Mendobrak Rasa Minder dan Menunjukkan Yang Terbaik

Hari gini masih belum pede menampilkan tulisan sendiri? Hmm, pasti tuh orang belum pernah ikutan Seminar Motivasi Diri Online dari AM Professional. Hehe…

Mengatasi penyakit minder atau rendah diri sebenarnya tidak susah kok. Tidak perlu resep dokter, apalagi beli obat di apotik yang harganya makin melangit saja.

Sumber masalahnya dari pikiran. Obatnya pun sudah ada di dalam pikiran masing-masing. Kalau belum ketemu, mungkin beberapa hal berikut bisa membantu:

1. Berdialog dengan diri sendiri dan ajukan pertanyaan positif.

Semua manusia mempunyai jatah waktu yang sama, yaitu 24 jam sehari. Tidak kurang dan tidak lebih. Namun orang yang minder kebanyakan menghabiskan waktu dalam pikiran-pikiran negatif.

Sesekali waktu bukalah dialog dengan diri sendiri. Temukan hal-hal positif apa yang Anda miliki. Tidak peduli seberapa sedikit kemampuan Anda, cobalah menggali kemampuan terpendam yang Anda miliki.
Dalam proses dialog, ungkapkan pertanyaan-pertanyaan penting.

Misalnya:

  • Apa untungnya jika memelihara rasa minder ini?
  • Keunggulan apa yang saya miliki, sementara orang lain tidak mempunyai?
  • Betapa hebatnya saya bila ide yang saya miliki dapat terwujud dalam tindakan nyata?

Dan banyak pertanyaan lain yang bisa menjadi landasan keputusan dalam bertindak.

2. Melakukan hal-hal positif dan membawa manfaat nyata.

Selanjutnya, belajarlah memaksa diri sendiri untuk melakukan hal-hal positif dan melarang melakukan hal-hal negatif. Meniru ucapan salah satu motivator terkemuka:

Tindakan positif akan melahirkan balasan positif, tindakan negatif melahirkan balasan negatif.

Blogger juga manusia, dalam pergaulan antar blogger masih mengenal hukum sebab-akibat. Contoh sederhana, sebagai newbie jangan berharap mendapat limpahan traffic jika Anda malas mempromosikan blog.

Selain itu, ada juga kegiatan positif yang perlu kita cermati untung ruginya. Misalnya: asyik berlama-lama menikmati aplikasi situs jejaring pertemanan yang kadang tidak jelas manfaatnya. Selain berpeluang menghancurkan proses branding, hal ini tentu saja menghabiskan banyak waktu, tenaga dan biaya koneksi internet Anda.

3. Melawan opini negatif dari luar.

Dunia blogging dipenuhi gaya tarik menarik antar kepentingan. Percaya deh, tidak semua orang menginginkan Anda sukses. Pasti ada segelintir orang yang tidak rela melihat blog Anda menjadi rujukan tulisan blogger lain. Bisa jadi blog Anda akan diserang dengan berbagai artikel yang bertujuan menjatuhkan mental menulis Anda.

Menghadapi serangan kata-kata negatif, tiada hal yang bisa kita lakukan selain membentengi gendang telinga dengan pagar motivasi diri. Bagaimana caranya?

Cara perlawanan yang paling ampuh adalah dengan melawan agar opini tersebut tidak menjadi kenyataan dalam diri dengan menjadikannya sebagai pendorong untuk meraih kemajuan.

4. Boleh ambruk, tapi jangan lama-lama

Bisa jadi dalam proses membangkitkan semangat diri, Anda akan terjatuh berulangkali. Tak jarang kita mengalami kondisi mau menulis artikel baru, eh listrik padam. Mau menulis di notebook, IBM-nya malah keropos dimakan usia. Atau pas ada ide baru, keburu menjemput anak pulang sekolah. Dan banyak aksi insidentil lainnya.

Halangan dan rintangan boleh saja datang bergantian dan membuat Anda terkapar tak berdaya. Tapi jangan lama-lama. Kalau terlalu lama “menikmati” masa kesengsaraan, bisa jadi pada waktu Anda bangkit yang lain sudah berlari kencang jauh meninggalkan posisi Anda saat ini.

Kemon! Yang masih ragu pada kemampuan diri sendiri, segera minum “Jamu Tahan Malu” produksi mbah Blogger.

84 Replies to “Mendobrak Rasa Minder dan Menunjukkan Yang Terbaik”

  1. Pingback: Madu Perubahan | im-bisnis.com
  2. Dulu jaman sekolah kalo nulis/ngarang cuman dibaca bu/pak guru, nah ini udah dibaca orang gak kenal, dikomentarin pula! Kadang jiper duluan. Tapi kalo gak ada yang komentar,sepi bangeet. Dilema. :hammer Makanya kadang nunggu ide yang sempurna dan kata-kata yang sempurna (kapan datengnya?) barooo deh pencet tombol publish.

  3. Hallo Mas Agus… salut dengan produktifitasnya, tulisan yang semakin mantab…. oke Mas, tips2nya sangat berguna bagi saya. :sungkem

        1. @yons, Iya. Sering saya alami kebingungan menyampaikan isi pikiran ke dalam sebuah tulisan. Mau pakai istilah asing, nanti dikira artikel segmented. Mau tulis yang santai, malah dianggap kekanak-kanakan.

          Jadi saya ambil tengahnya saja. Antara artikel serius dan santai. Hasilnya seperti yang bang Yons baca.

  4. Tiap ke sini saya juga selalu disuguhi tips dan ilmu kehidupan yg mencerahkan…

    Saya jadi bisa belajar banyak dari Mas Agus…

    Semoga sukses dan tetap menulis yang bermanfaat seperti ini…

    Salam…. 😀

  5. mengatasi rasa minder, khususnya minder menulis.. diperlukan satu langkah tepat yang ampuh bin ajaib. sekali mlakukan itu. maka rasa minder menulis seketika akan sirna.

    caranya tiada lain adalah "Mulai menulis" menulis dan menulis.

    klasik memang, tapi sekali melangkah, saya yakin bagi yang bisa menemukan dunianya di situ, akan sulit untuk mundur lagi.

    tulisan yang selalu menggugah nih mas Agus. bagaimana antusias peserta kontes mas?

    1. @fadly muin, Minatnya nggak semeriah yang saya harapkan. Banyak yang daftar tapi cuma iseng. Yang sudah menyelesaikan penulisan baru beberapa orang. Salah satunya dik Arief.

      Ada ide mas gimana mengatasi hal ini?

  6. eh tahu gak kawan2. blog ini dulunya blogspot juga lho. themenya juga cuma hiatam sama putih. wkwkwkwkwk

    makanya rajin-rajin nulis biar makin lama makin pro. kayak blog ini nih…

    suksesjavascript:kaskusemoticonsclick(':hammer')

  7. terkadang emang masih minder di suatu kompetisi. yah, semoga rasa minder itu juga tidak berlebihan. bisa susah nantinya. hehe…

  8. rasa minder biasanya menyebabkan hal-hal lain seperti rasa malas, perasaan tidak bisa, perasaan takut dicemooh, dan lain-lain.. tapi sepertinya hal tersebut tidak berlaku buat teman-teman di atas yang sudah berkomentar lebih dulu dari saya . . . :cendol

  9. Yang terakhir bagus mas, boleh ambruk tapi jangan lama2, dalam melalui proses jatuh bangun biasa…tapi jangan ulangi kesalahan yang sama….plz

  10. Saya suka bagian ini mas : Apa untungnya jika memelihara rasa minder ini?

    itu pertanyaan saja sebenarnya sudah cukup untuk menhilangkan semua rasa minder, kalau dijawab dgn benerrr

    1. @khalid abdullah, Sayangnya tidak semua blogger suka berdialog dengan dirinya sendiri. Padahal kalau kita mau meluangkan 15 menit tiap hari untuk kegiatan ini, saya yakin akan ada perubahan berarti dalam sebulan.

  11. Rasa minder yang berlarut-larut akan menghambat aktivitas yang kita lakukan.Untuk itulah kita harus menunjukan yang terbaik dalam segala hal jangan takut.

  12. Newbie kayak saya jadi malu, gara2 jarang BW. Traffic pun ala kadarnya. 😆

    Anyway, Jamu Tahan Malu ada efek sampingnya gak nih? :mrgreen:

  13. ada tambahan ,kemampuan menulis bisa di latih dan lebih banyak membaca, online dan offline buku-buku, koran, majalah, termasuk kalau blogwalking harus di baca tuntas jangan hanya sekedar meninggalkan pesan

  14. Howdy.This approach blog post came down to motivating, certainly since i have already have is trying to find making an application for gives this unique subject keep working Friday.

  15. I used to be just looking for this info for a while. Once six hours of continuous Googleing, finally I received it in your own website. I wonder what is the Google’s issue that does not rank this type of helpful websites closer into the leading. Normally the leading websites are full of garbage.

  16. Wonderful goods from you, man. Ive research your own stuff ahead of as well as youre just as well amazing. I like what you have right here, really like what youre stating and exactly how you state it. You are making it enjoyable and you nonetheless have the ability to help to keep this wise. We cannot wait around to go through additional of your stuff. That is really an incredible website.

  17. Hi all, a marvelous piece of writing good friend. Effective portion. On the other hand I’m certainly having problems with all the RSS feed. Could not sign up to the application. Truly does individuals oriented towards identical Feed a hard time? People nobody can serve generously react. Thanks for your time.

  18. outstanding points totally, you simply scooped an innovative new target audience. What could you recommend highly related to your current upload that you really developed week in earlier times? Any encouraging?

  19. It’s scarce so that i can find some thing on the net that may be as exciting and remarkable mainly because everything you have below. Any page might be pretty, a image samples are good, combined with what’s way more, buy base which you’ll find about precisely what you’re revealing. You’re definitely one at a million, done well!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *