Memupuk Percaya Diri Melalui Kontes Menulis

Oleh: Sasha Jaya

Saya mengenal dunia blogging atas perkenalan online dengan mas Agus. Dan atas sarannya juga saya mengikuti kontes menulis ini. Antara ragu dan takut, akhirnya saya tekadkan untuk maju.

Dunia blogging adalah hal-hal yang baru dalam hidup saya. Saya memulainya pun dengan artikel seadanya. Tanpa target apapun. Makanya saya jarang update artikel.

Saya bukanlah seorang internet marketer hebat yang pandai menjual produk dengan sekali gebrak. Bukan pula seorang motivator handal yang mampu membangkitkan semangat orang yang putus. Atau juga bukan seorang seleblogger yang tulisannya digandrungi banyak penggemarnya.

Saya adalah seorang pendatang baru yang memiliki keyakinan bahwa hidup yang bermanfaat adalah manakala kita bisa berbagi dengan yang lain. Tidak harus berbagi materi. Berbagi pikiran pun saya yakini akan menghasilkan kekuatan super.

Dan motivasi saya mengikuti kontes ini adalah untuk mengajak teman-teman semua memanfaatkan kontes sebagai sebuah langkah maju memupuk rasa percaya diri. Ya, percaya diri.

Karena berawal dari percaya diri, maka semua  lebih bernyawa. Seorang penyanyi yang menyanyi dengan percaya diri akan mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya. Seorang orator yang handal juga pasti memiliki kepercayaan diri yang tinggi akan kebenaran kata-katanya.

Seorang blogger atau penulis pun wajib memiliki kepercayaan diri. Jika tidak, maka setiap kalimat yang ditulis akan kehilangan makna. Tidak peduli berapa lama Anda telah melakukan aktivitas blogging, semua butuh konfidensi untuk menunjukkan yang terbaik yang dimiliki.

Bahkan seorang yang telah malang melintang di dunia penulisan pun masih sering harus banyak belajar supaya tulisannya tetap update mengikuti kemajuan jaman.

Bagi seorang pendatang baru, dengan mengikuti kontes seperti ini akan membantu mempromosikan blog dan juga membantu menggali kemampuan terbaik yang dimiliki.

Saya ingat saat mas Agus asyik menjadi penulis tamu beberapa blog super. Saya banyak berpikir, mengapa hal ini dilakukan? Motivasi apa yang melatarbelakangi?

Ternyata, usut punya usut, tujuannnya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mendapatkan kepercayaan diri dan kepercayaan dari komunitas yang ditempati menulis. Saya yakin, hal terkahir inilah yang tidak mudah dilakukan.

Karena seringkali seorang blogger gagal menjadi tuan rumah di blognya sendiri. Tidak percaya diri akan kemampuan dirinya. Dan inilah saatnya bagi kita semua memupuk kepercayaan diri dan menjadi yang terbaik di bidangnya.

Tetap semangat menulis.

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

4 thoughts on “Memupuk Percaya Diri Melalui Kontes Menulis”

  1. sederhana, fokus dan tulus.. itu aura yang tersirat dari tulisan ini. bagus mbak Sasha. enak dibaca.bacanya tak terasa sudah selesai.

    sepaham dengan maksud "percaya diri" itu mbak. memang tanpa rasa percaya diri, apapun yang kita lakukan akan kehilangan nyawanya, kehilangan karakter, dan seperti sebuah tindakan yang tak bertuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *