Membangun Komunitas Blog: Tidak Sulit Kok!

Peringatan Hari Kartini Memakai Pakaian Adat Jawa di SDN Latsari Mojowarno Jombang Tahun 2017
Peringatan Hari Kartini Memakai Pakaian Adat Jawa di SDN Latsari Mojowarno Jombang Tahun 2017

Sampai beberapa jam lalu, saya masih mendengar keluhan salah satu kawan blogger yang merasa kesulitan mendatangkan pengunjung dan mau meninggalkan komentar di blog miliknya.

Duh, saya jadi miris sendiri. Pengguna internet di Indonesia (saya tidak sebut di dunia) jumlahnya jutaan orang dan terus bertambah seiring perkembangan mobile broadband access. Masak dari sekian banyak manusia tidak ada yang nyanthol di blog Anda.

Kalau keadaannya demikian, Anda patut was-was. Ada baiknya Anda koreksi beberapa hal berikut:

1. Content alias isi tulisan.

Seperti kata mas Ahmad Subandono, Content is The King. Dalam hal ini yang patut diperhatikan adalah keaslian tulisan, keunikan dan manfaat yang didapat. Sebanyak apapun kalimat yang Anda rangkai tidak akan mengundang komentar pengunjung kalau asal tulis saja.

Apalagi saat ini adalah era informasi. Mereka yang tanggap terhadap update berita sangat mungkin menjadi leader dalam artikel yang related with timeline portal berita dan situs jejaring sosial.

2. Aktivitas Blogwalking.

Dasar pemikirannya sederhana. Bagaimana orang lain akan mengunjungi blog Anda kalau Anda sendiri tidak mencoba berkenalan. Bila Anda adalah pendatang baru, tidak ada cara efektif yang bisa dilakukan selain rajin berkomentar di blog populer.

Bahkan, mereka yang sudah punya pengunjung tetap masih rajin blogwalking. Hal ini dilakukan untuk terus melipatgandakan aliran traffic blog. Dan juga menjaring anggota baru tentunya.

3. Sedikit Gebrakan di Awal Kemunculan.

Masih ingat artikel saya yang berjudul “Menunggu Joko Susilo Nge-Game di Facebook”? Sssst, ini rahasia lho… Itulah salah satu contoh praktek gelembung sabun yang saya gunakan untuk memancing penasaran pengunjung.

Tapi yang namanya gelembung sabun itu pasti nggak tahan lama. Akan habis dalam beberapa menit saja. Perlu langkah lanjutan untuk mempertahankan moment kebangkitan kecil ini.

Mau coba? Mungkin mau bikin gossip Agus Siswoyo stop ngeblog karena kehabisan duit?

9 Replies to “Membangun Komunitas Blog: Tidak Sulit Kok!”

  1. memang tidak sesulit yang dibayangkan, hanya saja perlu untuk terus menjalin sosialisasi dan tidak segan untuk bertanya kepada para senior yang lebih berpengalaman. selain juga perlu upaya terus terus memperbaiki kualitas tulisan agar meninggalkan kesan pada pembacanya dan mendapatkan manfaat setelah berkunjung ke blog kita. setujukah Master Agus ?

  2. memang tidak sesulit yang dibayangkan, hanya saja perlu untuk terus menjalin sosialisasi dan tidak segan untuk bertanya kepada para senior yang lebih berpengalaman. selain juga perlu upaya terus terus memperbaiki kualitas tulisan agar meninggalkan kesan pada pembacanya dan mendapatkan manfaat setelah berkunjung ke blog kita. setujukah Master Agus ?

    1. semua tergantung seberapa serius komitmen mas Heru dalam ngeblog. sebenarnya secara alami komunitas itu datang dengan sendirinya. tapi kalau kita nggak memulai, mungkin mereka nggak akan mengerti kalau kita butuh teman juga. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *