Pengetahuan Dasar Blogging Yang Wajib Anda Miliki

Blogging itu aktifitas yang kompleks. Kegiatannya melibatkan banyak disiplin ilmu. Nggak cuma menulis lalu komentar diselingi ketawa-ketiwi nggak jelas. Apalagi kalau ada masalah nggak langsung ditinggal ngacir begitu saja.

Untuk itu diperlukan pengetahuan dasar yang mumpuni agar Anda bisa menjadi blogger luar biasa. Saya katakan blogger luar biasa karena yang biasa-biasa sudah nggak jaman. Sekarang ini semua aktivitas harus lebih komit, fokus dan nggak asal.

Jangan buang-buang waktu, tenaga, duit dan pengorbanan lainnya menjadi sia-sia. Karena Anda tidak tahu sampai kapan Anda mampu ngeblog sambil berleha-leha ria tanpa memberikan nilai guna kepada diri Anda. Kecuali kalau Anda telah menjadi milyarder sejak lair procot, baru deh boleh nyantai. :D

Apa saja pengetahuan dasar yang wajib Anda ketahui? Coba cek yang berikut ini:

kartun blogging
kartun blogging

1. Teknik Menulis Artikel.

Banyak blogger yang pandai berpidato di depan khalayak ramai tapi kesulitan menuangkan pikiran ke dalam bentuk tulisan. Bukan berarti yang bersangkutan nggak berkompeten di bidangnya.  Bisa jadi metode belajar yang digunakan salah.

Perlu Anda ketahui karakter diri Anda type yang mana: audio, visual atau kinestetik. Aktivitas ngeblog sebagian besar berupa kegiatan visual, yaitu membaca. Oleh karena itu, orang-orang type visual cepat mengalami perkembangan blogging dibanding type lainnya.

Namun bukan berarti type audio dan kinestetik dilarang ngeblog. Hanya saja perlu teknik-teknik khusus supaya aliran ide tidak stagnan dan tetap flow. Untuk urusan metode belajar yang efektif, saya menyarankan Anda membaca buku Quantum Learning karya Bobby de Porter dan Mike Hernacki.

Untuk mendapatkan tips-tips manjur seputar menulis artikel blog, silakan pantau terus blog ini. Kalau perlu, berlangganan via Feedburner biar nggak ketinggalan setiap artikel yang baru terbit. :)

Article Writing Templates
Article Writing Templates

2.  Pengetahuan Dasar Tentang Hosting dan Ilmu CSS.

Saya katakan pengetahuan dasar, nggak harus sampai ke tingkat expert. Ilmu hosting dan CSS penting diketahui meskipun Anda nggak bercita-cita menjadi seorang Dokter Blog andal macam mas Tri Wahyudi.

Berkaca dari pengalaman saya waktu pindahan server kemarin, banyak hal penting yang kebanyakan blogger anggap remeh. Hal-hal kecil seperti teknik backup database dan file cpanel, flush DNS dan utak-atik jeroan cpanel domain wajib Anda pahami.

Boleh saja selama ini Anda mempercayakan maintenance koleksi blog Anda kepada sebuah tim sukses, namun pada akhirnya Anda tetap harus turun tangan di situasi yang darurat. Misalnya, teknisi blog lagi mudik ke kampung halaman. Apa Anda mau menelantarkan blog Anda selama masa liburan itu?

Bagi para adsenser, jelas sekali jawabnya: BIG NO.

3. Ilmu Marketing.

Ilmu marketing itu banyak manfaatnya. Nggak cuma buat para affilite yang rajin follow up downline, bahkan bagi blogger murni pun wajib paham fungsi dan manfaatnya.

Marketing itu nggak hanya jualan produk dan jasa. Marketing juga berlaku untuk menunjukkan potensi dan kompetensi diri. Banyak saya jumpai kawan-kawan yang memiliki bakat luar biasa dalam satu bidang tetapi gagal bersinar hanya karena tidak tahu cara ‘menjual diri’ yang efektif dan mendukung kemajuannya.

Dunia maya adalah gudangnya media narsis. Banyak cara menunjukkan kemampuan. Misalnya, sosial media. Tergantung Anda suka yang mana, Facebook atau Twitter. Dari acara cuap-cuap santai tersebut, sedikit demi sedikit Anda bisa tebar pesona dan membentuk personal branding.

Harus bisa dibedakan lho antara me-marketing-kan potensi diri dengan nampang di jejaring sosial. Kalimat yang tertulis di timeline akun Anda setidaknya mewakili sebagian pemikiran Anda. Jadi, mari manfaatkan dengan bijak.

4. Etika Pergaulan Dunia Maya.

Siapa bilang internet itu bebas sebebas-bebasnya. Pergaulan dunia maya juga seperti halnya bertetangga di rumah. Masih perlu tenggang rasa, tepo seliro, pengendalian diri dan kemauan menghargai orang lain. Bahkan tak jarang perlu sedikit konspirasi agar kehidupan blogging tetap berjalan selaras.

Apalagi bila Anda seorang blogger yang membangun bisnis berdasarkan kepercayaan konsumen. Interaksi kedua belah pihak harus saling menguntungkan. Pebisnis mendapatkan profit dari margin anatara cost yang dikeluarkan dengan price yang ditawarkan. Sementara konsumen terpuaskan oleh layanan produk atau jasa yang dipakai.

Meskipun tidak ada yang menjamin koneksi yang terbentuk melalui dunia maya bakal langgeng layaknya persaudaraan di dunia nyata, namun Anda tetap harus berpikir positif bahwa internet juga menawarkan banyak kesempatan menjalin silaturahmi dengan orang-orang hebat yang patut diteladani kehidupannya.

Saya pikir cukup itu dulu yang saya sharing kali ini. Bagaimana menurut Anda, adakah pengetahuan dasar lain yang wajib dimiliki para blogger?

One Reply to “Pengetahuan Dasar Blogging Yang Wajib Anda Miliki”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *