepertinya kurang peduli terhadap pendidikan anak. Mereka lebih suka ngatur duit buat kampanye 2015.

  5. masyarakat belum familiar dengan bisnis online, sehingga perlu penjelasan lebih detail. termasuk dengan ide roadshow ini.

  6. kok cuma anak-anak? apakah orang tua tidak dibuatkan acara khusus juga? mereka juga bisa jadi korban kejahatan internet juga kan?

  7. Agama menjadi benteng pertahanan terakhir dari serbuan budaya barat yang tidak sesuai dengan norma-norma di masyarakat. Semoga orang tua juga ikut menyadari hal ini dengan membimbing putra mereka.

  8. Masalah yang dihadapi pengguna internet sangat kompleks. Ide ini mungkin tidak banyak membantu mereka. Namun bila didukung banyak pihak pasti memberi hasil. good luck mas.

  9. Selama orang tua masih memiliki kepedulian terhadap masa depan anak mereka, saya percaya mereka akan tumbuh dengan baik. Lebih baik sedikit kendali daripada tidak sama sekali. πŸ™‚

  10. Ada selentingan kabar yang beredar bahwa acara roadshow blogging ditumpangi pihak-pihak tertentu untuk tujuan komersial. saya jadi ragu dengan itikad baik tersebut.

  11. I need to say, as very much as I enjoyed reading what you had to express, I couldnt support but lose interest following a while. Its as should you had a good grasp on the subject matter matter, but you forgot to include your readers. Perhaps you should think about this from more than one angle. Or perhaps you shouldnt generalise so much. Its far better if you take into consideration what others may have to say rather than just going for the gut reaction for the theme. Consider adjusting your own thought procedure and giving other people who may study this the benefit of the doubt.

  12. With almost everything that appears to be building within this subject matter, many of your viewpoints happen to be fairly exciting. Even so, I am sorry, but I do not subscribe to your entire strategy, all be it refreshing none the less. It seems to everyone that your commentary are actually not entirely justified and in simple fact you are yourself not wholly convinced of the argument. In any case I did appreciate looking at it.

  13. With almost everything that appears to be building within this subject matter, many of your viewpoints happen to be fairly exciting. Even so, I am sorry, but I do not subscribe to your entire strategy, all be it refreshing none the less. It seems to everyone that your commentary are actually not entirely justified and in simple fact you are yourself not wholly convinced of the argument. In any case I did appreciate looking at it.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *