Menggali Motivasi Diri Dari Kelemahan Yang Dimiliki

Motivasi diri memegang peran penting dalam kehidupan seseorang, bahkan bagi Anda yang memiliki kelemahan dibanding orang-orang pada umumnya.

Siapapun bisa minder kalau punya kelemahan yang membuat kita dianggap cacat oleh orang-orang di sekitar kita. Namun percayakah Anda bahwa justru dari kelemahan tersebut kita juga bisa menjadi sukses? Ada banyak cara untuk mengubah persepsi buruk kelemahan yang kita miliki menjadi salah satu pendorong motivasi hidup.

Langkah pertama adalah buatlah daftar kelebihan dan kelemahan yang Anda miliki pada dua lembar kertas yang berbeda. Letakkan daftar kelebihan itu di suatu tempat dimana Anda mudah melihatnya karena akan memberi efek menaikkan semangat hidup Anda. Semakin sering dilihat, Anda makin yakin bahwa punya potensi diri. Kalau sudah melakukan tahap ini, yuk lanjut ke langkah berikutnya.

Sekarang, tengoklah daftar kelemahan Anda dan pelajari sebentar. Baca terus sampai Anda tidak merasa malu lagi atau bersalah dengan kelemahan itu. Biarkan semuanya menjadi karakter yang menarik, bukannya kepribadian yang negatif. Tanyakan kepada diri Anda bagaimana caranya agar setiap hal dapat berguna bagi Anda. Bukan kebiasaan kita menanyakan kelemahan seperti itu, tetapi mengubah kelemahan menjadi hal pembeda itulah maksudnya.

Menggali Motivasi Diri Dari Kelemahan Yang Dimiliki
Menggali Motivasi Diri Dari Kelemahan Yang Dimiliki

Kelemahanku Adalah Kelebihanku

Contoh mudahnya adalah yang saya alami. Salah satu kelemahan saya adalah kesulitan berkomunikasi dengan orang lain. Bahkan boss saya waktu kerja dulu mengatakan masalah komunikasi jadi PR nomor satu di luar kerjasama tim dan produktifitas kerja. Saya tidak percaya diri terhadap kemampuan saya berbicara dan bercakap-cakap. Hal ini saya coba atasi dengan meningkatkan kebiasaan menulis di blog dan berbagi pikiran dengan orang lain dengan media tulisan.

Setelah beberapa waktu, saya menjadi sedikit lebih baik dan terlatih untuk menulis. Dan Anda bisa tebak, berkomunikasi secara tertulis adalah salah satu bagian menarik hidup saya saat ini. Artikel dalam beberapa blog yang saya kelola bisa menciptakan banyak hubungan dengan orang lain. Hal ini tidak akan terjadi jika saya fokus pada rasa malu bercakap-cakap sebagai kelemahan.

gambar freelancer writer terkenal
gambar freelancer writer terkenal

Kesimpulannya, tidak ada sesuatu pun dalam daftar kelemahan Anda yang tidak dapat menjadi kelebihan jika Anda bersedia merenungkannya cukup lama. Masalahnya adalah, kelemahan kita membuat kita malu. Namun keadaan yang memalukan bukanlah pikiran yang sebenarnya. Begitu kita benar-benar mulai berpikir tentang kelemahan kita, hal-hal itu bisa berubah menjadi kelebihan dan membangun motivasi diri dalam hidup. Ujung-ujungnya, kemungkinan menghasilkan kreatifitas pun bermunculan.

Enjoy blogging, enjoy writing!

Bagikan artikel ini melalui:

8 Replies to “Menggali Motivasi Diri Dari Kelemahan Yang Dimiliki”

  1. Seseorang bisa sangat menarik di dunia maya dibandingkan di dunia nyata yang culun dan tidak pandai berkomunikasi. dan ini merupakan sebuah kelebihan. 😀

    Artikel yang menarik.

  2. Wah! Bisa banget dicoba nih tips-nya. Semua orang punya potensi (pasti, bakat alami yang diberikan Tuhan, harus percaya) dan yang paling penting itu adalah memaksimalkan potensi yang ada. Maka dari itu, sebelumnya kita wajib mengenal diri kita sendiri hehehehe

  3. Setuju mas Agus…
    Seringkali kita merasa kekurangan kita adalah sudah pasti kekurangan. Tapi, kalau kita sadari hal tersebut maka kekurangan tersebut merupakan kelebihan kita

  4. Saya udah lama ga blogwalking, kayaknya dunia blogging kok makin sepi ya mas AS, terlihat sepintas dari komentar yang ada, makin lama makin nipis 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *