Pindah Haluan Bikin Puyeng

Meneliti keseharian kawan-kawan blogger intermediate memang menyenangkan. Mereka berada pada tahap tumbuh kembang seorang blogger. Kalau tidak mau dikatakan newbie, mereka adalah calon penentu warna blogging di masa depan. Dari blogger murni menuju monetisasi. Dari blog curhat menjadi lebih idealis dan intelek. Atau seperti yang satu ini, dari blogger bertema umum menjadi lebih spesifik tertarget kepada satu niche.

Apakah berat mengubah arah laju blog? Tidak juga. Menurut saya malah semudah menentukan menu makan siang hari ini: mau pecel lele atau nasi campur tinggal tunjuk doang. Kalaupun Anda tidak menguasai topik baru, masih banyak referensi terpercaya tersedia di internet secara gratis. Hal ini bisa dipelajari sedikit demi sedikit. Yang perlu diperhatikan dalam mengubah topik blog justru tiga hal ini: pembaca, mesin pencari dan memasarkan blog.

Pembaca dan Subscriber Merasa Tertipu

Blog yang secara konsisten menyajikan artikel bertopik marketing pasti memiliki penggemar khusus. Mereka rela bolak-balik buka halaman blog untuk mendapatkan informasi terkini tentang marketing. Justru akan lucu kalau tiba-tiba blog tersebut berubah jadi blog komedi yang berisi artikel pengocok perut. Subscriber dengan gampang bisa ‘mencampakkan’ blog Anda dengan sekali klik unsubscribe.

Mengacaukan Indeks Mesin Pencari

Secara berkala, search engine mengutus crawler mendatangi blog Anda. Crawler bertugas untuk mengindeks, menyusun, membuat ranking dan menata halaman dalam bentuk indeks terstruktur agar bisa dicari dalam waktu yang sangat cepat. Obyek dari Crawler adalah isi dari halaman, file, folder, dan direktori web, sedangkan subyek dari robot.txt adalah mesin pencari crawler. Kalau sering diubah, sama halnya dengan isi peribahasa: esok dhele sore tempe. Plin plan.

Pemborosan Waktu dalam Personal Branding Building

Akibat sering menulis artikel tutorial, secara alami di dalam otak pembaca akan terbentuk pengakuan bahwa Anda spesialis tutorial. Ini tentu hal yang bagus karena pengakuan tersebut menancap tanpa pernah kita paksa. Nah, saat mempertaruhkan branding yang sudah terbentuk dengan menjamah topik lain, sama saja dengan melakukan perjudian intelektual. Selain boros di waktu dan pikiran, bahkan bisa jadi tak ubahnya mengejar fatamorgana yang terhampar di gurun pasir. Menipu dan menyesatkan pikiran.

Bagaimana, masih pengen pindah topik blog? Kalau ya, ingat-ingat lagi tiga hal di atas. Kalau masih nekad juga, siap-siap kecewa kalau tersesat di rimba blogosphere. Saya hanya ingin menambahkan, topik blog apapun sebenarnya memiliki peluang sukses yang sama. Baik untuk tujuan sharing ataupun cari duit, selalu ada cara untuk meng-konversi-kan traffic menjadi sumber penghasilan.

Selamat memilih! Kalau puyeng jangan salahkan saya. Resiko ditanggung penumpang. Enjoy blogging, enjoy writing!

51 Replies to “Pindah Haluan Bikin Puyeng”

  1. prikitew langsung ane kena sindir deh hehe.

    betul kata kang darin sebelum terlambat sebaiknya langsung pindah haluan. kalo saya justru tetap mempertahankan yang ada dan malah mulai membenahi yang seharusnya, yaitu membuat lebih fokus.

    Kalo saya ibaratkan seperti membuat kolam yang baru dengan ikan-ikan yang baru. sedangkan kolam yang lama tetap saya pertahankan. sama-sama berternak lele cuma bedanya kolamnya yang mulai diperluas untuk menampung ikan-ikan lebih banyak lagi. loh kok membahas lele :mrgreen:

    Jadi kalo tidak difilter dan dipisahkan ikannya malahan bisa mati karena habitatnya tidak sesuai πŸ™‚

    1. kalau juragan ikan lagi komen yang ginian, saya minggir aja deh. hehehe…

      asal punya waktu dan bisa komitmen pada bidang yang pilih, it’s oke. bahkan ambil banyak topik sekaligus pun nggak masalah asal bisa menjalani.

  2. Kalau saya malah melebarkan sayap mas. Akhir-akhir ini topik bahasan blog saya mulai merambah seputar teknologi informasi dan internet (contohnya mengenai seputar dunia web dan browser). Maklum, studi saya sekarang juga di IT. Tapi topik lama tetep saya pertahankan (seputar blogging, SEO, dan wordpress).

    Masalah pindah haluan niche, ada baiknya ditempatkan pada blog baru saja jika topiknya sangat tidak nyambung dengan topik lama blog kita yang sudah terbentuk. Kecuali kalau topik lama tersebut sudah sangat melekat di benak pengunjung setia.

    1. kalau ada waktu untuk mengurus blog baru sih nggak masalah. tapi sayangnya tidak semua blogger demikian. ngurus satu blog saja kadang masih berlepotan. hehehe.

    1. Itu bukan aturan Gan. Cuma ‘best-practice’ agar lebih sukses ngeblog aja. Tidak ada yang memaksa karena itu bukan sebuah paksaan, melainkan cuma rekomendasi. Jadi, salah besar kalo itu disebut sebagai aturan πŸ˜†

  3. Kalau mau pindah haluan sebaiknya buru-buru mumpung situsnya belum terkenal dan pengunjung belum banyak.

    Malah sebaiknya dari awal blog sudah memiliki konsep.

    1. Setuju Mas Jeprie.

      Kalau sudah terlanjur terkenal atau terlanjur banyak pengunjung, bisa jadi bumerang memang (kalau menambah topik yang sangat tidak nyambung dengan topik yang sudah melekat/terbentuk dengan kuat).

  4. Setuju dengan mas iskandria, mungkin lebih baik ditambah saja topiknya selama masih singkron dengan topik utama,

    kalau tidak terlalu singkron, paling tidak bisa dibuat subdomain yang khusus membahas artikel yang di khususkan πŸ™‚

      1. kalo pakai subdomain harus populerin dari awal lagi dong hehe.. mending di lebarin aja mas seperti kata mas Iskan

      1. fokus yang mana dulu nih?
        Fokus tema blog, hingga saat ini saya masih gado2 so ga fokus tho kayak blog ini
        Fokus nge blog sendiri, masih nyambi2
        itukah yang di maksud?

  5. Wah salut deh, meskipun pusing bisa pindah haluan. semoga menemukan yang terbaik dari yang sudah baik. Slam selalu dari Pekalongan dan maaf baru bisa berkunjung kembmali.

  6. secara umum saya sependapat dengan pendapat Mas Agus,kecuali pada bagian ini :
    “Secara berkala, search engine mengutus crawler mendatangi blog Anda. Crawler bertugas untuk mengindeks, menyusun, membuat ranking dan menata halaman dalam bentuk indeks terstruktur agar bisa dicari dalam waktu yang sangat cepat…dst…”

    karena sampai sat ini belum ada yang bisa dan mampu menunjukkan data pendukung yg valid mengenai hal tersebut,semua hanya berdasar asumsi pribadi dan opini pribadi,dan opini sampai saat ini belum bisa di masukkan dalam kategori data pendukung….dan belum ada yang mengetahui secara pasti bagaimana crawler bekerja…

    1. secara detail saya juga belum tahu pasti bagaimana kerja crawler. tapi berdasarkan pengalaman saya, setiap publikasi artikel baru blog saya mengalami penambahan jumlah indeks Google.

  7. kalau dulu sebelum blog q berganti nama menjadi rizky2009, adalah dengan nama airdewa.blogspot.com, tp seiring berjalannya waktu, aq berfikir kemana arah kedepannya nanti blog aq, awalnya buat bisnis, tp pindah haluan menjadi blog apa saja

  8. waduh bahasanya intelek banget … udah kaya mario teguh..
    (nyubi… cuma banyak-banyakin komen aja ah)

    males bacanya :D~
    ampun gan… lariiiii

  9. Focus dan consistent adalah kunci yang bisa membuat kita bertahan mas, banyak godaan yang datang, tapi bila kita konsisten dan fokus dengan apa yang kita kerjakan, insyaallah semua akan indah pada waktunya, Alhamdulillah saya sdh merasakannya.

      1. Gak ada resep khusus mas, hanya menjadi bodoh saja, karena dg menjadi bodoh kita akan banyak mencari ilmu….hehehehe…Pengen banget mas nulis di sini, tapi minderlah sama Ghost writer jagonya…tapi pasti mas, aku pingin sumbangin ilmu juga.

  10. baca artikel ini seperti flasback gimana blog saya berubah. Dari full motivasi, jadi campuran bisnis juga. Pelan tapi pasti.

    Rasanya selama haluan barunya masih ada hubungan dengan tema yg lama tidak jadi masalah. Cuma yang jangan tiba2 berubah secara frontal. Fans blog kita pasti kaget.

    Pelan-pelan samarkan saja lalu perjelas ke belakangnhya.

  11. lama lama blogging=bisnis beneran ini…
    kudu siap dengan segala konsekuansi yang akan hadir sejalan dengan umur kita ngeblog πŸ˜€

  12. masih belum tertarget haluannya mas,masih labil dalam memilih topiknya,benar juga menunggu topik dari yang telah dietemukan mesinpencari sepertinya lebih nyaman dari apa yang sebelumnya telah kita tulisakn di blog kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *