Plus Minus Komunikasi Efektif Melalui Media Blogging

Tips Sukses Menghadapi Wawancara Lowongan Bank Indonesia
Tips Sukses Menghadapi Wawancara Lowongan Bank Indonesia

Komunikasi efektif dapat berlangsung melalui beragam media. Aktifitas blogging adalah salah satu media komunikasi modern yang menghubungkan beragam karakter manusia.

Komunikasi tertulis melalui media blog pribadi berlangsung secara satu arah dan kadangkala terasa membosankan. Karena komunikasi blogging berlangsung secara satu arah, maka mungkin saja artikel yang kita tulis akan menghasilkan kebuntuan intelektual (intellectual cul-de-sacs). Ada kalanya ide-ide yang kita sampaikan tidak dapat ditangkap seluruhnya oleh pembaca artikel blog.

Oleh karena itu, sebaiknya narablog jangan terlalu sibuk dan bersikeras dengan kesimpulan pribadi yang dibuat dalam artikel. Biarkan pembaca bermain dengan opini mereka sendiri. Cara mengisi kolom komentar yang rumit sedikit banyak akan menghambat kesediaan pengunjung berinteraksi dan beropini. Kalaupun terjadi kesalahan kesimpulan, tak ada salahnya membuat artikel klarifikasi.

Menulis artikel persuasif dalam blog pribadi umumnya berlangsung dengan cepat. Kilatan-kilatan ide menulis datang dan membanjiri ruang opini blogger. Kebanyakan blogger akan segera menangkap moment ini dan mengabadikan ke dalam bentuk artikel blog pribadi. Namun sering terjadi kegiatan menulis artikel terjadi dalam waktu yang berlebihan sehingga dibutuhkan tips menulis yang tepat.

Kita mungkin telah menghabiskan waktu dan pikiran dengan sungguh-sungguh dalam mengembangkan visi pribadi dalam artikel blog. Kesimpulan artikel blog dicapai pada akhir dari proses analisis yang lama. Kita menggambarkan ide dan gagasan menulis berdasarkan penggabungan pengalaman pribadi, kisah sukses orang lain, penilaian yang tekun dan naluri yang kita miliki. Perbedaan pengalaman manusia memberikan cara menulis yang berbeda-beda dalam penyajian artikel blog. Ragam kreatifitas penulisan artikel blog memperkaya variasi perkembangan dunia blogging di Indonesia.

Komunikasi efektif melalui media blogging hendaknya mempertimbangkan waktu. Kita mungkin merasa lebih nyaman saat menemukan orang lain dan memaksa mereka harus menjalani jalur analisis yang sama dengan yang kita lalui sebelum mereka sepenuhnya memahami, terlibat di dalamnya, dan kemudian mendukung visi dan misi artikel blog. Cara komunikasi tatap muka dan tertulis memiliki karakteristik masing-masing. Anda juga harus mempertimbangkan kemungkinan terjadinya miskomunikasi antara penulis dan pembaca artikel. Enjoy blogging, enjoy writing!

6 Replies to “Plus Minus Komunikasi Efektif Melalui Media Blogging”

  1. yup kadang membuat tulisan di blog agak berat, tetapi apabila dijalankan dengan hapy maka akan terasa lebih santai, seperti ms agus ini tetap konsisten terus memberikan inspirasi terutama buat saya, termksh di tunggu tulisan berikutnya, salam sukses…

  2. Lha, bukankah itu fungsi terciptanya web 2.0 menghasilkan diskusi dua arah atau lebih yang memperkaya konten, meninggalkan kelemahan web klasik yang hanya satu arah saja.

  3. Komunikasi memang sangat diperlukan apalagi kita dengan blog yang sudah dibangunnya, jadi lewat bloglah komunikasi diterapkan, happy blogging and nice information untuk personalisai tampilan blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *