Manfaat Mengikuti Training Bisnis Online

Beberapa pertanyaan mendasar yang sering muncul adalah: Apa manfaat apa yang saya dapat jika saya mengikuti acara seminar ataupun training bisnis online? Apakah harga yang saya bayar akan sepadan dengan imbal balik yang akan saya terima? Apakah ada jaminan saya akan sukses setelah mengikuti acara training? Informasi kan bisa dicari lewat Googling, ngapain mesti pakai yang berbayar? Dan banyak pertanyaan lainnya.

Menurut budget yang Anda miliki, mencari ilmu bisnis itu ada beberapa cara. Kalau mau yang gratisan, silakan googling. Kalau pengen keluar sedikit uang, beli saja ebook. Kalau punya duit yang lumayan, Anda bisa ikutan training bisnis online. Β Dan kalau punya dana berlebih, Anda bisa merekrut jasa bussiness planner yang sudah terkenal macam TDW. Ini hanya salah satu gaya belajar saja, karena tidak semua orang bisa menyerap ilmu melalui ebook dan CD panduan. Monggo kerso pilih yang mana.

Manfaat Mengikuti Training Bisnis Online

Lalu apa manfaat yang didapat dengan mengikuti training bisnis online. Diantaranya adalah:

  1. Mendapat ilmu seputar bisnis online dari pakarnya. Googling juga bisa dapat ilmu kan? Memang benar. Tapi ingat, memakai terlalu banyak referensi bukanlah hal yang baik dalam internet. Sudah pernah dengar kisah newbie stress karena kebanjiran info? Nah itu dia salah satu contohnya.
  2. Meminimalkan trial and error yang tidak perlu. Bukan berarti ilmu dan pengalaman bisnis 8 tahun bisa ditransfer sekali pertemuan, namun Anda diajak mempersingkat jalur pembelajaran sehingga tidak perlu bersusah payah menjalani langkah-langkah yang tidak efektif.
  3. Manambah kenalan atau relasi bisnis sehingga membuka peluang untuk menjadi partner bisnis. Perumpamaan lama mengatakan: banyak teman banyak rejeki. Silaturahmi yang membawa barokah pada umumnya mampu mengalirkan rejeki, baik langsung maupun tidak langsung.
  4. Mendapatkan ide bisnis online. Dalam posting kemarin sempat saya singgung, training bisnis online adalah salah satu cara bagus untuk mengetahui perkembangan terkini bisnis. Siapa sangka dari bisnis penyewaan hosting lalu merambah ke autoresponder, web affiliasi, portal berita dan seterusnya.
  5. Mempromosikan bisnis online Anda. Jika Anda sudah punya bisnis online yang telah berjalan, inilah kesempatan promosi di market yang tepat. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagi kartu nama, lobby tidak resmi di jeda makan siang ataupun presentasi singkat seputar bisnis Anda.
  6. Dukungan penuh (full support) dari berbagai pihak yang lebih berpengalaman dalam berbisnis. Beberapa pengelola menyediakan layanan pasca training yang memberi akses bagi peserta training untuk berkonsultasi materi training secara berkelanjutan.

Apakah biaya training nggak kemahalan tuh? Supaya fair, mahal itu harus ada pembandingnya. Kalau dibanding lama waktu belajar dan mengumpulkan informasi, saya pikir harga yang ditawarkan sangat pantas. Anda nggak perlu puyeng oprek script-script rumit terbaru dan pelototin komputer dari pagi sampai malam. Apalagi ada layanan pasca training yang full support. Ini juga yang seringkali kurang diperhitungkan calon peserta sehingga buru-buru bilang mahal.

Apakah ada jaminan sukses setelah mengikuti training? Saya jawab: tidak. Kesuksesan seseorang ditentukan oleh dua hal: lingkungan dan diri sendiri. Lingkungan bisa berupa dukungan moril keluarga, sarana dan prasarana yang memadai, iklim usaha yang mendukung dan mentor yang berkualitas. Sedangkan faktor kedua adalah diri sendiri. Yaitu mindset sukses dan perilaku kesalehan hidup. Hal ini saya sebut sebagai perpaduan energi internal dan eksternal yang menentukan sebagian besar pengambilan keputusan.

Nah, dengan mengikuti training bisnis online, paling tidak Anda telah berada satu langkah ke depan dalam membentuk lingkungan kondusif. Tinggal selangkah lagi membangun perilaku terencana menuju sukses yang Anda impikan. Selamat menimbang!

Bagikan artikel ini melalui:

23 Replies to “Manfaat Mengikuti Training Bisnis Online”

  1. para newbie perlu baca ini.
    Sepertinya kalimat ‘kalo ada yg gratis, ngapain bayar?!’ menjadi sebuah senjata ampuh untuk berkelit..

    Semoga saya bisa menjadi bagian orang2 yg mau belajar berbayar..#muka seriu#

    1. klo yg gratis belum tentu benar infonya sedangkan yg berbayar udah pasti, pilih mana Gan hahaha…
      Lha yg ilmunya jelas benernya aja dieksekusi hasilnya belum tentu apalagi yg ga jelas.

      hihihi

  2. Ada harga, ada rupa. Itu yang tetap saya yakini mas. Namun semuanya tetap kembali pada diri kita. Mau sebagus apa pun sistem atau pelatihan yang kita ikuti, kalau kitanya kurang bisa mengimbangi dan kurang serius dalam action, ya tetap percuma juga kan? πŸ˜‰

    Saya masih pilih belajar otodidak dulu mas. Resikonya memang bisa lebih banyak waktu dan energi terbuang.

  3. Pengen sih ikut training semacam itu, memang ilmu yang diperoleh pasti beda dengan yang diterima hanya melalui bacaan. Namun masih terbelenggu waktu neh Mas πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *