Bahaya Terlalu Lama Melajang

Pengkutuban Pergaulan Blogger: Rahasia Umum yang Tidak Terpublikasikan

Mengamati perkembangan blogosphere kian menarik saja. Beragam peristiwa terjadi datang dan pergi begitu cepatnya. Namun tidak ada yang lebih menarik daripada mengamati gaya tarik menarik pengaruh antar blogger.

Ibarat sebuah magnet yang memiliki dua kutub, dapat saya umpamakan blogosphere saat ini terbelah menjadi tiga kelompok. Yaitu kutub selatan, utara dan netral.

1. KutubΒ  Selatan

Mereka adalah penganut paham lama yang telah berhasil menancapkan ‘pengaruh-nya’. Sebagai penguasa saat ini, tentu saja sang pemimpin enggan lengser keprabon. Penghuninya bukan hanya pemimpin, ada juga ratusan bahkan ribuan newbies yang setia menjadi punggawa perang menjunjung tinggi ‘nama besar’ kerajaan.

Ada yang secara sadar melakukannya. Ada pula yang masih setengah sadar beraksi karena terbius nikmat sukses yang dijanjikan.

2. Kutub Utara

Posisi kelompok ini sama halnya sebagai gerakan mahasiswa yang berhasil meruntuhkan Orde Baru pada tahun 1998. Mereka adalah anak muda yang senantiasa berpikiran terbuka terhadap hal-hal baru namun tetap kritis terhadap kehidupan sosial blogosphere.

Dibanding kelompok pertama, golongan ini terbilang tidak jaim (jaga image) dalam pergaulan. Dalam social bookmark, tidak pernah malu tertawa lepas, bercanda dengan netter lain atau sekedar mempublikasikan games online yang baru saja diikuti.

3. Kelompok Netral

Kalau dua kelompok di atas sudah menentukan posisi masing-masing, lain halnya dengan yang satu ini. Hidup diantara gaya tarik-menarik dua kelompok. Jadi, kadang berpihak sana. Kadang juga mendukung pihak sini.

Dongeng Anak Islami di Kabupaten Jombang
Dongeng Anak Islami di Kabupaten Jombang

Apa yang terjadi kemudian?

Kemungkinannya ada dua: masuk ke salah satu kelompok atau justru bingung sendiri dan pensiun dini dari dunia blogging. Kalau yang terjadi adalah kalimat terakhir, maka blogger tersebut telah sukses menjadi ‘korban’ keganasan bisnis internet.

Sesuai judul posting di atas, aksi saling serang antar blogger sebenarnya bukan hal baru lagi. Sudah sering kontroversi dijalankan dalam merebut popularitas. Aksi black campaigne juga sudah sering kita saksikan dalam forum pertemanan.

Posting ini tidak saya maksudkan untuk mempertajam pengkotak-kotakan blogger. Tidak juga saya menginginkan dihapuskannya sekat antar kelompok. Sebuah artikel ini tidak akan merubah apa yang ada. Biarlah sistem yang menjawab.

Semoga sedikit pemikiran saya bermanfaat bagi teman-teman semua.

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

131 thoughts on “Pengkutuban Pergaulan Blogger: Rahasia Umum yang Tidak Terpublikasikan”

        1. Makin pertamax, kemungkinan dibaca atau dikunjungi pengunjung blog ini makin gede.

          Talk bout Kutub, saya malah ga tau masuk kutub mana. Yg jelas easy going aja ngeblognya. Kongkow sama para IM nyambung.

          Pun dgn newbie, sy tetap terbuka dan membantu jk memang ada yg bisa dibantu.

          But, tulisan mas sungguh menginspirasi. Kayanya saya mau buat 1 blog lg yg isinya aga2 geje. Hahaha…

          1. Oh, gitu ya. Saya baru ngerti sekarang kenapa orang-orang pada borong pertamax di blog ini. Hehehe…

          2. Kalau saya malah pilih yang premium aja lah, yg lebih murahan dikit dari pertamax….

            hwehwehwe…

            Saya gabung kedua-duanya kalau bisa…wkwkwkwk

        2. Jawaban mas Arief tidak salah. Ibarat barang dagangan, yang di display di etalase tentu lebih cepat diingat, sekaligus dibeli, calon pembeli daripada yang disimpan di gudang.

  1. Pasutrisatu masuk kategori yang mana ya mas..?

    wow..link Pasutrisatu terpasang disini..bener2 nih???makasih deh

    Sukses Selalu mas..

    1. Tidak masalah mbak Aas ada di kelompok mana. Yang penting ngeblog jalan terus dan bisa dapat duit dari internet.

      Hehhehe… πŸ˜€

  2. Saya juga gak tahu ada dipihak mana, tapi yang jelas selama itu baik tidak salahnya untuk diikuti, akan tetapi dengan catatan kita harus te2p menghidupkan karakter kita sendiri. kata pepatah mengikuti aliran air tapi jangan sampai kita terbawa arus.

    1. Percaya nggak percaya, kebanyakan newbie (termasuk saya juga) pasti bingung tujuh keliling dalam menyikapi hal ini. Keadaan ini bisa terjadi selama bulan-bulan awal gabung dunia IM.

      Tetapi seiring berjalannya waktu, saya yakin mereka bisa menemukan formula terbaik (nggak pakai bisnis. Hehehe…) dalam menentukan sikap ke depan.

    1. Kalau mau jujur, tujuan awal ganti themes adalah karena saya sudah bosan dengan themes lama. Ingin suasana baru biar ngeblog lebih semangat. hahaha… πŸ˜€

      Tapi ada beberapa pertimbangan lain dalam pemilihan themes. Terutama untuk kenyamanan pengunjung membaca artikel blog saya.

      Terima kasih atensinya.

  3. anda bener juga mas Agus. rahasia umum yang tidak terpublikasikan.

    buat saya sih, yang penting kita mengerti maksud dan tujuan kita berada dalam sebuah komunitas. segala resiko dan tanggung jawab ada di tangan kita kok

    1. Ya, semua ada konsekuensi yang harus ditanggung. Ngomong-ngomong, seingat saya mas Fadly kok belum pernah posting artikel yang memuat kontroversi ya. Kapan nih kejutannya… πŸ˜€

    1. Tidak perlu pusing dan bingung menyikapinya. Ini adalah hal wajar. Sama seperti kehidupan nyata. Selalu ada tarik menarik kepentingan antar kelompok.

      Contoh nyata saat ada Pilpres kemarin. Orang pada ribut mengumpulkan massa untuk mendukung salah satu calon. Tetapi saat Pilpres usai, sudah lupa tuh.

      Yang penting harus punya karakter sendiri. Biarlah orang lain ribut, asal kita fokus pada tujuan awal.

  4. weeleh.. pas baca artikel Anda, jd teringat gaya tulisan mas hengky. Apakah Mas Hengky sdh jd brand yg nusuk ampe ke tulang sy nih ?

    Aniwei.. artikel Anda bagus….. tak kunjungi lebih sering lagi.

        1. Repot deh…!

          Posting artikel 'kacang goreng' dibilang kekanak-kanakan. Sekarang lebih serius masih saja di komplain. Memang hoby-nya kritik sampai berdarah-darah nih blogger.

          Hehehe.. πŸ˜€

  5. Seperti anda bilang, ada sebagian blogger yang bingung menentukan yang mana dia berada, ya.. salah satunya saya mas, nggak tahu di posisi mana saya, yang penting saya menulis dan menulis menurut kata hati saya.. suwun..

  6. Saya terus blogging aja mas .. sambil selesaikan rancangan produk sehat saya … kelihatannya saya masuk ke yang netral nih … lanjut terus untuk ACTION

    1. Seperti judul artikel, ini adalah rahasia umum yang tidak terpublikasikan. Memang, tidak ada catatan hitam di atas putih. Tapi dari cara pandang dan pemikiran para blogger, ada kecenderungan seperti itu.

  7. Makasih telah berkunjung ke blog saya.

    Sukses buat mas Agus.

    Selamat Tahun Baru 2010.

    Blog ini langsung saya masukkan blogroll di blog saya, sekaligus

    masuk di teropong!.

  8. Saya harap tidak ada pengkotak kotakan blogger dalam hal platform nya (wp,blogspot,blogsome dll), selama dia mampu memberi informasi dan berbagi ke sesama pembaca yang lain, saya anggap mereka sudah sangat patut menyandang gelar BLOGGER..mengenai kutub2 diatas saya gak tau mungkin saya termasuk yg utara hehehe (mungkin loh), karena saya orang baru di blogspot..baru 3 tahun join.

  9. Tepat juga mas Agus mencermati aktivitas blogger, kritis sekali mas. Menurut saya kalau kita terkotak-kotak seperti rasanya kok kurang pas. Mungkin pengkotak-kotakan itu karena kepentingan masing-masing. Enaknya gimana…nggga usah kita ikut-ikutan ke kotak yang mana, yang penting hapy blogging dan ingat semua blogger bersaudara…he…3x. Biarkan orang berjalan dengan prinsipnya masing-masing yang penting kita tetap ngeblog dan tetap kritis kayak Mas Agus ini.

    Trima kasih Mas dan salam sukses.

    1. Bagi saya, ngeblog adalah aktualisasi diri terhadap lingkungan tempat saya berdiam. Karena itu, artikel ini adalah wujud ide-ide saya terhadap keadaan yang sedang terjadi.

      Saya menghargai blogger yang siap menerima pendapat orang lain seperti mas Sugiana.

      Sukses juga untuk Anda.

  10. Blogger kalau sudah mengkotak-kotakan dirinya, berarti sudah lepas dari tujuan awalnya. Untuk apa sih kita ngeblog? O..la…la…mudah-mudahan cepet sadar para blogger semua untuk kembali ke khitahnya….wk..wk…wk. Betul, begitu?

      1. ga segitu nya sih.. cuman ga dianggap ajah! ga dipandang sebelah matapun sama "blogger ningrat".. jgn2 tembus pandang kali yah.. heheee..

        btw saya bukan mas-mas lho

  11. gile bener, tambah lama pembahasan di blog agussiswoyo tambah berbobot nich.

    saya ndak bisa komentar apa-apa lagi Mas, setahu saya sewaktu anda masih pake blogspot agak tersendat untuk memposting artikel yang ada update status terus di facebook. DUA JEMPOL untuk Anda…

    1. Wah, ternyata mas Rudy menyimak riwayat ngeblog saya. Jadi malu nih. πŸ˜€

      Tapi memang benar. Sejak saya ngeblog di WP berbayar, pikiran saya terbuka untuk lebih memaksimalkan proses monetisasi blog saya. Kalau di awal-awal ngeblog saya kurang fokus, maka tiga bulan terakhir ini saya berkomitmen penuh untuk bisa update artikel secara rutin, dan sekaligus meningkatkan bobot artikel.

      Ngomong-ngomong, rumah barunya terlihat lebih fresh…!

  12. Ada yah pengkutuban gini…berarti tiap blog pny magnet + dan – ,,,, jadi ketarik ke kutub mana..kalau punya keduanya, nah bisa tetap di tengah..

    1. Sayangnya, kita sulit menjadi netral Bun…

      Selalu ada yang mencoba tarik menarik. Bunda sendiri gimana? Apa bersikap netral dalam hal ini?

  13. waa… saya masup di kutub mana yak? ga tau, beneran. poko'nya posting aja apapun yg terlintas. plus blogwalkin di blog teman2, termasup blog bapak yg satu ini, hehe..

    eh eh link sayah koq ilang yak? huhuhu… *cry*

  14. begitu yah? namanya usaha mas, cari peruntungan, tidak semua orang paham arti hidup, maka dari itu tidak semua paham arti ngeBlog, santai saja. nikmati saja. salam dari saya. hehe… πŸ˜€

  15. Mas Agus, ternyata saya menemukan sebuah pembahasan yang luar biasa berbobot di blog ini. Anda menilai dari out of box. Sebuah keberanian tersendiri karena biasanya seorang blogger tanpa sadar justru masuk dalam kutub-kutub blog yang mendikotomi mereka sendiri.

    Seperti kata bung Rudy Azhar, DUA JEMPOL untuk anda!

    1. Pujian mas Budhi saya pikir terlalu tinggi untuk seorang pendatang baru seperti saya. Kepala saya nanti jadi kegedean loh. Hehehe… πŸ˜€

      Untuk saat ini, apa yang telah saya lakukan mungkin belum seberapa dibanding teman-teman senior IM. Saya hanya berusaha berbagi manfaat dengan sesama blogger yang masih aktif. Syukur-syukur kalau pemikiran saya diterima.

      Terima kasih kunjungan mas Budhi.

  16. Pingback: Anonymous
  17. It’s arduous to search out knowledgeable individuals on this matter, but you sound like you recognize what you’re speaking about! Thanks

  18. An outstanding blogpost, I simply surpassed this against a new colleague who had previously been doing small amount of evaluation about that will. Anf the in reality acquired us breakfast time mainly because I recently found that designed for your man. happy.. Consequently allow me to rephrase that will: Thnx with the care for! Then again yeah Appreciate you deliver greater to speak about the, I am fervently regarding this in addition to really like studying more to do with this particular subject matter. Most certainly, whenever you generate expertise, on earth do you your thoughts posting your website to comprehend facts? It’s used in my family. A couple thumbs together for this particular blog!

  19. Did eBay suspend your account? I am suspended for simply no purpose! I dropped all of my revenue, my business had been online centered. I needed to locate a solution. By the end I am again for real.

  20. I would like to thnkx for the efforts you’ve put in writing this site. I’m hoping the same high-grade blog post from you in the upcoming as well. In fact your creative writing skills has encouraged me to get my own site now. Really the blogging is spreading its wings rapidly. Your write up is a great example of it.

  21. Attractive section of content. I just stumbled upon your website and in accession capital to assert that I get in fact enjoyed account your blog posts. Any way I will be subscribing to your augment and even I achievement you access consistently rapidly.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *