Tips Sukses Menghadapi Wawancara Lowongan Bank Indonesia

Mitos Seputar Menulis Artikel Blog

Oke deh, langsung pada point utama. Mitos yang salah adalah:

1. Mitos: Menulis artikel adalah sulit dan memerlukan bakat yang luar biasa.

Fakta: Menulis artikel adalah mudah dan tidak perlu bakat.

Seperti halnya di dunia olahraga, bakat hanyalah sebagian kecil faktor yang mempengaruhi kesuksesan. Selebihnya, justru ketekunan berlatih yang diperlukan untuk mengasah kemampuan diri. Ibaratnya nih, percuma saja punya pensil bagus kalau tidak dipakai menulis.

Yang mengatakan menulis itu sulit, karena mereka belum tahu cara menggali ide. Padahal ide itu ada di sekitar kita. Dari perilaku anggota keluarga, tetangga rumah, gejala sosial yang terjadi di masyarakat ataupun isu yang sedang hangat di pemberitaan nasional. Kalau mau lebih go internasional, pantau saja portal berita yang setiap jam meng-update info terbaru dari berbagai belahan dunia.

2. Mitos: Menulis artikel adalah pekerjaan istimewa yang pantas dikerjakan hanya oleh orang-orang eksentrik super kreatif.

Fakta: Siapapun boleh menulis. Bukan hanya dominasi seniman blogger.

Saya yakin, setiap orang dibekali potensi unik yang membedakan satu manusia dengan manusia lainnya. Inilah yang perlu gali. Tidak peduli Anda punya hobi tidur, makan, bergosip, mengerjai teman dan lainnya. Semua itu tetap mengandung kreatifitas yang layak anda banggakan.

Yang harus diperhatikan adalah, tidak perlu menjadi latah saat melihat blog tetangga sukses dengan satu topik lantas membuat kita ikut-ikutan menceburkan diri ke dalamnya. Kreatif disana, belum tentu bagi Anda. So, banggalah atas keadaan diri Anda saat ini. Karena kebanggaan ini yang akan memicu kemampuan Anda untuk tampil utuh wakili diri sendiri.

3. Mitos: Menulis artikel boleh dilakukan oleh orang dengan tingkat pendidikan tertentu.

Fakta: Menulis artikel tidak butuh gelar sarjana.

Dunia blogging bukan milik kaum akademis saja. Lulusan TK pun boleh menulis di blog. Bisa jadi mereka memiliki wacana dan cara pandang yang berbeda terhadaap satu hal, namun hakikatnya semua boleh mengekspresikan diri sesuai kapasitasnya masing-masing. Apalagi saat ini semakin banyak situs yang menyediakan space ngeblog secara gratis. Semua mendapat kesempatan yang sama  untuk berbagi pikiran.

Yang unik nih, saya sering baca  komentar bahwa newbie boleh malas menulis, boleh bolos update artikel blog.  Namanya saja pendatang baru, boleh dong bersantai-santai sejenak. Ya silakan saja, kalau Anda mau begitu. Tapi sampai kapan santainya? Sampai Anda benar-benar tertinggal oleh kemajuan blog tetangga? Sampai Anda yakin bahwa Anda tidak cocok berada di dunia blogging?

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

3 thoughts on “Mitos Seputar Menulis Artikel Blog”

  1. Mantab nih…
    Hal pentingnya adalah tulislah di bidang yang disukai…
    Jangan ikut-ikutan…
    Kalau kita tidak menyukai yang kita tulis darimana kita bisa enjoy blogging…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *