Kopdar Blogger – Satu Jam Bersama Arief Maulana

Brosur Terbaru Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Hasyim Asyari Tebuireng Jombang
Brosur Terbaru Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Hasyim Asyari Tebuireng Jombang

Tadi siang saya berkesempatan bertemu dengan salah satu blogger Jatim yang sedang berkelana ke ibu kota, dia adalah Arief Maulana. Setelah sempat beberapa kali gagal ketemuan (maklum, kami sama-sama pengangguran banyak acara), akhirnya kali ini jadi ketemuan di Mall City of Tomorrow (CITO). Sekilas terlihat mas Arief tambah gemuk dan kulitnya tambah gelap, pasti di Cilegon rajin menjaring ikan. Meski lama nggak ketemuan, ternyata keakraban kami masih sama seperti tahun lalu waktu masih rame kopdar dengan banyak teman-teman lainnya.

Apa yang kami bicarakan? Banyak sekali. Mulai dari topik blogging, SEO, pergaulan blogging, IdBlogNetwork, sampai dengan pengaruh status pernikahan bagi kelancaran rejeki ngeblog. Yang pertama tentu saja topik blogging beserta serba serbi masalah para blogger pemula. Sebagai salah satu sesepuh blogger, mas Arief banyak bercerita suka duka melayani konsultasi blogger. Yang intinya adalah bagaimana membangun mindset yang benar terhadap blogging dan bisnis online. Hal inilah yang menjadi PR besar bagi kebanyakan blogger.

IdBlogNetwork: Antara Berkah dan Musibah

Kebetulan saya dan mas Arief tergabung dalam jaringan blogger IdBlogNetwork sehingga kami nyambung membahas start up lokal yang digawangi Kukuh TW ini. Keberadaan IdBlogNetwork sejak setahun terakhir memang mampu menghidupkan kembali hingar bingar blogger yang sempat meredup saat berbagai situs jejaring sosial melakukan ekspansi secara massive. Manfaat utama yang bisa dipetik adalah perbaikan kualitas konten di mata Google dan peluang mendapatkan penghasilan Rupiah dari blogging.

Namun masalah bukannya tidak ada. Sistem pendaftaran yang mewajibkan adanya 2 buah rekomendasi dinilai mempersulit blogger. Bahkan ada yang sudah menunggu berbulan-bulan belum mendapat juga appove. Saat tiba waktu mendapat komisi pun mengalami sejumlah kendala (hmm, yang ini curhat saya). Mungkin saat ini pihak manajemen IdBlogNetwork sedang berbenah diri dan hasilnya bisa diharapkan dalam beberapa waktu ke depan. Paling tidak, blogger tidak akan kecewa dengan bergabung disini.

Kriteria Sukses Dalam Blogging

Lalu pertanyaan yang seringkali ‘menggelitik’ adalah tentang memaknai label sukses seorang blogger. Seringkali ada orang bertanya: apakah Anda sudah sukses dan berapa nilai kesuksesan Anda. Inilah adalah pertanyaan retoris yang menjawabnya tidak cukup dijelaskan dalam satu artikel. Dan kalaupun dijawab pasti akan menimbulkan perdebatan panjang yang aapabila dilanjutkan maka energi yang digunakan untuk berdebat bisa lebih bermanfaat untuk digunakan action.

Setiap orang punya parameter atau ukuran tersendiri untuk memaknai sukses. Mampu mempublikasikan artikel blog 2 hari sekali bisa jadi sukses luar biasa bagi satu blogger, sementara bagi yang lain hal ini hal yang biasa-biasa saja. Kesuksesan itu ibarat wangi bunga, dia tidak bisa diraba (apalagi dipegang) namun keberadaannya bisa dirasakan bagi orang-orang di sekelilingnya. Nah, kalau mau tahu kesuksesan diri seseorang maka bertanyalah kepada orang-orang terdekat yang menyertai perjalanan proses pencapaian tersebut.

Pengetahuan SEO Mutlak Diperlukan

Mas Arief menanyakan bagaimana ceritanya blog ini sempat sundul bandwidth selama 24 jam sejak Senin sampai Selasa pagi. Terus bagaimana Agus Siswoyo.Net kehabisan kuota 35 GB sejak tanggal 21 Juni lalu. Jujur saja, saya sebenarnya belum paham betul aturan-aturan SEO yang saya dapat dalam ebook CafeBisnis Online. Namun untuk blog ini saya mulai menggabungkan dengan topik populer yang teroptimasi, bukan topik yang dikatakan ‘idealis’ banget. Apakah ini satu penurunan kualitas artikel? Entahlah.

Yang pasti saya membutuhkan traffic untuk melakukan monetasi terhadap blog ini (Anda bisa lihat mulai bulan kemarin saya pasang banner IdBlogNetwork). Dan untuk mendapatkan traffic tentu saja butuh pengetahuan optimasi web. Apalagi topik ini termasuk terlalu spesifik, hasil pengkerucutan dari topik General Blog –> Pengembangan Diri –> Motivasi Diri –> Motivasi Blogger. Nah, kalau saya nggak main SEO, bisa jadi topik yang sudah mantab saya pilih ini pembacanya makin surut.

Siapa Mau Punya Jodoh Seorang Blogger?

Dan… pertanyaan pamungkas adalah seputar jodoh. Sebenarnya saya orangnya paling susah buat curhat mengenai kapan nikah. Namun secara garis besar saya menarik kesimpulan tidak mudah meyakinkan calon mertua jika mereka tahu profesi kita adalah fulltime blogger ( #uhuk #BatukKering ). Logikanya, mana ada orang tua yang mau menyerahkan tanggungjawab menghidupi anaknya kepada orang yang tidak punya pekerjaan secara jelas, alias kasat mata.

Namun tantangan tersebut hanyalah ujian untuk mendapatkan sepasang sandal jepit bidadari, melaksanakan simpul perdagangan dan menggapai 7 Keajaiban Rejeki seperti telah dituliskan oleh Ippho Santosa. Dan kabar terbaru menyebutkan mas Arief sudah mendapat satu dari sepasang bidadari. Buat cewek-cewek yang naksir, selamat patah hati deh (ini adalah paragraf balasan atas pengumuman serupa di web Arief Maulana.Com beberapa waktu lalu. Hahaha…)  Good luck buat semua blogger muda yang sedang menyusun masa depan!

Sebenarnya masih banyak yang kami bicarakan. Misalnya peluang bisnis blogging network, karir profesional muda ghost writer, blogging untuk investasi masa depan, hingga peluang bisnis waralaba makanan cepat saji yang sedang kami hadapi. Lain kali kalau ada waktu saya bagi dengan lebih detail. Tetap semangat kopdar!

Enjoy Blogging, Enjoy Writing!

NB: Maaf buat dik Wulan kalau selama 90 menit terganggu pembicaraan 2 alien dari tanah Mars ini. But, I knew you had enjoyed Christian B’s song while we talked 🙂

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

30 thoughts on “Kopdar Blogger – Satu Jam Bersama Arief Maulana”

  1. betul sekali mas, saya kadang sempat kesal tidak ada tanggapan dari idblognetwork. akhirnya saya diterima tanpa rekomendasi blogger, meskipun iklan blm di pasang.

    mas, ebook apa yang dari cafebisnis, ebook premium yah ?

    1. Benarm, ebook premium yang khusus bahas SEO berjumlah 3 buah. SEO Detective, SEO Reloaded dan SEO Revolution. Kalau mau praktekkan isinya, hasilnya bisa diluar dugaan. 🙂

  2. Terkait topik blogging, ada pernyataan yang menyebutkan bahwa kalau mau sukses monetisasi blog, jangan pilih topik blogging karena peluang suksesnya lebih kecil. Tapi kalau dipikir-pikir, ada juga benarnya jika dikaitkan dengan segmentasi pembaca/pengunjung yang bisa dijaring. Pengguna internet yang tidak ngeblog itu pasti lebih besar (dan mungkin jauh lebih besar) jumlahnya daripada yang ngeblog.

    Dari logika tersebut, masuk akal juga jika topik blogging kurang komersil untuk monetisasi blog. Kecuali kalau SEO-nya tokcer dan ditambah punya otoritas yang baik di bidangnya.

    1. Memang benar kayaknya. Masyarakat Indonesia masih sedikit yang ngeblog. Tapi saya pernah baca kalau ini namanya pasar yang sedang berkembang. Artinya kalau pasar sudah siap para guru blogger tinggal menikmati hasilnya. Halah. Jadi bingung sendiri…..

      1. Benar, saya yakin masih banyak niche yang belum digarap secara serius. Dan ini adalah tantangan blogger kreatif untuk membuat pilot project sejak sekarang.

    2. Sejauh ini saya melihat ada dua kepentingan dalam blogging, yaitu menyampaikan ide pribadi dan mengejar traffic lewat topik populer. Untuk blog monetasi memang lebih baik kita sesuaikan dengan ‘kebutuhan’ pengguna internet. Ibaratnya kita kan jualan informasi, jadi harus menurut sesuai kebutuhan pasar.

  3. You actually make it seem so easy with your presentation but I find this matter to be really something that I think I would never understand. It seems too complex and extremely broad for me. I am looking forward for your next post, I’ll try to get the hang of it!

  4. I have been exploring for a bit for any high-quality articles or blog posts on this kind of area . Exploring in Yahoo I at last stumbled upon this site. Reading this info So i’m happy to convey that I have a very good uncanny feeling I discovered just what I needed. I most certainly will make certain to don’t forget this website and give it a glance on a constant basis.

  5. It is similar to you study my thoughts! You gaze to understand such a lot associated with this, exactly like you authored the book inside it or something. I do think you could do with some photos they are driving your own information house a bit, but in addition to that, this is superb blog.

  6. Good post. I study something more difficult on totally different blogs everyday. It would always be stimulating to learn content material from other writers and practice just a little something from their store. I’d favor to use some with the content on my blog whether you don’t mind. Natually I’ll offer you a hyperlink on your web blog. Thanks for sharing.

  7. Good post. I study something more difficult on totally different blogs everyday. It would always be stimulating to learn content material from other writers and practice just a little something from their store. I’d favor to use some with the content on my blog whether you don’t mind. Natually I’ll offer you a hyperlink on your web blog. Thanks for sharing.

  8. Thanks for making the effort to speak about this, Im fervently about this and I appreciate learning this subject. Make sure you, as you acquire information, make sure you revise this website with increased info. Ive found it very useful. There has to be charging stations everywhere.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *