Ingin Sehat? Mari Jogging dan Blogging!

Oleh: Suara Kelana

Kita semua sudah tahu bahwa jika tubuh kita ingin sehat maka lakukanlah olahraga secara teratur. Jogging atau lari-lari kecil adalah salah satu yang dianjurkan dan juga disukai. Apalagi jika dilakukan bersama-sama banyak orang, didampingi pacar pula.

Itu untuk tubuh kita. Bagaimana jika jiwa kita yang perlu disehatkan ? Saya sarankan untuk blogging. Lho, apa hubungannya ? Banyak sekali hubungannya. Semakin kurang sehat jiwa anda, semakin anda butuh untuk blogging. Saya akan menunjukkannya pada anda bagaimana bisa demikian.

Jiwa yang kurang sehat salah satunya disebabkan oleh kebiasaan memendam rasa. Mas Fadly Muin pernah menulis tentang ini di blognya. Ide dan pemikiran tidak disalurkan selayaknya. Luapan emosi tidak memiliki penampungan yang sepantasnya. Apalagi bila media untuk curhat juga amat terbatas kesempatannya.

Anda bisa menulis diary.  Disitu anda boleh teriak-teriak, marah-marah, kalau perlu sekalian nangis-nangis disana. Lumayan bisa sekedar melonggarkan sesaknya dada. Tapi sayang, anda seperti berkomunikasi dengan tembok. Tak ada umpan balik anda dapatkan. Dan bila anda menuangkan ide-ide tak tersalurkan, kemungkinan baru dibaca orang setelah anda tiada. Sayang sekali!

Bagi orang yang senang cuap-cuap, pandai memainkan bahasa lisannya, mungkin tidak masalah. Tapi tidak semua orang punya kemampuan itu. Kalau pun misalnya anda memiliki kemampuan itu, berapa banyak pendengarnya ?

Kemungkinan jumlahnya tidak cukup memuaskan dan bukan kategori orang yang anda inginkan. Apa yang ingin anda sampaikan bisa-bisa tidak nyambung dengan mereka.

Dengan blogging, semua kendala di atas lebih mudah diatasi. Suatu saat anda sedang pusing karena suatu masalah, anda bisa menuliskannya. Barangkali saja ada kawan blogging yang punya saran cespleng buat anda. Atau barangkali anda melihat sesuatu yang terjadi tidak sesuai harapan anda, namun sulit mencari pihak untuk menyampaikan saran. Blogging bisa menjadi solusinya.

Bila anda seorang karyawan, blogging juga bagus buat anda yang merasa pakaiannya kesempitan. Apa itu ? Itu istilah bagi seorang karyawan yang memiliki kemampuan besar tapi cuma memperoleh tugas/jabatan remeh.

Kondisi ini seringkali menimbulkan stress karena banyak kemampuan tak tersalurkan (apalagi gaji ikut-ikutan rendah). Menulis di blog sedikit banyak akan membuat kemampuan anda mendapat penyaluran, sekaligus menunjukkan kemampuan anda yang sebenarnya.

terapi menulis untuk kesehatan mental
terapi menulis untuk kesehatan mental

Cuma itu manfaat sehatnya ? Tenang…, selain menyehatkan jiwa, blogging juga memiliki potensi menyehatkan kocek anda. Tapi ada syaratnya kalau mau sehat. Mindset yang tepat, kata mas Arief Maulana. Hasilnya tidak diperoleh secara instant, harus melalui proses. Lagian hati-hati lho, yang mendadak-mendadak biasanya malah bikin sakit.

Blogging memungkinkan anda untuk bergerak di bisnis online sebagai seorang Self Employee. Mas Hengky sudah menuliskan tentang ini di artikel blognya dengan judul Kuadran S. Meski singkat tapi bisa jadi gambaran bagaimana peluang mencari duit lewat blogging. Kalau kurang jelas bisa tanya langsung penulisnya, soal dijawab apa enggak itu ya pinter-pinter anda aja, hwakwakwak….

Tapi saya tidak pandai menulis, gimana donk ? Aha ! Ada kabar baik untuk anda. Anda tidak harus pandai menulis untuk memulai blogging. Modal nekat aja, tulis sebisanya. Bila perlu, minta masukan dari pembaca untuk perbaikan tulisan anda. Pemilik blog ini, mas Agus Siswoyo punya tulisan tentang blogger bondo nekat. Baca deh, pasti bisa menginspirasi anda.

Sudah jelas kan mengapa blogging bisa menyehatkan ? Biar tambah sehat, saya tulis puisi ini untuk anda. Judulnya “ menulislah “.

Jika anda merasa pusing tujuh keliling
tak ada lagi pihak-pihak yang bisa untuk berpaling
menulislah

Jika anda merasa sesak di dada
tak ada tempat yang pas untuk berbicara
menulislah

Jika anda merasa pakaian anda tak cukup besar
untuk menampung tubuh anda yang kian lebar
menulislah

Jika keadaan tak sesuai harapan
tapi tak ada jalan untuk bersaran
menulislah

Jika sumber ide anda serasa menipis
habis bahan untuk ditulis
tetap saja : menulislah…….

16 Replies to “Ingin Sehat? Mari Jogging dan Blogging!”

  1. I have noticed that online diploma is getting well-known because obtaining your college degree online has turned into a popular choice for many people. Many people have certainly not had an opportunity to attend a normal college or university however seek the raised earning potential and a better job that a Bachelor’s Degree offers. Still people might have a degree in one field but would like to pursue another thing they already have an interest in.

  2. Awesome web site you’ve right here but I was interested in should you understood of any community forums which cover the same topics discussed in this article? Id really like to become a a part of network exactly where I’m able to obtain responses from other experienced people that share exactly the same interest. If you have any kind of suggestions, make sure you let me know. Many thanks!

  3. Thanks for making the effort to speak about this, Im fervently about this and I appreciate learning this subject. Make sure you, as you acquire information, make sure you revise this website with increased info. Ive found it very useful. There has to be charging stations everywhere.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *