Peranan Invisible Hand dalam Blogging

Kemarin sore, saya dan beberapa teman iseng-iseng mengunjungi salah satu cabang miniresto brand yang dikembangkan perusahaan tempat saya bekerja. Seolah sudah menjadi tradisi, selalu ada acara tebar komentar ke makanan yang baru disantap.

“Nggak mantap nih, masih enak bikinan kita.”
“Rasanya ngambang…!”
“Rotinya bantat!”

Dan beberapa komentar lainnya. Meski rasa adalah relatif bagi setiap orang, kenyataannya memang demikian. Terasa ada yang kurang pas.

Seorang koki masakan menentukan rasa makanan. Dengan resep dan bumbu yang sama, bahkan merek kompornya pun sama, dapat menghasilkan taste yang berbeda di lidah penikmatnya.

Begitupun dalam ngeblog. Dua orang blogger yang memakai panduan blogging, produk informasi dan hosting yang sama pun bisa berbeda nasibnya.

Untuk satu keyword yang sama, ada yang sukses menjadi nomor satu dalam pencarian Google, ada pula yang kebagian tampil di halaman belasan.

 

gambar taman cilaki - lelaki menyeberangi jembatan
gambar taman cilaki - lelaki menyeberangi jembatan

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Selalu ada faktor invisible hand atau penyebab lain yang tak kasat mata yang turut mendukung sukses dan gagalnya seorang blogger. Apakah itu? Saya tidak bermaksud mengaitkannya dengan ilmu klenik, paranormal, konsultasi mama loreng atau apapun namanya.

Disadari atau tidak, hal ini hadir dalam setiap posting artikel. Misalnya, blog Ngobrol Seputar Bisnis Online yang banyak dikomentari. Meski PageRank-nya masih 2, banyak dijadikan sumber referensi para newbie.

Kalau saya cermati, invible hand blog tersebut terletak pada kemampuan mas Hengky menghadirkan posting dengan bahasa yang segar, info terkini dan terkesan ABG banget (meski usia sebenarnya sudah lewat ABG. Hehehe… ) :D
Dan akhirnya tidak terasa pengunjung dibuat manggut-manggut dan dengan sukarela meninggalkan komentar di blog tersebut.

Ngomong-ngomong, tak terasa sudah memasuki bulan kedua saya ngeblog disini. Saya sendiri belum sepenuhnya dapat menerapkan hal tersebut dalam blog ini. Saat ini masih belajar ngeblog lebih efektif dan mampu menghasilkan duit.

(Tetap saja ujung-ujungnya berburu rupiah dan dollar. Hehehe…)

Motivasi Hidup Dari Penduduk Transmigran
Gambar Ilustrasi Motivasi Hidup Dari Penduduk Transmigran

Bagaimana dengan blog Anda? Sudahkah menemukan faktor invisible hand dalam ngeblog?

21 thoughts on “Peranan Invisible Hand dalam Blogging

  1. wah! ya kadang rada aneh aja mas, udah tenanan bikin artikel gak ada yang kasih koment, sebaliknya bikin artikel ngawur aja ada yang kasih koment..

  2. masih bingung dengan cara penerapan invisible hand -_-a…
    hmmm2 berpikir sejenak neh mas agus…
    kalau dikaitkan dengan gaya posting mashengky…
    apa invisible handnya itu = karakteristik postingnya?
    atau mungkin invisible hand itu masalah teknis untuk bisa menembus jajaran google search?
    bukankah itu hal yang berbeda…
    (bingunggggggggggg -_-a)

    1. Namanya saja invisible mas, pasti nggak kelihatan. Kalau menurut saya, hal ini lebih kepada sikap, mental dan perilaku yang mendukung kemajuan pribadi.

  3. saya masih belum menemukan inviseble hand dalam blog saya Mas, ntar tak cariin dulu ya…

    Ngobrol Seputar Bisnis Online

  4. Saya sendiri juga bingung mengenai hal ini, kadang postingan saya yang biasa justru mendapat respon yang luar biasa, sedangkan postingan yang saya gadang-gadang bakal jadi best post malah mlempem

    Mungkin invisible hand waktu itu ga muncul kali ya

    1. Bisa jadi topik yang Anda ambil tidak banyak penggemarnya. Jadi, meski berkunjung mereka tidak meninggalkan komentar.

  5. mungkin ibarat koki, tidak konsistensi yg kita miliki, jadi walaupun menu, bumbu dan ramuan sama, tapi rasanya beda-beda .. istilahnya feel nya blm dapet ..

    1. Menurut saya, konsistensi itu kata kuncinya. Mungkin ada yang bisa menyajikan makanan enak tapi cuma sekali saja, setelah itu tidak sesuai harapan.

  6. Kalo sekarang saya baca blog ini juga membuat saya manggut-manggut Mas, dan dengan sukarela juga meninggalkan komentar. Artinya blog ini juga punya daya tarik khusus untuk segmen khusus juga :D

  7. Hi, Saya suka menulis ini di sini , Anda menuliskan dengan pengetahuan ! Ini halaman web sangat menarik !
    Nama saya Megan , aku lahir di Leicester , jadi saya akan menjadi pengikut dari situs web ini , data pribadi saya mungkin tidak dalam kepentingan terbaik dari semua orang, tetapi saya mengatakan mereka saja saya mencintai buku serta olahraga secara umum , dan saya juga mendengarkan banyak roadtrips Radiohead pada saya, saya sekarang jadi tanpa pacar anak laki-laki menonton keluar untuk saya …. hanya bercanda : ) ! Saya pernah mencoba kencan online itu tidak bekerja sangat baik ….
    Saya menulis ini menyebabkan komentar seperti yang saya sebutkan sebelumnya saya benar-benar menikmati situs web ini saya juga memiliki papan hanya seperti Anda, tapi saya vey berbeda dari Anda , itu adalah uang sekitar gratis poker ….:)
    Saya juga harus meminta maaf untuk bahasa saya itu satu-satunya cara saya menemukan untuk berkomunikasi dengan kalian ….Bye Bye untuk semua orang , Lihat kalian besok, dengan cara Happy New Year

Leave a Reply