Kopdar Blogger Surabaya di KBS, Semangat Menyatukan Berbagai Komunitas

Tempat wisata di Surabaya
Tempat wisata di Surabaya

Blogger Surabaya punya acara lagi, acara kopdar berlangsung tadi siang dan bertempat di Kebun Binatang Surabaya (KBS). Kenapa memilih KBS? Bukan karena panitia ingin menjenguk ‘saudara tua’, namun KBS adalah salah satu ikon kota Surabaya khususnya, dan Jawa Timur pada umumnya. Kegiatan yang diorganisir oleh @kopdarsurabaya ini bertujuan menyatukan berbagai komunitas yang ada di Surabaya untuk membawa nama kota Surabaya di berbagai event. Mungkin hal ini terdengar eksklusif dan propinsialisme, tapi saya pikir wajar supaya sesama warga kota saling kenal.

Seperti halnya di berbagai kota besar lain di Indonesia, Surabaya memiliki sejumlah komunitas blogger dan jaringan anak muda yang terbagi menurut genre atau topik mereka. Misalnya Tugu Pahlawan Community (TPC), Surabaya Web Community (SuWeC), Kaskus Regional Surabaya, CafeBisnis Online, Netralizer dan lain-lain yang mungkin belum saya kenal. Dengan menyatukan beberapa komunitas tersebut diharapkan bisa melangkah lebih mantab dan efektif dalam mempromosikan potensi wilayah setempat.

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Peribahasa mengatakan “Tak kenal maka tak sayang” dan itu pula yang terjadi kepada saya tadi siang. Awalnya saya sempat kesal karena jadwal acara kopdar molor sampai 2 jam. Padahal saya sudah terlanjur masuk area KBS setelah antri beli karcis dan berdesak-desakan dengan puluhan wisatawan yang mengisi liburan sekolah. Begitu ketemu mereka, ternyata friendly sekali. Saya sengaja datang sendirian dan ingin menguji nyali menghadapi orang-orang baru disana. Hmm, ternyata mereka pun sama. Belum ada yang saling kenal satu sama lain.

Namanya juga arek Suroboyo, jangan dibayangkan kopdar bisa berjalan resmi seperti acara roadshow IdBlogNetwork. Yang ada malah percakapan boso Jowo dengan logat bahasa Inggris dan Mandarin #halah. Sesuai tema #KopdarPiknik yang diambil, kopdar perdana ini diisi acara jalan-jalan bareng, ngobrol santai saling kenal dan bahas rencana ke depan untuk membangun komunitas yang lebih solid dan terorganisir. Tak lupa, acara ditutup foto bersama pakai gaya paling narsis (Fotonya menyusul ya, sementara pakai foto ini dulu nunggu admin upload di Facebook).

Manfaat Membangun Jaringan Blogger

Secara umum acara kopdar kali ini menarik sekali. Meski seringkali saya nggak bisa nyambung dengan pembicaraan para ABG peserta kopdar (maklum, saya bukan ABG lagi), namun setidaknya saya telah membuka pintu pertemanan dengan mereka. Keadaan ini sama dengan waktu pertama kali saya kopdar dengan mas Lutvi Avandi, Arief Maulana, Udin Hamd, Iwan Kus dan lain-lain. Berawal dari teman kopdar maka tercipta kemungkinan sejumlah peluang bagus untuk beberapa waktu ke depan. Entah itu dalam promosi bisnis Anda, maupun membangun jaringan blogger sebagai tempat bersosial sesama pengguna internet.

Selain manfaat tersebut, dari acara kopdar kali ini saya kepikiran menambah koleksi blog dengan tema pariwisata. Selama ini saya sudah menulis di blog The Jombang Taste, namun dalam perkembangannya saya justru lebih asyik bahas dunia bisnis, ekonomi dan sosial. Kunjungan ke sejumlah obyek wisata mengilhami saya untuk lebih banyak menceritakan wilayah tempat tinggal saya sendiri. Ini terasa lebih ‘nendang’ daripada kalau diceritakan oleh orang yang berasa dari daerah luar. Terdapat adat istiadat, kebiasaan dan pola perilaku yang tidak bisa diamati secara sekilas oleh wisatawan luar daerah.

Jadi, dimanapun Anda berada segera rapatkan barisan dan membangun komunitas blogger yang lebih baik di wilayah Anda. Kita tidak pernah tahu hasilnya sampai kita telah melaksanakan. Mungkin awalnya Anda malu, kan belum pada kenalan. Pede aja deh. Mantabkan niat berbagi ilmu, menyerap informasi baru dan bersilaturahmi dengan kawan-kawan sekota. Kata Pak Ustadz, silaturahmi itu mampu mengalirkan rejeki. Manfaat yang akan Anda dapatkan bisa jadi lebih dahsyat dari yang saya ceritakan di atas.  Tetap semangat!

Enjoy Blogging, Enjoy Writing!

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

44 thoughts on “Kopdar Blogger Surabaya di KBS, Semangat Menyatukan Berbagai Komunitas”

  1. Milih tempat kopdarnya lain daripada yang lain, Mas. Biasanya kebanyakan, kan sambil kongkow2 ngopi di cafe. Ini malah sambil jalan-jalan ngelihat saudara tua di bonbin. 😀 Tapi betul yang terpenting, kan tujuan pertemuannya. Ya, banyak manfaat yang bisa kita petik dengan kopdar. Yang jelas semakin bertambah luas networknya. Kapan2 kalau saya mudik Surabaya pingin juga ketemu dengan blogger2 dari Surabaya.

  2. hahaha…iya sama mas, saya tadi juga rada merasa udah tua banget jadi agak susah juga nyambungin dengan gaya bicara ABG 😀
    salam, @theriseman

  3. Kadang aku iri dengan blogger yang tinggal di Indonesia, karena ada perkumpulan tiap daerahnya. Ingin sekali join…..
    Sedangkan aku di sini….. hiks….

    EM

  4. Sampai jumpa di Kopdar selanjutnya, terima kasih juga sudah menyempatkan waktu untuk mengikuti seluruh rangkaian #KopdarSurabaya, salam kopdar,

    @azizhaddi

  5. Mas agus maaf banget ya.. saya ada kuliah makanya cuma bisa share info aja. Mungkin lain kali kita bisa ketemu langsung ya…hehe

  6. seru sekali yak, sayang yg dijakarta saya kelewatan…
    sukses selalu dalam membangun komunitas blog nya..

  7. Pingback: Kopdar Blogger Surabaya di KBS, Semangat Menyatukan Berbagai Komunitas | kerja online | kerja di rumah | kerja dari rumah | kerja part time | bisnis dari rumah.
  8. Piyuh2 saya yg gak dengar kabar atau mas agus ne yang gak ngabari hehehe kalo ada lagi kabar-kabar yang mas mau ikut jenguk ‘saudara jauh’ hehehehe 🙂

  9. Piyuh2 saya yg gak dengar kabar atau mas agus ne yang gak ngabari hehehe kalo ada lagi, kabar-kabar ya mas mau ikut jenguk ‘saudara jauh’ hehehehe 🙂

  10. Sudah lama nggak pernah ke KBS. Terakhir kali ke sana waktu saya masih SD. Saya sudah bekerja sekarang, jadi sudah berapa tahun ya??? Bagaimana kabar saudara-saudara saya di sana mas? 😀 hehehe

    Membaca tulisan mas, jadi kepikiran untuk mencari komunitas blogger di kota saya, supaya bisa kopdar di tempat yang jauh lebih “eksotis” lagi. Kelihatannya seru kalau bisa kumpul dengan orang-orang yang mempunyai hobi yang sama.

    Salam kenal.

    Leo Ari Wibowo

  11. Wah, saya blogger dari surabaya mas. Kalau pingin ikutan gimana caranya ya mas?
    Trus kapan ada acara kopdar lagi?
    Pingin nih kenal sama blogger-blogger surabaya
    Salam kenal mas..
    terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *