Malam Minggu Yang Bermutu Bersama Kopdar Blogger Surabaya

Hari sabtu kemarin merupakan moment langka yang saya miliki. Jarang-jarang saya mendapatkan kesempatan bisa bertemu kawan-kawan blogger yang inspiratif. Apalagi ini pas sabtu malam minggu, waktu yang seharusnya saya habiskan dengan kawan terdekat saya.

Bermula dari kegiatan saya saling berkirim sms dengan mas Umar Puja Kesuma. Biasalah, tanya ini dan berbagi pengalaman. Nah, kebetulan selama beberapa hari terakhir ini mas Umar berada di Surabaya untuk mengurus persiapan menikah di Lumajang, jadi sekalian saya ngajak ketemuan offline di salah satu mall di kawasan Surabaya Selatan.

Seperti biasa, saya tak lupa kontak mas Arief Maulana dan mas Udin Hamd. Barangkali mereka ada waktu. Beruntunglah mas Lutvi Avandi ikutan datang juga. Klop deh! Meski akhirnya mas Udin terpaksa membatalkan kedatangan beberapa jam menjelang acara, saya tetap optimis dengan pertemuan kali ini bisa membawa manfaat.

Pertama kali bertemu mas Umar, seperti dugaan saya, kesannya agak gimana gitu. Branding pendidiknya dapat, gaya anak mudanya juga boleh. Meski berstatus guru fisika toh tidak mengurangi kedekatan dengan para anak didik. Bisa jadi tempat curhat yang dapat dipercaya.

Obrolan berlangsung seru. Dari jam setengah lima sampai jam setengah sembilan malam, tanpa terasa kami semua asyik membahas perkembangan dunia blogging pada khususnya, dan bisnis online pada umumnya. Untuk detail pembicaraan, maaf ya, hanya untuk konsumsi pribadi. Hehehe.

Rumah Cerdas Islami - Pusat Bimbingan Belajar Islami dan Training Center
Rumah Cerdas Islami – Pusat Bimbingan Belajar Islami dan Training Center

Penulis Adalah Profesi Yang Menjanjikan

Namun ada satu hal yang menarik saya ungkap disini. Dari sharing mas Lutvi yang sudah bertahun-tahun menekuni bisnis online, saya mendapatkan satu fakta bahwa tidak semua orang bisa menjadi penulis yang baik. Kalau mau lebih detail lagi, tidak semua orang kaya bisa menghasilkan tulisan yang mampu mendongkrak daya jual produknya dengan tangan sendiri.

Sengaja saya garis beberapa kata terakhir. Karena disinilah saya melihat banyak peluang bisnis yang bisa digarap oleh seorang penulis. Beberapa bidang yang melibatkan campur tangan penulis adalah penulis lepas, copy writer, program Pay Per Review dan ghost writer yang melakukan maintaince terhadap sebuah blog.

Berita ini bukanlah hal baru. Kemungkinan besar Anda semua sudah tahu sebelum posting ini terbit. Tapi yang patut saya bagi disini adalah bahwa perkembangan bisnis online ke depan yang semakin mengarah kepada jasa atau service. Bukan melulu affiliasi jualan ebook. Orang semakin butuh jasa penulisan, hosting, responder, promosi dan semua hal yang bisa langsung dimanfaatkan dalam aktivitas online sehari-hari.

Jadi, jangan sia-siakan kemampuan menulis Anda. Boleh jadi sekarang masih belum ada yang tergerak merekrut Anda dalam satu tim sukses sebuah brand terkenal. Namun bila Anda mampu konsisten membangun branding penulis yang dapat dipercaya, bukan mustahil, tulisan Anda menjadi pemantik datangnya penghasilan yang lebih besar daripada PPR yang cuma 1 dollar.

Tetap semangat menulis…!

2 Replies to “Malam Minggu Yang Bermutu Bersama Kopdar Blogger Surabaya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *