Personal Branding: Kekuatan Sugesti Dari Sebuah Nama

Agus Siswoyo - Aktifitas penjelajahan alam dan berlibur di daerah pantai
Agus Siswoyo – Aktifitas penjelajahan alam dan berlibur di daerah pantai

Anda tidak pernah tahu akan dilahirkan dalam kondisi lingkungan yang bagaimana. Bisa jadi dalam kancah peperangan, tatanan ekonomi yang labil, medan pertarungan budaya dan banyak ketidaknyamanan lain.

Saya sendiri tidak pernah meminta dilahirkan dalam keluarga yang memegang teguh prinsip budaya Jawa. Sehingga saat saya lahir diberi nama Agus Siswoyo. Nama yang terkesan jadul dan pasaran untuk ukuran saat ini. Namun cukup keren untuk tahun 80-an. Hehehe…

Saat awal ngeblog dulu, sempat terpikir memakai nickname Agsis (hasil comot sana sini) dalam setiap artikel yang saya publikasikan. Tapi saya pikir aneh juga kalau orang Indonesia pakai nama tersebut. Terkesan lebay dan allay.

Saya pernah iseng-iseng bertanya kepada orangtua saya, apa sih maksud pemberian nama tersebut? Mengapa saya tidak diberi nama yang lebih Islami seperti kedua kakak saya: Mochammad Nurcholis dan Saiful Arif?

Meski pertanyaan saya terkesan sedikit protes, namun Ibu saya dengan tenang dan sabar bersedia menjelaskan. Agus dalam kosakata Jawa diidentikkan dengan kata bagus yang artinya baik, bijaksana atau terpuji. Sedangkan Siswoyo berarti pelajar (siswa) seumur hidup.

Kalau ditafsirkan, orang tua saya berharap pemilik nama Agus Siswoyo mampu menjadi orang yang menghabiskan seumur hidupnya untuk selalu belajar hal-hal baru untuk menjadi lebih bijak setiap hari.

Apakah harapan tersebut berlebihan? Tentu tidak. Sudah menjadi kewajiban setiap manusia untuk selalu mempelajari hal-hal baru yang mendukung kemajuan taraf pemikirannya.

Ampuhnya Sebuah Sugesti

Sejak kejadian tersebut, saya benar-benar terpacu membuktikan kebenaran nama yang saya sandang. Saya adalah Agus Siswoyo. Orang yang tidak pernah lelah mempelajari hal-hal baru untuk masa depan yang lebih baik.

Dan disinilah contoh nyata kekuatan sugesti pikiran terhadap langkah ke depan yang kita ambil. Memulai karir di dunia blogging sungguh tidak mudah. Terlebih lagi untuk membangun personal branding sebagai modal awal meretas jalan di bisnis online.

Semangat membuktikan kebenaran arti nama yang membuat saya segera bangkit saat rasa malas datang. Saya tanamkan dalam mindset saya: Akan memalukan sekali kalau Agus Siswoyo tiba-tiba berhenti belajar dan cukup bangga terhadap hasil yang ada saat ini.

Saya adalah pelajar abadi. Setiap saat harus siap membuka mata, telinga dan hati terhadap pembaruan yang ada. Maka, saya tidak malu belajar dari tulisan kawan-kawan blogger yang terbukti menjadi the best di bidangnya. Kalau tidak bisa belajar secara personal, maka saya harus bisa mencuri ilmu yang dimiliki sedikit demi sedikit.

Ya, saya ter-sugesti menjadi Agus Siswoyo yang sebenarnya yang sesuai harapan orang tua. This is me, Agus Siswoyo. Bagaimana dengan nama Anda? Seberapa besar kekuatan sugesti mempengaruhi langkah blogging Anda?

22 Replies to “Personal Branding: Kekuatan Sugesti Dari Sebuah Nama”

  1. Anak pak Kiai itu banyak lho yg bernama Agus, panggilannya Gus … 🙂
    Kalau namaku Ahmad = nama keci nabi, Fauzi itu untung, alias bejo. Jadi harapan ortu agar aku bisa beruntung jadi pengikut nabi Muhammad saw. 🙂
    Salam

  2. sugestikan saya, sugestikan saya… (lagi sugesti diri), hehehe,,, bener mas, memang nama adalah pemberian terbaik dari orang tua, dengan demikian harus disyukuri apa yang ada. 😀 dan tentu tetep terpacu untuk melakukan hal yang lebih baik.

  3. You could certainly see your skills in the paintings you write. The arena hopes for more passionate writers like you who are not afraid to say how they believe. Always follow your heart.

  4. Great write-up, I am normal visitor of one’s web site, maintain up the nice operate, and It is going to be a regular visitor for a long time.

  5. Very excellent write-up. I really found your own webpage as well as needed in order to say which I have really loved browsing your own web page as well as posts. Nevertheless I’ll end up being checking your own give food to as well as We intend in order to look over your own web page for a second time.

  6. Cheers approving on the efficient information. Admittedly unprejudiced wen upward! I just continually accomplish certainly not mushrooming/groving/escalating in these yet desponding most people could a new briskly buddy-buddy depredate along with I’m indubitable a lot of people suavity typically the a lesser amount of at just about any rate.

  7. Lots of specialists say that aid a lot of people to live the way they want, just because they are able to feel free to buy necessary goods. Furthermore, a lot of banks give bank loan for different classes of people.

  8. Good post. I study something more difficult on totally different blogs everyday. It would always be stimulating to learn content material from other writers and practice just a little something from their store. I’d favor to use some with the content on my blog whether you don’t mind. Natually I’ll offer you a hyperlink on your web blog. Thanks for sharing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *