Plus-minus Kontroversi dalam Blogosphere

Tips Sukses Menghadapi Wawancara Lowongan Bank Indonesia
Tips Sukses Menghadapi Wawancara Lowongan Bank Indonesia

Masih ingatkah Anda kehebohan artis Inul Daratista di awal kemunculannya dalam ranah hiburan di Indonesia? Saking hebohnya, berbagai infotainment sampai meng-update day per day drama nyata ini. Ditambah lagi pro dan kontra dari beberapa kelompok masyarakat. Pamornya cepat melejit bak meteor.

Ilmu kontroversi ini juga yang kini menghinggapi blogosphere di Indonesia. Baru-baru ini saya cukup terkejut oleh posting Mas Hengky. Dalam tulisannya, dengan lugas dan tajam Mas Hengky membantah slogan Rahasia Blogging yang diluncurkan Pak Joko Susilo.

Wah..wah..wah…! What happen, brother?

Ada apa dibalik semua ini? Pertanyaan tersebut tak pernah habis saya analisa. Mau cari sensasi, differensiasi atau hanya emosi? Hahaha…

Sebenarnya, saya tidak begitu heran kalau pernyataan tersebut dikeluarkan oleh sosok Mas Hengky. Pasalnya, saya sudah sering menjumpainya. Tapi, untuk kali ini Mas Hengky tentu pastinya sudah mikir-mikir dulu kalau mau adu argumen dengan Pak Joko.

Membuat pernyataan kontroversi adalah hal yang sangat mungkin terjadi. Apalagi dalam tataran blogosphere yang ruang lingkupnya sangat sangat luas. Tentu kita harus bersiap dengan segala resiko dan rejeki yang akan kita tuai di kemudian hari.

Resikonya adalah munculnya antipati dari blogger yang kontra terhadap kita. Bisa juga berimbas pada berkurangnya kepercayaan yang selama ini kita bangun dengan susah payah dalam menjalankan bisnis online.

Selain resiko, tentu ada juga rejekinya. Tidak lain dan tidak bukan adalah membludaknya backlink yang kita dapat. Karena munculnya sebuah kontroversi selalu dibarengi dengan ulasan, review dan pandangan terhadap hal yang sedang up date tersebut.

Dan, sisi positif lainnya adalah kita mendadak jadi artis di blogosphere. Siap-siap dikejar paparazzi ya. Di jaman modern ini gampang sekali menjadi bahan omogan orang. Anda bisa mencuri perhatian masyarakat dengan perbuatan jahat maupun prestasi tertentu. Nah, pilihan ada di tangan Anda. Meski demikian, idealnya adalah Anda bisa mendapatkan perhatian melalui cara-cara yang elok.

Setiap tindakan kita memuat konsekuensi logis, baik dalam hukum, di mata manusia, dan tentu saja di mata Tuhan. Bagaimana, apakah Anda siap mencari target kontroversi lainnya?

34 Replies to “Plus-minus Kontroversi dalam Blogosphere”

  1. salam super,,,
    dalam dunia offline sekalipun, membuat peryataan yang kontroversial memang sudah sering terjadi.
    dan saya percaya,proses bisnis harus dimulai dari suatu hal yang halal supaya hasil akhirnya juga halal ya toh ?
    jadi,pilih kontroversi yang baik atau yang buruk ?

  2. pengen jadi kontroversi yang baik donk -_-a
    kalo kontroversi yang buruk mah gampang tapi (bla bla bla banyak buruknya deh)
    kalo buat kontroversi yang baik malah sebaliknya… susahnya minta ampun -_-a
    tapi sesusah apapun pasti bisa lakukan.. ^^

  3. Keren Mas… Btw, Tuyulnya dibawa donk… Siapa tau lebih rame di blog barunya… Tambahkan juga link saya, ya…

  4. Mungkin selain Mas Hengky, ada satu blogger lagi yang cukup menentang slogan "stop dreaming start action" dari Joko susilo Mas… yaitu dari blogodolar.com
    Beliau juga pernah mengulas di blognya dengan sangat detail… silahkan dicek disana…
    Salam kenal ya….

  5. beda pendapat kan emang biasa, kalopun menjadi kontroversi kan semua jadi diuntungkan. penulis blog akan menulis dengan dasar maupun pengalaman sehingga kita mendapat cipratan ilmu

    1. Dalam perbedaan pendapat, biasanya akan ketahuan akar masalahnya. Siapa tahu dengan begitu akan melahirkan ilmu-ilmu baru hasil kompromi dua orang yang bertikai.

  6. ke TKP dulu, mungkin jangan kontroversi yah, tapi berbeda. kalo kontroversi kesannya melawan dan ingin menang. kalo berbeda, ya emang kita berbeda, jadi kebersamaan karena berbeda… ehehe

  7. It’s arduous to search out knowledgeable individuals on this matter, but you sound like you recognize what you’re speaking about! Thanks

  8. While social media has taken over this niche to some extent, people still use blogging as a personal communication tool. Individuals dealing with illness can find support and friendship through blogging, as well.

  9. Great write-up, I am normal visitor of one’s web site, maintain up the nice operate, and It is going to be a regular visitor for a long time.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *