Menggali Keunggulan Blog

Begitu banyak webblog atau blog pribadi beredar di internet. Tapi mengapa tidak semuanya bisa menjadi top search dan mendapat limpahan traffic? Bisa jadi waktu launching blog sama, frekuensi update artikel juga sama. Tapi kok bisa beda nasib? Jangan-jangan lupa pasang jimat. Hehehe…

Menjadi blog favorit memang gampang-gampang susah. Ada kalanya kita sudah mati-matian berusaha blogwalking, yang terjadi malah blog jadi manyun nggak ada komentar. Inilah seninya ngeblog. Kita tidak pasti apa maunya pengunjung.

Namun, setidaknya ada 3 hal yang patut menjadi perhatian dalam usaha menjadi yang terdepan di ranah blogging.

1. Menjadi yang pertama untuk topik tertentu.

Selama ini kita banyak dijejali artikel bermuatan motivasi, menjual barang dan jasa (baca: blog marketing), olahraga dan lain-lain. Daripada bersiang dengan ribuan kompetitor, mengapa nggak bikin topic sendiri. Topik ini bisa berupa ide baru, atau justru mempersempit cakupan pembahasan blog.

Kalau blog motivasi dirasa terlalu umum, Anda bisa mempersempit topik menjadi motivasi pendidikan, motivasi pekerja, motivasi jomblo ataupun motivasi nge-games. Asal jangan motivasi blogging. Karena topik itu sudah saya ambil. Hehehe…

2. Menjadi yang terbaik pada topik yang dikuasai.

Akhir-akhir ini semakin banyak blogger pendatang baru menjadi latah. Lihat blog tetangga sukses membahas marketing, malah ikut-ikutan membahas direct selling. Padahal dia sadar itu bukan tempatnya. Dan bisa ditebak kelanjutan nasib blog tersebut. Jarang update artikel. Dan kalau pun update, bisa jadi artikel tersebut hasil copy paste tulisan blog tetangga.

Kalau belum punya topik andalan gimana? Internet itu luas bung. Pilih saja satu topik yang Anda sukai. Lalu ubek-ubek Google dengan beberapa keyword yang berhubungan dengan topik pilihan Anda. Kalau hal ini Anda lakukan secara konsisten, saya yakin dalam waktu sebulan Anda sudah menjadi master di bidangnya.

3. Menjadi berbeda dan unik.

Inilah yang menjadikan blog Anda selalu didatangi para pengunjung. Buatlah mereka selalu menantikan tulisan-tulisan Anda layaknya seorang selebritis mengupdate blog. Apakah kata beda dan unik itu tidak sama? Pasti beda dong.

Gambaran sederhananya begini. Jika di lingkungan kerja Bambang terbiasa masuk kantor memakai kemeja warna putih, coba kalau Bambang memakai kemeja warna pink dengan dasi kupu-kupu. Pasti beda dan unik. Plus sedikit gila tentunya.

Dalam hal blogging, banyak hal yang bisa diekspose sebagai nilai beda. Misalnya: mampu update artikel 2 kali sehari, menulis dengan huruf dan bahasa allay, halaman full banner. Atau malah hobby membuat tertawa pengunjungnya, seperti yang dilakukan Pakde Cholik dengan Liga Tertawa-nya.

Satu hal lagi, jangan cuma berani memilih topik berbeda. Anda juga dituntut berani bertanggungjawab atas segala resiko yang ditimbulkan. Termasuk kalau tiba-tiba blog Anda kena banned karena terbukti menyebarkan isu SARA, SARU dan menciptakan pertikaian antar warga online.

Bagaimana komentar Anda setelah membaca artikel ini. Sudah siap putar balik? Atau justru terus melaju ibarat mayat hidup: ngeblog tanpa nyawa? Selamat memilih.

Bagikan artikel ini melalui:

One Reply to “Menggali Keunggulan Blog”

  1. Mungkinkah baik-baik saja yang akan menempatkan hal tentang ini di weblog kecil pribadi saya jika saya posting referensi untuk halaman web ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *