Perbedaan Manajemen Artikel Beberapa Blog Agus Siswoyo

cropped-gambar-percikan-kuas-cat-tembok-warna-warni.jpgBeberapa bulan ini saya makin asyik menikmati kegiatan ngeblog, khususnya dengan mengelola beberapa akun blog pribadi. Yah, mungkin ini kebalikan dari trend yang sedang berlangsung di blogosphere dimana banyak yang mulai berhenti ngeblog atau tetap online namun waktunya banyak terserap ke situs jejaring sosial macam Facebook dan Twitter. Dua blog utama yang paling sering saya jadikan tempat nongkrong adalah blog ini dan Agus Siswoyo.Net

Awalnya saya bikin blog Agus Siswoyo.Net buat mengamankan domain saja. Kita tahulah betapa berharganya domain bagi bisnis online jangka panjang. Siapa cepat dia dapat. Selain itu, tentu saja Agus Siswoyo.Net tempat yang cocok buat curhat kegiatan sehari-hari saya. Kalau mau nulis artikel curhat disini sih bisa aja, tapi saya nggak ingin mengecewakan penggemar saya yang kadung keranjingan artikel motivasi diri, informasi seputar ghost writer dan tips praktis menulis. Halah, lebay! Jadi sok ngartis nih. Hahaha.

Dalam blog Agus Siswoyo.Com saya memang cenderung jaim, nggak banyak becanda dan artikel yang saya tulis berusaha sesederhana mungkin dengan tetap mengutamakan kesatuan pemikiran dan berfokus pada topik motivasi diri untuk penulis. Bisa dikatakan topik blog ini spesifik dan nggak umum banget. Sehingga tidak semua ide yang terlintas di pikiran bisa saya tulis disini karena memperhatikan faktor kedekatan topik tersebut.

Lalu Agus Siswoyo.Net yang mengambil headline The Jombang Taste hadir sebagai tempat menampung segala unek-unek pikiran saya dalam berbagai kategori artikel. Mulai dari Obyek Wisata, Entertainment, Sosial Budaya, Bisnis Online, Wisata Kuliner, Agama, Sains dan Teknologi, Informasi seputar Pemkab Jombang dan lain-lain. Disitulah saya bisa lepas dan bebas mau menulis apa saja. Nggak pakai jaim, nggak pakai pembatas. That’s the real of me.

Tempat Bereksperimen Artikel dan Teknik SEO

Apa manfaat yang bisa didapatkan dari mengelola banyak blog? Yang pertama tentu saja kita bisa curhat tanpa takut dikomplain segmentasi pembaca. Yang kedua bisa dimonetasi kalau traffic-nya sudah bagus. Yang ketiga, ini nih yang menurut saya penting sekali, yaitu tempat melakukan uji coba aneka jenis artikel, keyword yang sedang populer dan teknik SEO yang didapat dalam modul CafeBisnis.Com

Dari kegiatan test ukur secara berkelanjutan saya jadi ngerti keyword apa yang paling banyak dicari, gimana setting SEO On Page dan Off Page dan tentu saja menjawab berbagai pertanyaan member. Nggak lucu dong kalau saya bisa kasih teori tapi nggak pernah praktek. Hehehe. Meskipun saat ini pengetahuan saya masih kategori hijauuuu banget, saya bersyukur bisa membuat blog Agus Siswoyo.Net mencapai bandwidth limited exceeded dua kali sehingga harus upgrade ke paket hosting yang lebih gede.

Ssst, saya hampir nggak pernah blogwalking untuk promosikan blog The Jombang Taste. Sepenuhnya saya mengikuti naluri menulis saya terhadap beragam topik yang tersedia. Yah, kalau kita menulis dengan sepenuh hati dan bisa menikmati blogging, maka artikel yang tersajikan makin unik di mata Google. Sebaliknya, kalau kita menjalani ngeblog dengan terpaksa biasanya bahasanya kaku, kreatifitas nggak jalan dan kalimat yang tertulis lebih mirip hasil artikel spinning daripada tulisan manusia.

Bagaimana dengan Anda, apakah juga sedang mengelola beberapa blog pribadi? Lalu manfaat apa yang telah didapatkan?

Enjoy Blogging, Enjoy Writing!

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

37 thoughts on “Perbedaan Manajemen Artikel Beberapa Blog Agus Siswoyo”

  1. Saya juga termasuk pengelola blog pribadi yang saya isi beberapa dokumentasi pribadi saya baik itu tutorial, informasi terbaru atau mungkin cuma tulisa ringan semata. Menjalin silaturahmi dengan sesama blogger memang menyenangkan apalagi mempunyai warna yang sama dalam temanya, apalagi ditambah dengan komunikasi di offline dengan kopdar…
    Btw saya malah lebih sering kesini daripada yang domain .net mas… nantinya bakal berkunjung kesana jg…

  2. Ah, The Jombang Taste kayaknya pernah deh mampir di blog saya 😀
    Yup, seharusnya begitu. Sebaiknya ada media/blog lain yang menampung sisi lain dari kita yang ingin di-explore.

  3. Punya satu aja.. manfaatnya luar biasa Mas Agus. 🙂
    Jadi produktif nulis (lumayan dari pada dulu)
    Banyak kenal blogger.. jadi bisa nanya2.. sharing
    Belajar SEO dikiiiiit.. ^^

    Senang bisa jadi blogger..

    sukses selalu Mas..

  4. Saya menikmati semua artikel yang mas agus sajikan baik di agussiswoyo.com dan dot net.

    Kalau saya juga sedang mengelola dua blog bisnis selain http://ismailonline.com saya juga punya http://ismailadsense.com tadinya yang masalah adsense adalah blog jangka panjang dengan penuh b.inggris. tapi karena akhir2 ini mempersiapkan ujian skripsi jadi tulisan yang adsense kurang terurus.

    Mudah2an ke depannya saya bisa konsisten seperti mas agus. amin.

  5. Untuk berlatih SEO, blog utama saya (kafegue.com) juga saya jadikan kelinci percobaan mas. Sambil diisi dengan postingan yang agak idealis juga sih di sela-selanya. Blog saya yang satunya lagi (yang di blogspot) malah nggak terurus. Padahal topiknya sangat menggiurkan untuk menjaring banyak pengunjung dari google.

  6. semakin banyak blog yang dikelola, semakin banyak ide yang bermunculan, namun yang penting adalah fokus….karena ide yang terlalu banyak terkadang merepotkan diri kita sendiri juga…

  7. ane mw buat pake sub domain,eh males ditengah jalan haahahah.. .

    satu aja kalo uda pr9 kalie ya.. baru mw buat lagi xixixixix. .. :mimpi atau kenyataan ? sampe PR 9 .. ? xixixi

    1. Kalau beli domain di Indonesia harganya relatif sama. Yang bisa kita pilih adalah space hosting. Jadinya jumlahnya relatif, tergantung kebutuhan bandwidth setiap bulan.

    1. Eman-eman mas kalau domain nama saya dipakai AGC. Mending pilih nama domain yang lain. Hehehe…
      Untuk domain .name belum kepikiran buat karena belum tahu nanti mau diisi artikel apaan. 🙂

  8. mau fokus ke satu blog dulu kalo saya 😀
    kalo mas agus mah bertambah, saya yang harusnya sudah punya dua jadi tinggal cuma satu 😀
    susah cari blog yang satu tema 🙁

  9. I would like to convey my gratitude for the kind-heartedness helping folks that absolutely need help on your market. Your actual resolve for moving the answer up and down experienced turn out to be especially educational and have frequently assisted anyone else much like me to attain their own desires. Your individual informative details indicates much to me far more more to my mates. Thanks a ton; from every one of all of us.

  10. Good post. I study something more difficult on totally different blogs everyday. It would always be stimulating to learn content material from other writers and practice just a little something from their store. I’d favor to use some with the content on my blog whether you don’t mind. Natually I’ll offer you a hyperlink on your web blog. Thanks for sharing.

  11. Attractive section of content. I just stumbled upon your website and in accession capital to assert that I get in fact enjoyed account your blog posts. Any way I will be subscribing to your augment and even I achievement you access consistently rapidly.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *