Reality Show Penghuni Terakhir Dunia Blogging

Posting kali ini terinspirasi oleh acara malam ekstradisi reality show Penghuni Terakhir (Petir) Session 6 yang berlangsung kemarin malam tanggal 24 Juni 2011. Setelah melalui beberapa sekuel awal, baru pada separuh session kali ini saya aktif mengikuti perkembangan acara ini melalui beranda Petir 6. Acaranya lumayan seru dengan aneka konflik yang terjadi diantara 22 peserta yang memperebutkan hadiah sebuah rumah senilai 1 Milyar. Inilah salah satu hiburan favorit saya setelah seharian pantengin laptop.

Sebagai sebuah reality show, tayangan ini adalah perwakilan berbagai karakter para penghuni yang berasal dari sejumlah kota besar di Indonesia. Ada Gezod si rocker alim yang jago sulap dan pintar melawak, Ayu si gadis 22 tahun berkarakter diktator dan secara fisik mirip Anissa Bahar, lalu ada Ican pria feminim yang pintar merancang taktik dan memainkan emosi peserta lain, dan lain-lain. Masing-masing peserta boleh memakai strategi untuk bertahan dan menjadi yang terakhir. Entah dengan jalan koalisi, konfrontasi atau justru menjadi mediasi atau penengah.

Terdapat sejumlah jabatan dalam Penghuni Terakhir, yaitu Boss Rumah Petir, Pemegang Kunci (PK), pemegang imun dan Assisten Rumah Tangga (ART). Masing-masing memiliki peran yang berbeda. Boss berkuasa di rumah penghuni dan berhak melakukan penyelamatan di malam ekstradisi. Seorang PK berkewajiban mengekstradisi (memulangkan) seorang peserta dari bottom three. Pemegang imun mempunyai keistimewaan boleh melempar kuota bottom three yang di dapat kepada peserta lain. Sementara ART bertugas sebagai pembantu rumah tangga dalam rumah Petir.

 

Koalisi dan Konfrontasi Antar Blogger

Begitu pula dalam dunia blogging prakteknya tidak jauh berbeda. Secara alami seorang blogger akan mendekati blogger lain yang memiliki lebih banyak komunitas, lebih besar pengaruh dan lebih baik personal branding. Cara yang dipakai pun berbeda-beda. Mulai dari kerjasama saling menguntungkan berupa Joint Venture (JV), sampai dengan memakai cara-cara tidak terpuji yang merugikan pihak lain. Misalnya menyebarkan black campaigne, fitnah, intimidasi, maupun teror secara mental untuk membatasi ruang gerak bagi blogger lain untuk maju dan berkembang.

Bagi yang rajin memantau tayangan malam ekstradisi Petir 6, tentu Anda belum lupa koalisi dua sejoli Ayu pemegang jabatan boss dan Shandy pemegang kunci bersatu padu menyingkirkan Hendra pada malam ekstradisi 17 Juni 2011 lalu. Padahal kita tahu Hendra adalah salah satu kandidat kuat. Seperti itulah yang terjadi jika dua orang blogger memiliki kesamaan visi dan misi. Mereka akan kukuh memperjuangkan apa yang menjadi tujuan bersama.

Persahabatan juga bisa timbul dalam pergaulan antar blogging. Meski memiliki beragam latar belakang dan sebagian besar tanpa pernah bertatap muka, interaksi antar blogger bisa terjalin dengan dengan didasarkan pada kesamaan interest. Bentuknya bisa berupa saling berbagi info perkembangan terkini, bercanda di timeline jejaring sosial, sampai dengan dilanjutkan dalam pertemuan offline berupa acara kopdar blogger.

 

Reality Show Penghuni Terakhir Dunia Blogging

Menyikapi Hubungan Sesaat Dalam Blogging

Kalau kita perhatikan tayangan Penghuni Terakhir, setiap peserta memiliki cerita yang unik dalam hubungan dengan peserta lain. Misalnya persahabatan Hendra dan Gezod yang mengalami pasang surut. Lalu kisah cinta segiempat Shandy-Ayu-Kiki-Venny yang menuai banyak konflik berkepanjangan. Minggu ini mereka berteman, belum tentu minggu depan masih jalan bersama. Minggu kemarin mereka berantem, bisa jadi detik ini sedang makam bersama. That’s normally happened.

Blogging pun bernasib setali tiga uang. Sudah berulang kali saya mendapatkan kawan blogging yang numpang mampir blogging lalu kabur tak kembali. Ada yang bertahan rajin ngeblog selama berbulan-bulan sambil membangun kemungkinan maju. Ada juga yang stop ngeblog dalam hitungan minggu karena ternyata salah pilih cara menghasilkan uang. Lalu ada juga yang mendapatkan amnesti untuk balik ngeblog setelah beberapa waktu break. Ini adalah pilihan bebas setiap pengguna internet untuk memaknai kebebasan berekspresi mereka di internet.

Saya bukannya pesimis dengan efektifitas komunikasi dalam internet untuk membentuk hubungan yang mampu saling memberi manfaat. Namun menyikapi hal ini secara serius bukanlah hal baik karena kita tidak bisa mengukur dalamnya komunikasi internet layaknya kita bisa membaca bahasa tubuh dalam komunikasi tatap muka. Pernah dengar cerita penipuan Anastasia Oktaviany yang seorang laki-laki menyamar menjadi perempuan? Nah, itu dia salah satu korban cybercrime 🙂

 

Reality Show Penghuni Terakhir Dunia Blogging

Dijalani Pakai Emosi atau Pakai Logika?

Malam ekstradisi Petir tanggal 24 Juni 2011, tayangan berakhir lewat dini hari 25 Juni, menghasilkan keputusan yang diluar dugaan. Gezod memang lebih mementingkan urusan emosional dengan menyelamatkan Putri, tapi Ayu sebagai PK lebih fokus ke tujuan 1 Milyar dengan menyelamatkan Ican. Jadi, hasil malam ekstradisi penghuni terakhir tanggal 24 Juni adalah Shandy harus pulang dan mengubur impian menjadi pemenang. Parahnya, Shnady harus tersungkur di babak 6 besar di tangan kekasihnya sendiri.

Dalam blogging dan bisnis online, seringkali keputusan terbaik dihasilkan dengan tanpa melibatkan emosional, perasaan suka atau tidak suka, maupun berbagi sentimen pribadi lain terhadap individu atau komunitas tertentu. Memang masih ada sebagian internet marketer yang terbukti sukses memainkan feeling dalam mengambil keputusan besar, namun pertimbangan rasional didasarkan fakta dan riset jauh lebih meyakinkan dan bisa dipelajari secara sistematis.

Dunia blogging memang tidak memiliki seorang pemegang kunci yang melakukan tugas ekstradisi, karena sebenarnya ekstradisi itu dilakukan oleh blogger itu sendiri yang salah satunya ditandai dengan habisnya motivasi diri dalam ngeblog. Yang berlaku sebagai dewan juri sekaligus wasit pertandingan adalah mesin pencari (search engine) yang menentukan peringkat sebuah website di halaman hasil pencarian. Dan uniknya, blogging tidak mengenal kata akhir. Setiap hari kehidupan manusia melahirkan berbagai masalah baru, dan ini berarti menciptakan niche baru yang siap diolah menjadi satu bidang keahlian tersendiri.

Setiap orang bisa menjadi juara dalam blogging. Dan yang menentukan kelayakan juara adalah Anda sendiri, sang blogger pemegang kunci sukses masa depan. Tetap semangat!

Enjoy Blogging, Enjoy Writing!

36 Replies to “Reality Show Penghuni Terakhir Dunia Blogging”

  1. well, aku sih sedapat mungkin setiap setiap saat dgn cara bloggingku. Meskipun tak perlu menjadi juara 😀

    EM

  2. Agak serem juga kalo ada blogger join hanya untuk menyingkirkan blogger lain, wuiih ngeri. Tapi itulah realitanya contohnya yang terjadi sekarang ini ketika semua berlomba untuk mendapatkan pekerjaan yang menghasilkan doku yang ajib hanya sekali posting, namun dia belum mendapatkan bahkan mungkin susah dapatkan, banyak cara yang dilakukan bahkan dengan black campaign.
    Yuuk pupuk tali persaudaraan

    1. Yang saya tahu kalau ada blogger tersungkur dan tersingkir itu bukan karena blogger lain yang melakukan. Tapi dia sendirilah yang mengambil keputusan untuk istirahat barang sebentar atau mungkin berhenti sama sekali dari dunia blogging. Sementara pada waktu yang sama blogger lain sudah jauh meninggalkan.

  3. sepert halnyadi kehidupan nyata.
    ada orang baik, ada orang jahat.
    ada orang yang niatnya baik ada juga yang memang bertujuan menjatuhkan orang lain.
    .
    hadapi saja semuanya ,,, disitulah kemampuan kita sedang di uji
    justru disitulah tantangannya, bukankah hidup tanpa tantangan adalah hidup yang tak berseni

  4. Waduh!!
    saya gak suka nonton mas, apalagi penghuni terakhir!
    Belakangan kalau tidak salah peserta pria-nya banyak yang (maaf) agak *banci.
    Lebay banget nonton acara begituan.. hemm.. 🙂

  5. karena tekanan juga bisa mas agus, seperti kasus email berantai yang curhat soal keluhan pelayanan rumah sakit, jadi motivasi saja saya rasa kurang bisa jadi persoalan walaupun hampir 80% blog mati karena kurangnya motivasi dan kendala kesibukan di dunia offline yang tidak dapat dihindari. Jadi memilih untuk mengakhiri blogging dan itu sering terjadi. semoga yang lain tetap dapat konsisten.

    1. Benar mas. Sebagian besar blogger berhenti ngeblog karena gagal menemukan sisi asyik blogging, baik untuk tujuan berbagi maupun mencari pendapatan di internet.

  6. paling paling kalo masih sayang ama domainnnya jadi mati suri
    blognya gak keuurus, tp kalo sempat diurus,
    kalo g sempat y dibiarin aja..

    atau buat cadangang domainnya, siapa tau jadi orang sukses dan terkenal,
    domainnya udh dimiliki…:D

  7. blogging terus…. update terus… blogwalking terus… nunggu duit 1 miliar nya, tanpa nyingkirin blogger lainnya…

  8. Dulu blogging karena ada maunya. .
    sekarang memang karena hobi ngeblog dan kebiasaan yang suka baca..
    Kalau ketemu blog yang bagus ga asal tulis,jadi semangat. .
    menerutku bagi pemula blogger bisa dibiasakan dahulu ,lama2 akan cinta dengan ngeblog . : D

  9. Sebelumnya maaf ini salah satu acara yang saya jauhi,,,
    karena acara ini terlalu banyak mengumbar kebencian dan pertengkaran…

    Kompetisi yang sehat membuat kita tambah kuat dan akan lebih kuat jika kita bisa bekerja sama dengan blogger lain…
    kalo saya apapun yang terjadi “stop dreaming start blogging”, dari pada mikirin yang serem-serem seperti kata @mas-tony.

  10. Thank you for sharing superb informations. Your website is very cool. I am impressed by the details that you’ve on this blog. It reveals how nicely you perceive this subject. Bookmarked this website page, will come back for more articles. You, my friend, ROCK! I found just the info I already searched everywhere and just couldn’t come across. What a perfect web-site.

  11. Simply want to say your article is as astounding. The clarity in your publish is simply nice and i can suppose you are an expert on this subject. Fine with your permission let me to grab your feed to keep updated with imminent post. Thank you a million and please carry on the rewarding work.

  12. Good post. I study something more difficult on totally different blogs everyday. It would always be stimulating to learn content material from other writers and practice just a little something from their store. I’d favor to use some with the content on my blog whether you don’t mind. Natually I’ll offer you a hyperlink on your web blog. Thanks for sharing.

  13. Artikel yg bagus tentang hosting & toko online ini sangat bermanfaat.

    Keren sekali & bermanfaat banget. Tiap orang yang
    pakai ataupun lagi cari service
    murah di Indonesia dan olshop harus baca ulasan ini. Monggo kunjungi juga situs saya ya bro, ada ulasan bagus yang bisa
    jadi berguna bagi siapa aja pengguna jasa hosting. Wass.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *