Tips Memilih Calon Mitra dan Partner Blogging

Jalan-jalan ke obyek wisata sejarah Museum Bank Indonesia di Surabaya
Jalan-jalan ke obyek wisata sejarah Museum Bank Indonesia di Surabaya

Seperti halnya kehidupan nyata, dunia blogging dipenuhi aneka kepentingan. Ada yang memang serius ngeblog for money, ada juga yang cuma iseng cuap-cuap nampang di halaman orang lain.

Nah, dalam aktivitas blogging sehari-hari tanpa kita sadari kita telah membentuk semacam kelompok-kelompok yang menjadi tempat berkumpulnya beberapa blogger yang memiliki ketertarikan terhadap topik yang sama.

Istilah kerennya, terbentuklah yang namanya geng blogger. Contohnya: geng Jakarta, geng ABG, geng Surabaya dan lain-lain. Mereka kerapkali mengadakan aktivitas online bersama-sama. Bahan obrolannya pun bervariasi. Dari hal-hal teknis blogging, isu-isu sosial yang berkembang, update portal berita hingga curhat pribadi.

Setelah beberapa waktu berteman, kita akan merasakan efek yang ditimbulkan. Apakah membawa keuntungan? Atau justru menjadi buntung? Atau bahkan kita semakin kebingungan menentukan kelanjutan nasib blogging?

Supaya tidak dibuat bingung kehidupan blogosphere, kita perlu melakukan seleksi ulang teman-teman kita. Siapa yang patut dipertahankan dan siapa yang cukup dikenal hanya dari namanya saja.

Orang-orang yang patut kita pertahankan sebagai teman setidaknya memiliki salah satu sifat di bawah ini.

  1. Orang yang menginginkan kesuksesan kita. Ini jelas. Buat apa berteman dengan orang yang setiap saat melemahkan semangat sukses kita.
  2. Orang yang memiliki bakat atau keunggulan dan bisa menyempurnakan kelemahan kita.
  3. Orang yang bisa mengoreksi kekurangan kita dengan cara yang kita inginkan. Bukan kritik asal mengkritik atau menyalahkan dengan niat menjatuhkan.
  4. Orang yang bisa membimbing kita dengan keahlian yang dimiliki.
  5. Orang yang mengikuti gagasan kita atas kemauan sendiri. Bukan karena hutang blogroll, backlink atau sejenisnya.
  6. Orang yang bisa kita ajak chat, berteman dan bersahabat.
  7. Orang yang bisa membicarakan keunggulan kita dengan orang lain.
  8. Orang yang mengakui dan menghargai perbedaan dan tidak mempersoalkan perbedaan.

Pepatah lama mengatakan: jika ingin baumu wangi, maka berkumpullah dengan para penjual minyak. Kalau kita mendatangi tukang jagal sapi, bukan bau wangi yang di dapat. Sangat mungkin sebaliknya.

Semoga tidak salah pilih teman.

Bagikan artikel ini melalui:

90 Replies to “Tips Memilih Calon Mitra dan Partner Blogging”

  1. biasanya ada seleksi alam juga yang berperan, dalam berteman kalo nggak banyak kecocokan gimana bisa lengket. berfikir positif dalam menyikapi pertemanan, insya Allah memberi banyak berkah

    1. @herlina mutmainah, memang benar, seleksi alam pada akhirnya yang ambil peran. Biasanya berawal dari chatting ringan dengan obrolan yang nyambung. Selanjutnya akan terbentuk semacam chemistry untuk saling mendukung aktifitas blogging.

  2. mantatatatatatatatpppppppp…….

    nambahin dikit boleh y mas šŸ˜€

    di ebooknya Robert Plank yang TimeManagementOnCrack, dia bagi2 senjata untuk ngebom produktifitas kita.

    salah satunya partner ini mas. karna menurut dia kita harus punya target dan harus selalu diawasi perkembangannya. šŸ˜€

    PS : bulir 2 faforit ku :cendol

    1. @Posix, saya sarankan sering nimbrung di forum-forum blogger. Atau yang paling gampang, pantau terus blog ini pasti bakal punya banyak teman.

      ASPromo.com

      :hotrit

  3. partner emang sangat perlu . untuk kebutuhan membantu kita dalam hal hal yang tidak kita bisa .

    teman yang baik itu teman yang ada saat susah . bukan pas senang šŸ™‚

    Thanks

    Imamz

  4. Meskipun dah cukup lama nge-blog tapi sata masih termasuk yang baru dalam hal partner blog .. terima kasih mas .. saya banyak belajar

  5. selektif memilih teman, memang akan membantu kita untuk lebih terarah melihat sebuah sasaran. namun "bersikap Wajar" perlu di tonjolkan agar tidak berkesan sombong dan anti sosial..

    kalau saya bukan temannya yang saya pilih mas, tapi cara berfikirnya yang saya pilih.

    jadi walau teman saya banyak dari berbagai macam karakter. tapi tetap saja yang bisa menembus ke dalam cuma yang punya cara berfikir yang lebih prospektif daripada saya, atau setidaknya satu arah deh šŸ˜€

      1. @Agus Siswoyo, ha ha ha.. ini sebenarnya pertanyaan melankolis. tapi perlu di jawab

        iya mas agus kawan yang prospektif, ada upaya kuat untuk beraksi di wilayah potensial.. punya motivasi kuat untuk merubah sesuatu..:)

  6. Memilih teman, memang hrs benar, krn lingkungan akan menilai karakter kita sebenarnya justru dari pola pemilihan teman ms. Nambahin ms,orang yg jadi musuh atau bahkan kita benci juga bisa jadi teman.Ya kebetulan sy punya pengalaman dengan ini semuanya. Dan alhamdulillah, perlahan-perlahan mrk malah jadi sahabat dekat sy

    1. @aguscwid, Eh, jangan salah sangka ya. Kelihatannya rukun mas, coba tengok twitter kita-kita semua. Nanti ketahuan betapa serunya 'pertengkaran' antar blogger.

      Hahaha…

  7. saat ini saya sangat beruntung sekali mendapatkan kehormatan menjadi penulis di blogger jakarta milik Abi Bakar. Sepertinya saya ingin pula menorehkan tulisan di blog yang sukses milik Mas Agus ini, namun harus berjuang keras agar tulisan saya tidak mengecewakan si empunya…silahkan kalau Mas Agus ingin melihat tulisan2 saya di Blogger Jakarta sebagai bahan pertimbangan ( halah ..kok kayak CV sih gaya bahasa-ku..)

  8. waduh…saya belum sampai tahap ini mas….

    masih cari kawan sebanyak-banyaknya

    karenanya saya tetap wellcome dgn karakter yg bagaimana pun

    baik sependapat maupun berbeda pendapat gak masalah

  9. harus pandai milih temen nih…

    kalau saya sih.. siapa aja welcome.. elek, apik, silahkan….. yang penting ndak merugikan saya…

    bahkan yang saya alami justru banyak orang yang ndak senang berteman dengan saya… dan sering juga saya merasa sungkan untuk mencoba berteman dengan orang-orang yang tingkatannya lebih tinggi menurut ukuran saya..

    Hmm…. :hammer :hammer

    1. @kucrit, kalau sungkan berteman dengan orang yg lbh tinggi levelnya, hati-hati terjebak rasa minder lho.

      Sebenarnya yang butuh teman bukan hanya pendatang baru, yang sudah bertahun-tahun blogging pun masih butuh koneksi (link) untuk memperlancar bisnisnya.

  10. sekedar menambahkan mas….. dari pengalaman saya rasa klop jg penting…..

    ktika kita berteman dan hati sudah klop bersama dia untuk saling share….maka rasanya bisa menemukan timbal balik…..

    1. @ghezy, prinsip berteman memang seharusnya saling menguntungkan (simbiosis mutualisme), kalau jadi parasit bagi yang lain, lebih baik dihentikan sebelum mengubur impian sejati kita.

    1. @imadewira, kalau di awal ngeblog, memang lebih baik kita menerima semua teman yang ada. Dalam perjalanan waktu, akan ketahuan mana yang potensial kita jadikan teman, mana yang harus dilupakan.

  11. partner franchise kita sangat konsisten kok, lihat saja openning pasuruan kemarin, duitnya cair dulu kan.

  12. Tambahan lagi mas, jika ingin menjadi penulis handal, bergaullah dengan para blogger handal yang sudah diakui kualitas tulisan-tulisannya :cendol

  13. benar juga ya mas , klo ga teliti buntung melulu, sesama blogger harus saling menguntungkan tidak menindas satu sama lain

  14. I have been surfing online more than 3 hours today, yet I never found any interesting article like yours. It is pretty worth enough for me. In my view, if all web owners and bloggers made good content as you did, the web will be a lot more useful than ever before.

  15. I simply want to tell you that I am just all new to blogs and really loved this blog site. Most likely Iā€™m going to bookmark your blog . You actually have exceptional posts. Thank you for sharing with us your blog site.

  16. Terrific work! That is the type of info that are meant to be shared around the internet. Shame on the seek engines for no longer positioning this put up upper! Come on over and consult with my site . Thanks =)

  17. It’s appropriate time to make a few plans for the future and it’s time to be happy. I have read this put up and if I may I wish to counsel you few fascinating issues or advice. Maybe you could write subsequent articles regarding this article. I want to learn even more issues about it!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *