Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD RI

Apa yang akan saya lakukan seandainya saya menjadi anggota DPD RI? Pertanyaan ini mungkin terkesan bercanda dan sambil lalu. Namun sejujurnya banyak hal yang terlintas dalam pikiran saya seandainya saya terpilih menjadi Anggota Dewan Perwakilan Daerah. Hal ini tak lain karena tugas anggota DPD tidaklah mudah. Bersama dengan lembaga tinggi negara lainnya, DPD bertugas mengembangkan dan menyejahterakan masyarakat Indonesia.

Tantangan yang akan saya hadapi seandainya saya menjadi Anggota DPD RI dalam mewujudkan masyarakat Indonesia sejahtera sangatlah kompleks. Tantangan itu datangnya dari dalam dan luar negeri. Masyarakat pun terlanjur memberi cap negatif kepada setiap wakil rakyat yang berkantor di Senayan. Oleh karena itu dibutuhkan usaha ekstra agar rakyat mendukung dan ikut terlibat dalam program kerja Pemerintah.

Terdapat beberapa bidang yang perlu diperhatikan seandainya saya menjadi Anggota DPD RI. Beberapa diantaranya adalah:

1. Perluasan lapangan kerja bisnis kreatif.

Dalam pandangan saya, lapangan kerja bisnis kreatif adalah semua pekerjaan yang membutuhkan kreatifitas dan inovasi agar bisa menghasilkan barang atau jasa yang mampu bersaing di pasar. Salah satu lapangan kerja kreatif yang saya sarankan adalah bisnis online. Teknologi informasi telah berkembang dan menyebar dengan cepat di Indonesia. Generasi muda kita pun mampu menyerap kemajuan ini dengan baik.

Seandainya saya menjadi Anggota DPD RI, iklim yang kondusif ini akan menjadi daya ungkit bagi anak-anak muda untuk memperoleh pekerjaan dan terlepas dari ketergantungan terhadap sektor pabrik seperti yang selama ini mereka jalani. Selain menghasilkan pendapatan, perluasan lapangan kerja ini diharapkan akan menyediakan ruang berekspresi bagi anak muda dan menurunkan angka kriminalitas di kota-kota besar.

2. Pembatasan perijinan pembangunan mall atau plaza.

Seandainya saya menjadi Anggota DPD RI, saya akan menekan setiap Pemerintah Daerah untuk melakukan pembatasan perijinan pembangunan mall, plaza maupun jenis pusat perbelanjaan lainnya. Dampak ekonomi menjamurnya plaza adalah tergerusnya daya saing pasar tradisional akibat masuknya barang impor dengan beragam model dan harga yang lebih murah.

Sebagai timbal baliknya, saya akan menyerukan perluasan ruang terbuka hijau di kota-kota besar untuk mengimbangi efek polusi udara yang makin mengkhawatirkan. Ruang terbuka hijau dapat dijadikan sebagai paru-paru kota, tempat bermain bagi anak-anak dan keluarga sekaligus tempat alternatif belajar di luar ruangan.

3. Melarang pengiriman TKI/TKW ke luar negeri.

Seandainya saya menjadi Anggota DPD RI, saya akan melarang pengiriman TKI/TKW ke luar negeri. Sebagai tindak lanjutnya, para anggota DPR, DPRD dan DPD di seluruh Indonesia harus menggunakan tenaga dan jasa mereka dengan standard gaji di luar negeri. Saya yakin anggota dewan akan mampu menggaji 2-5 orang mantan TKW yang mereka pekerjakan.

4. Memberikan pinjaman dana pendidikan sampai jenjang universitas.

Langkah selanjutnya yang akan saya lakukan seandainya saya menjadi Anggota DPD RI adalah mencontoh negara Australia yang memberikan pinjaman dana pendidikan kepada murid SLTP dan SMU untuk melanjutkan sekolah sampai ke tingkat universitas. Dana tersebut akan dikembalikan dengan cara mengangsur nanti jika murid tersebut telah bekerja.

Saya masih punya banyak ide lain seandainya saya menjadi Anggota DPD RI. Namun empat hal tersebut menjadi perhatian utama saya dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang makmur dan sejahtera. Bagaimana dengan Anda, apakah yang akan Anda lakukan seandainya Anda menjadi Anggota DPD RI? Silakan berbagi di kolom komentar.

312 thoughts on “Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD RI

  1. Kalau saya mungkin malah tidak bisa jika sendiri menjadi anggota DPR, bakalan kalah suara sama yang lainnya. Kecuali semuanya memang mau bersuara sama untuk rakyat :(.

  2. nomor 1: susah mas, karena karakter orang Indonesia pengen nya duduk diam dapat duit, kerja dikit hasil banyak.
    nomor 2: ini kan ladang uang anggota dewan, kalo anda menentang, anda bisa disantet / ditembak / anak diculik / dijebak kasus narkotika dll sm mafia Indonesia
    nomor 3: percuma dilarang, dari tahun jebot, banyak kok TKI ilegal yang pergi, tanya kenapa?
    nomor 4: pinjaman? duit siapa yang mau dipinjamkan? wong untuk dana kampanye aja anggota dewan malah ngutang sono sini

  3. nanggung bos cita2nya,DPD hanyalah anak pupuk bawang dalam sistem perpolitikan Indonesia,hanya sebagai pelengkap penderita,dan terkesan makan gaji buta saja,karena sampai sekarang hampir tak pernah terdengar konstribusi anggota DPD terhadap dapil-nya…
    kenapa tidak sekalian menjadi anggota DPR? anggota DPD hanyalah kumpulan para pensiunan yang kurang kerjaan dan kupulan orang yang mengalami penyakit post power sindrome…
    berapa kali usulan DPD di ganjal oleh DPR,berapa drat UU dari DPD yang di mentahkan oleh DPR? sudah tak terhitung,untuk saat ini,penguasa negara ini hanyalah DPR yang notabene anggotanya hanyalah kumpulan koruptor…

    tapi setidaknya antara DPD dan DPR mempunyai satu kesamaan,sama-sama besar konstribusinya terhadap rakyat,tapi bukan kerjanya….konstribusi terbesar anggota DPD dan DPR terhadap konstituennya selama ini hanyalah spanduk dan baliho yang bikin kotor kota dan bikin sepet mata…

    1. Saya sependapat bahwa kontribusi DPD pada kepentingan publik memang masih kecil. Hampir pelaku hiruk pikuk
      politik, korupsi dan semacamnya adalah anggota DPR. Jarang terdengar anggota DPD bersuara lantang atau memberikan
      usul yang sesuatu banget. Tadinya saya menduga itu karena kualitas anggota DPD yang berada di bawah kualitas anggota DPR. Namun setelah terlibat dalam kontes ‘Seandainya Aku Anggota DPD RI’ aku bisa mengerti , persoalan utamanya masalah kualitas, melainkan memang peran anggota DPD masih seperti Utusan Daerah Jaman Orde Baru dulu. Masih dikerdilkan. DPD tidak berhak mengambil keputusan terkait dengan pengesahan RUU, hanya diperkenankan memberikan usulan dan pertimbangan saja. Namanya saja keren ‘anggota dewan perwakilan’, tapi hakikatnya tidak memiliki daya untuk mewakili orang daerah.

      Sukses kontesnya Gan..!

  4. Memang bener mas, saya sangat setuju sekali dengan keempat point diatas,, Negeri ini banyak sekali orang pinter dan kreatif, namun kenapa luar negeri yang lebih memperhatikan mereka.. Ini PR untuk DPD RI

    1. Bro apa yang di sampaikan diatas tidak bisa dilaksanakan oleh DPR… DPR tidak bisa membuat sesuatu tanpa ada usulan terlebih dahulu dari pihak eksekutif. Jadi kita harus mengetahui terlebih dahulu tupoksi dari setiap instansi..
      DPR hanya bersifat mengawasi tugas pemerintah

  5. Maaf bro, tapi itu sepertinya bukanlah menjadi tupoksi dari angggota DPR. Legislatif tidak berhak mengesahkan sesuatu tanpa usulan dari terlebih dahulu dari pihak eksekutif… Semua kebijakan yang bro katakan diatas hanya bisa dikeluarkan oleh pihak Eksekutif, birokrat tinggal meninjau apa yang diusulkan oleh pihak legislatif…
    Hal seperti ini sering didengungkan ketika para anggota DPR ketika pencalonan. Padahal sebenarnya anggta DPR hanya bisa sebatas memperjuangkan bukan membuat/menetapkan sesuatu tanpa ada usulan dari pihak eksekutif… so Birokrat is the best :-)

  6. Wah, mestinya pemberantasan korupsi juga diutamakan. Bangsa ini bobrok lantaran korupsi sdh menggurita. Birokrasi ditutupi sarang laba-laba (WS Rendra). Dan itu tak boleh dibiarkan terus. Nanti seluruh anak bangsa ikut menderita karenanya. :D

    Salam

  7. Ide dan konsepmu sangat bagus sobat kalau ada waktu mampir ke blog saya ya sobat ada sebuah tulisan tentang Andai Aku Jadi Anggota DPD RI hehe.

    Salam kenal dan semoga menang ya kontesnya.

  8. wuiiiih berat juga, yang penting jangan sampe tumpang tindih tugas dan wewenang dpd-dpr saja. padahal urusan teknis di atas lebih pada tugas dpr-dprd di daerah2. dan tugas dpd semacam pendampingan dan pengawasan saja. tidak lebih.

  9. Ini yang harus diingat dan dipraktekkan oleh seorang pemimpin. Bangsa ini bobrok lantaran korupsi sdh menggurita. Tadinya saya menduga itu karena kualitas anggota DPD yang berada di bawah kualitas anggota DPR. Lumayan dapat ipon 4s.

  10. Keren juga tuh gan tulisannya…. Ane juga ikutan.. Moga2 menang lomba yah!! Dan indspirasi yang agan sampaikan lewat Seandainya Saya menjadi Anggota DPD RI ini bisa jadi renungan buat anggota DPD RI.

  11. I just want to tell you that I’m very new to blogging and site-building and actually enjoyed your web-site. Probably I’m going to bookmark your website . You certainly come with fantastic posts. Regards for revealing your web page.

  12. Selamat tahun baru. Semoga tahun 2012 ini bisa menjadi awal perubahan anggota DPD bisa lebih baik membangun bangsa.

  13. Pembangunan bangsa adalah tanggungjawab kita semua, bukan hanya anggota DPD. Oleh karena itu kerjasama harus terus dilakukan oleh setiap pihak.

  14. kesehatan masyarakat adalah hal harus kita pentingkan dalam pembangunan. meski saat ini sudah ada kartu miskin dan berobat gratis, namun belum banyak yang pakai karena birokrasi yang rumit.

  15. jika saya menjadi anggota DPD, saya tidak akan menjadi anak bawang dalam Pemerintahan RI. saya akan memberikan pikiran terbaik untuk bangsa.

  16. Jika saya menjadi anggota DPD maka akan memperbaik perubahan terhadap cara pengukuran hak bekerja pelajar akan memberi pelajar dan
    perusahaan tempatnya bekerja fleksibilitas sehubungan dengan pengaturan kerja. Secara spesifik, pemerintah berencana untuk mengubah pembatasan kerja dari 20 jam per minggu menjadi 40 jam per dua minggu.

  17. Pemerintah berencana untuk menghapus ketentuan pembatalan otomatis dan pembatalan wajib terhadap visa pelajar. Proses yang baru ini akan memungkinkan pengambil keputusan di DIAC untuk melihat semua kondisi yang relevan saat mempertimbangkan apakah sebuah visa pelajar harus dibatalkan, sehingga memberi hasil keputusan yang lebih adil bagi klien. Hal inilah yang harus diperbaiki jika saya menjadi anggota DPD.

  18. Jika saya menjadi anggota DPD maka pemrosesan visa akan lebih ramping dan pengurangan persyaratan keuangan untuk beberapa pemegang visa tertentu akan mengurangi waktu pemrosesan visa. Pemerintah akan mengambil langkah-langkah untuk semakin menyederhanakan proses aplikasi visa pelajar dan pemrosesan visa pelajar dengan cara:

    1. mengizinkan biaya homestay yang telah dibayar untuk dimasukkan ke dalam penilaian
    persyaratan keuangan bagi visa pelajar
    2. menghentikan kebijakan Penilaian Pra Visa (PVA/Pre-Visa Assessment) DIAC yang
    mewajibkan penyedia pendidikan untuk mendapatkan surat PVA dari DIAC sebelum
    mereka dapat menerbitkan konfirmasi pendaftaran bagi pelajar dengan Tingkat
    Penilaian 3 dan Tingkat Penilaian 4 dari luar Australia
    3. memberikan visa pelajar sampai empat bulan sebelum permulaan studi
    4. secara berkala memperbarui komponen biaya hidup dalam persyaratan keuangan visa
    pelajar.

  19. Seandainya saya menjadi anggota DPD maka sejumlah perubahan direncanakan untuk diterapkan sebelum akhir 2011. Ini mencakup:
    ? kriteria masuk sementara yang sah mengenai penghapusan persyaratan tes bahasa Inggris bagi pemohon visa pelajar tunggal untuk, ELICOS dengan Tingkat Penilaian 4 ke atas, pembentukan dan rapat perdana EVCC, pengurangan persyaratan keuangan bagi pemohon visa pelajar di Tingkat Penilaian 3 dan Tingkat Penilaian 4.

  20. Seandainya saya menjadi anggota DPD maka sejumlah perubahan direncanakan untuk diterapkan sebelum akhir 2011. Ini mencakup kriteria masuk sementara yang sah mengenai penghapusan persyaratan tes bahasa Inggris bagi pemohon visa pelajar tunggal untuk, ELICOS dengan Tingkat Penilaian 4 ke atas, pembentukan dan rapat perdana EVCC, pengurangan persyaratan keuangan bagi pemohon visa pelajar di Tingkat Penilaian 3 dan Tingkat Penilaian 4. Good luck untuk Indonesia.

  21. Seandainya saya menjadi anggota DPD maka saya menekan Pemerintah berencana untuk memperkenalkan kriteria masuk sementara yang baru bagi semua aplikasi visa pelajar yang sah, yang akan memungkinkan DIAC untuk menilai risiko imigrasi dengan lebih baik tanpa menambahkan persyaratan pada aplikasi visa atau persyaratan dokumen. Kriteria ini secara eksplisit akan mengungkap, apakah keadaan seorang pemohon menunjukkan bahwa tujuan utama mereka saat tinggal sementara di Australia adalah untuk studi dan kemudian pulang ke negara asal.

  22. Seandainya saya menjadi anggota DPD maka akan meningkatkan pendidikan internasional. Pendidikan internasional merupakan salah satu sektor ekspor terbesar Australia, menghasilkan pendapatan 16,4 miliar dolar Australia pada tahun 2010-11. Para pelajar internasional ini membayar biaya kepada lembaga pendidikan Australia dan mengeluarkan dana untuk akomodasi dan biaya hidup lainnya. Semua aktivitas ini menghasilkan lebih banyak pekerjaan bagi warga Australia.

  23. Jika saya menjadi anggota DPD RI maka saya membangun sektor pendidikan. Sektor pendidikan internasional juga turut berkontribusi terhadap hubungan internasional Indonesia. Ini ditunjukkan bukan hanya melalui visa khusus bagi siswa AusAID dan Defence, namun juga melalui hubungan yang erat terhadap pelajar yang telah pulang ke tanah air masing-masing dengan membawa pendidikan Australia dan pengalaman akan kehidupan Indonesia. Hubungan baik ini akan mengarah ke pemahaman yang lebih baik terhadap Indonesia di dunia internasional, dan dapat mengembangkan koneksi jangka panjang bagi para individu, kalangan bisnis, maupun masyarakat.

  24. Seandainya saya menjadi anggota DPD RI maka pembangunan sekolah perlu diutamakan. . Dalam dunia yang semakin global ini, pendidikan sangat dicari dan dihargai tinggi. Terdapat permintaan akan pengalaman pendidikan yang berkualitas di negara-negara yang berbahasa Inggris dari para siswa potensial yang berusaha meningkatkan kemampuan bahasa mereka dan mendapatkan suatu kualifikasi yang dapat membantu mereka mengembangkan karir.

  25. Bila saya menjadi anggota DPD RI maka saya akan mengembangkan banyak penelitian perpustakaan. Penelitian Perpustakaan (Library Research) yaitu bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan-bantuan material yang terdapat di ruangan perpustakaan. Seperti : buku-buku, majalah, dokumen, catatan, dan kisah-kisah sejarah dan lain-lain. Pada hakekatnya data yang
    diperoleh dengan penelitian perpustakaan ini dapat dijadikan landasan dasar dan alat utama bagi pelaksanaan penelitian lapangan.

  26. Hal penting yang harus dilakukan jika saya menjadi anggota DPD RI adalah mengembangkan budaya menulis. . Penulis juga dituntut untuk memilih sumber informasi yang relevan, yang berkaitan langsung dengan pokok masalahnya. Penulis hendaknya juga berusaha menemukan sumber primer yang biasanya lebih lengkap, saksama, dan mendetail karena ditulis oleh pelaku atau penulisnya.

  27. Seandainya saya menjadi anggota DPD RI maka perlu lebih banyak penelitian lapangan. Penelitian Lapangan (Field Research) dilakukan dalam kehidupan yang sebenarnya, misalnya penelitian tentang kehidupan para pengemudi becak, harga barang di pasar, masalah kenakalan remaja, dan sebagainya.

  28. Jika saya menjadi anggota DPD RI saya akan menemukan secara spesifik dan realis tentang kehidupan masyarakat. Penelitian lapangan ini bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah praktis dalam masyarakat

  29. Bila aku menjadi anggota DPD aku akan membangun sarana dan prasarana, dan struktur organisasi, data tentang jumlah guru, data tentang jumlah karyawan, data tentang jumlah siswa di Indonesia.

    Kalau boleh berandai-andai, bila aku menjadi anggota DPD RI maka aku akan melakukan observasi. Tujuan Observasi adalah :
    a. Observasi dilakukan untuk memperoleh informasi tentang kelakuan
    manusia seperti dalam kenyataan
    b. Dengan observasi dapat kita peroleh gambaran yang lebih jelas etnatng
    kehidupan sosial
    c. Observasi juga dilakukan bila belum banyak keterangan dimiliki tentang
    masalah yang kita selidiki.

  30. Bila saya menjadi anggota DPD RI saya akan banyak melakukan interaksi dengan masyarakat miskin. Wawancara memerlukan keterampilan untuk mengajukan pertanyaan, kemampuan untuk menangkap buah pikiran dan perasaan orang serta merumuskan pertanyaan baru dengan cepat untuk memperoleh keterangan yang diperlukan.

  31. Jika aku menjadi anggota DPD RI aku akan bikin angket untuk meminta apirasi kepada rakyat. Angket atau quesionaire adalah daftar pertanyaan yang didstribusikan melalui pos untuk diisi dan dikembalikan atau dapat juga dijawab dibawah pengawasan peneliti.

  32. Saya setuju dengan ide menyebarkan angket. Angket dapat dibagi menurut sifat jawaban yang diinginkan, yaitu :

    a. Angket Tertutup, terdiri atas pertanyaan atau pernyataan dengan sejumlah jawaban tertentu sebagai pilihan. Responden mencek jawaban yang paling sesuai dengan pendiriannya.
    b. Angket Terbuka, angket terbuka ini memberikan kesempatan penuh memberi jawaban menurut apa yang dirasa perlu oleh responden. Peneliti hanya memberikan sejumlah pertanyaan berkenan dengan masalah penelitian dan meminta responden menguraikan pendapat atau pendiriannya dengan panjang lebar bila diinginkan.
    c. Kombinasi kedua macam itu dan cara menyampaikan atau administrasi angket itu, banyak angket yang menggunakan kedua macam angket ini sekaligus. Disamping angket yang tertutup yang mempunyai sejumlah jawaban ditambah alternatif terbuka yang memberi kesempatan kepada responden memberi jawaban disamping atau di luar jawaban yang tersedia.

  33. Bila saya menjadi anggota DPD RI maka saya akan mendukung Penetapan Kawasan Agropolitan di Kabupaten dengan Keputusan Bupati yang merupakan pijakan yuridis Pengembangan Kawasan Agropolitan pada Satuan Kawasan Pengembangan Pertanian tiap Kabupaten. Sedangkan Rencana Induk Pengembangan Kawasan Agropolitan pada SKPP merupakan guidance bagaimana ketentuan yuridis tersebut diimplementasikan oleh instansi Pemerintah/Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa, pengusaha/investor, Kelompok Tani, dunia perbankan dan tokoh masyarakat yang ada di kawasan tersebut.

  34. Jika saya menjadi anggota DPD RI saya akan mendukung pembangunan pertanian sebagai Implementasi dari kebijakan Pemerintah bidang pangan. Dalam Rencana Induk ini dimuat potensi dan prospek kawasan agropolitan, rencana pengembangan kawasan agropolitan, indikasi program serta pengendalian, yang dalam penyusunannya betul-betul memperhatikan sumberdaya yang tersedia, ketentuan peraturan perundang-undangan dan aspirasi masyarakat di Kawasan tersebut.

  35. Bila saya menjadi anggota DPD RI maka saya akan mengurangi perbedaan masyarakat desa dan kota dengan membangun kawasan agropolis. Kesenjangan antara kawasan perkotaan dan perdesaan serta kemiskinan di perdesaan telah mendorong upaya-upaya percepatan pembangunan di kawasan perdesaan. Meskipun demikian, pendekatan pengembangan kawasan perdesaan seringkali dipisahkan dari kawasan perkotaan. Pengembangan kawasan agropolitan dapat dijadikan alternatif solusi dalam pengembangan kawasan perdesaan tanpa melupakan peran kawasan perkotaan. Agropolitan adalah suatu konsep pembangunan berdasarkan aspirasi masyarakat bawah yang tujuannya tidak hanya meningkatkan pertumbuhan ekonomi, tetapi juga mengembangkan segala aspek kehidupan sosial (pendidikan, kesehatan, seni budaya, politik, pertahanan keamanan, kehidupan beragama, kepemudaan dan pemberdayaan perempuan).

  36. Saya setuju pembangunan agropolis seperti tersebut di atas karena Agropolitan merupakan bentuk pembangunan yang memadukan pembangunan pertanian (sektor basis di perdesaan) dengan sektor industri yang selama ini secara terpusat dikembangkan di wilayah perkotaan saja.

  37. Beberapa komentar di atas sangat menarik. Saya mau menambahkan bahwa Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten di Indonesia yang merupakan dokumen perencanaan makro, salah satu misi yang akan dicapai adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berbasis pada sektor pertanian dan produk unggulan daerah melalui strategi mewujudkan struktur perekonomian yang kokoh berbasis pertanian sebagai penggerak utama dan didukung keunggulan sektor pendukung.

    Upaya mewujudkan struktur perekonomian yang kokoh berbasis pertanian sebagai penggerak utama yang didukung keunggulan sektor pendukung ditempuh dengan cara:
    (1) Membangun keterkaitan sistem produksi, distribusi dan pelayan publik;
    (2) Pengembangan potensi wilayah, baik pada daerah sekitar hutan, persawahan, perikanan, dan daerah-daerah sekitar kawasan industri dengan mengembangkan produk unggulan yang spesifik dan kompetitif serta mempunyai dampak langsung terhadap percepatan pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja.
    (3) Meningkatkan nilai tambah dan produktivitas melalui pengembangan industri yang memiliki
    daya saing global serta mampu memberikan layanan yang berkualitas;
    (4) Membangun inkubator agribisnis dan agroindustri dan mengembangkan kawasan pusat-pusat pengembangan terpadu.

  38. Seandainya saya menjadi anggota DPD RI adalah saya akan membangun struktur perekonomian yang kokoh dengan basis keunggulan kompetitif di bidang agribisnis dengan tujuan mewujudkan kawasan strategis cepat tumbuh berbasis agribisnis denggan sasaran terwujudnya klaster-klaster agribisnis di kabupaten di seluruh Indonesia.

  39. Bila saya menjadi anggota DPD RI saya akan menggalakkan pembangunan teknologi. Input yang merupakan perangkat untuk masuk dalam kegiatan proses antara lain terdiri dari teknologi (baik soft-ware = metodologi; maupun hard-ware = peralatan) dan kebijakan Pemerintah. Terkait dengan kondisi eksisting kawasan perencanaan yang menjadi bahan dasar, maka input pertama yang harus diperhatikan dan menjadi masukan dalam turut membentuk karakteristik pengembangan kawasan perencanaan adalah kebijakan pembangunan dan pengembangan wilayahnya, yaitu: RPJMD, RPJPD dan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten.

  40. Seandainya saya menjadi anggota DPD RI saya akan membangun industri ramah lingkungan. Prinsip dasar pendekatan ini menekankan pada pembangunan yang berbasis pada sektor pertanian melalui program-program pengembangan yang ramah lingkungan. Prinsip pendekatan ini perlu diterapkan mulai dari tahap perencanaan sampai pada tahap pelaksanaan. Pendekatan ini diharapkan akan membawa kawasan tersebut berkembang menjadi kawasan pertanian dengan pertumbuhan dan perkembangan yang pesat dengan tetap menjaga keseimbangan dan kelestarian lingkungan.

  41. Seandainya saya menjadi anggota DPD RI saya akan membangun:
    1. Pengaturan lokasi permukiman penduduk;
    2. Lokasi kegiatan produksi dan industri kecil menengah hingga besar;
    3. Lokasi pusat pelayanan masyarakat; dan
    4. Penempatan jaringan prasarana dan sarana penunjang pembangunan nasional.

  42. Seandainya saya menjadi anggota DPD RI saya akan mengembangkan kawasan agropolitan di seluruh wilayah NKRI. Kawasan agropolitan merupakan embrio kawasan perkotaan yang berorientasi pada pengembangan kegiatan pertanian, kegiatan penunjang pertanian, dan kegiatan pengolahan produk pertanian. Pengembangan kawasan agropolitan merupakan pendekatan dalam pengembangan kawasan perdesaan. Pendekatan ini dapat diterapkan pula untuk, antara lain, pengembangan kegiatan yang berbasis kelautan, kehutanan, dan pertambangan.

  43. Saya setuju sekali dengan ide pembangunan bidang pertanian di kawasan agropolis karena kegiatan sebagian besar masyarakat Indonesia berada di kawasan tersebut didominasi oleh kegiatan pertanian atau agribisnis, termasuk di dalamnya usaha industri (pengolahan) pertanian, perdagangan hasil-hasil pertanian (termasuk perdagangan untuk kegiatan ekspor), perdagangan agribisnis hulu (sarana pertanian dan permodalan), agrowisata dan jasa pelayanan.

  44. Seandainya saya menjadi anggota DPD RI saya akan lebih banyak mendekatkan diri kepada masyarakat. Pendekatan ini digunakan dengan pemahaman bahwa masyarakat setempat adalah masyarakat yang paling tahu kondisi di wilayahnya. Dan setiap kegiatan pembangunan harus memperhitungkan nilai-nilai sosial budaya pembangunan. Oleh karena itu langkah perencanaan tata ruang harus mencerminkan masyarakat lokal ikut terlibat dalam proses perencanaan dan pengambilan keputusan.

  45. Seandainya saya menjadi anggota DPD RI saya akan menitikberatkan pada pembangunan sektor ekonomi. Pembangunan pondasi ekonomi mikro (lokal) agar terwujud lingkungan usaha yang kondusif, melalui penyediaan berbagai infrastruktur dan peningkatan kapasitas kolektif (teknologi, mutu, peningkatan kemampuan tenaga kerja dan infrastruktur fisik) serta penguatan kelembagaan ekonomi. Lingkungan usaha yang kondusif ini dapat menjamin bahwa peningkatan interaksi, produktivitas dan inovasi yang terjadi melalui persaingan sehat, dapat secara nyata meningkatkan daya saing perekonomian secara berkelanjutan.

  46. Seandainya saya menjadi anggota DPD RI saya akan mempermudah birokrasi pengurusan ijin usaha yang ada di Indonesia. Kita semua paham untuk peningkatan daya saing wilayah ada beberapa hal yang dapat menghambat pengembangan. Jenis peraturan yang menghambat investasi swasta di kawasan agropolitan sebaiknya dihilangkan, diganti dengan kebijakan yang pro investasi. Penghilangan kebijakan yang anti investasi bukan berarti menghambat peningkatan pendapatan asli daerah. Dalam jangka panjang perkembangan ekonomi kawasan agropolitan secara langsung berdampak terhadap pertumbuhan daerah di mana kawasan agropolitan berada. Pihak pengelola juga harus memperhatikan bentuk-bentuk tindakan yang akan menciptakan ekonomi biaya tinggi.

  47. Seandainya saya menjadi anggota DPD RI saya akan lebih banyak mendekatkan diri kepada masyarakat. Pendekatan ini akan mendorong perencanaan tidak hanya berorientasi pada kebutuhan dan pemanfaatan ruang semaksimal mungkin untuk kebutuhan saat ini, namun tetap berorientasi pada masa yang akan datang dengan tetap memanfaatkan ruang seoptimal mungkin dengan tidak merusak lingkungan.

  48. Magnificent goods from you, man. Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD RI | Catatan Motivasi Blogging Indonesia I’ve understand your stuff previous to and you are just extremely excellent. I actually like what you have acquired here, certainly like what you are saying and the way in which you say it. You make it entertaining and you still care for to keep it wise. I can’t wait to read much more from you. This is actually a tremendous Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD RI | Catatan Motivasi Blogging Indonesia informations.

  49. Great goods from you, man. Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD RI | Catatan Motivasi Blogging Indonesia I have understand your stuff previous to and you are just extremely great. I actually like what you have acquired here, certainly like what you’re stating and the way in which you say it. You make it enjoyable and you still take care of to keep it smart. I cant wait to read much more from you. This is actually a wonderful Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD RI | Catatan Motivasi Blogging Indonesia informations.

  50. It’s a very amazing powerful resource that you’re offering and you simply provide it away cost-free!! I that can match discovering websites ones understand the particular worth of giving you fantastic learning resource for zero cost. We truly dearly loved examining these pages. Appreciate it!

  51. An interesting language is worth notice. I expect that you should correspond many on this subject, it might not be a bias refer but generally people are not sufficiency to speak on much topics. To the succeeding. Cheers like your Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD RI | Catatan Motivasi Blogging Indonesia.

  52. An newsworthy communicating is couturier scuttlebutt. I reckon that you should pen solon on this subject, it power not be a preconception substance but mostly fill are not enough to verbalise on such topics. To the next. Cheers like your Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD RI | Catatan Motivasi Blogging Indonesia.

  53. An unputdownable treatment is worth interpret. I anticipate that you should create much on this message, it strength not be a prejudice dominate but generally grouping are not sufficiency to verbalise on much topics. To the succeeding. Cheers like your Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD RI | Catatan Motivasi Blogging Indonesia.

  54. Fantastic goods from you, man. Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD RI | Catatan Motivasi Blogging Indonesia I have understand your stuff previous to and you are just extremely magnificent. I really like what you have acquired here, really like what you are saying and the way in which you say it. You make it enjoyable and you still take care of to keep it wise. I cant wait to read much more from you. This is actually a tremendous Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD RI | Catatan Motivasi Blogging Indonesia informations.

  55. Magnificent goods from you, man. Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD RI | Catatan Motivasi Blogging Indonesia I’ve understand your stuff previous to and you are just too excellent. I really like what you’ve acquired here, certainly like what you’re stating and the way in which you say it. You make it enjoyable and you still take care of to keep it wise. I can’t wait to read far more from you. This is actually a wonderful Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD RI | Catatan Motivasi Blogging Indonesia informations.

  56. Fantastic goods from you, man. Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD RI | Catatan Motivasi Blogging Indonesia I have understand your stuff previous to and you’re just too fantastic. I really like what you have acquired here, certainly like what you are saying and the way in which you say it. You make it entertaining and you still take care of to keep it sensible. I can’t wait to read much more from you. This is really a wonderful Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD RI | Catatan Motivasi Blogging Indonesia informations.

  57. An stimulating speech is worth statement. I opine that you should write more on this matter, it power not be a preconception someone but mostly grouping are not enough to speak on specified topics. To the succeeding. Cheers like your Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD RI | Catatan Motivasi Blogging Indonesia.

  58. Wow, amazing blog layout! How long have you been blogging for? you made blogging look easy. The overall look of your web site is magnificent, as well as the content!. Thanks For Your article about Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD RI | Catatan Motivasi Blogging Indonesia .

  59. Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD RI | Catatan Motivasi Blogging Indonesia I was recommended this website by my cousin. I am not sure whether this post is written by him as no one else know such detailed about my difficulty. You’re wonderful! Thanks! your article about Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD RI | Catatan Motivasi Blogging Indonesia Best Regards Shane Andy

  60. Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD RI | Catatan Motivasi Blogging Indonesia I was recommended this blog by my cousin. I am not sure whether this post is written by him as no one else know such detailed about my difficulty. You are amazing! Thanks! your article about Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD RI | Catatan Motivasi Blogging Indonesia Best Regards Shane Cindy

  61. An engrossing treatment is designer remark. I anticipate that you should write many on this theme, it strength not be a prejudice soul but mostly group are not enough to verbalise on specified topics. To the succeeding. Cheers like your Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD RI | Catatan Motivasi Blogging Indonesia.

  62. seandainya saya menjadi anggota DPD RI saya akan bekerja sebaik mungkin sesuai amanat raktyat.

  63. An unputdownable communication is worth notice. I suppose that you should correspond writer on this message, it mightiness not be a preconception dominate but mostly people are not sufficiency to communicate on specified topics. To the succeeding. Cheers like your Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD RI | Catatan Motivasi Blogging Indonesia.

  64. An fascinating communication is worth interpret. I cogitate that you should pen author on this theme, it mightiness not be a preconception thing but generally fill are not enough to verbalise on such topics. To the succeeding. Cheers like your Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD RI | Catatan Motivasi Blogging Indonesia.

  65. Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD RI | Catatan Motivasi Blogging Indonesia I was suggested this blog by my cousin. I am not sure whether this post is written by him as nobody else know such detailed about my problem. You’re amazing! Thanks! your article about Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD RI | Catatan Motivasi Blogging Indonesia Best Regards Lawrence Schaad

  66. Good post. I study something more difficult on totally different blogs everyday. It would always be stimulating to learn content material from other writers and practice just a little something from their store. I’d favor to use some with the content on my blog whether you don’t mind. Natually I’ll offer you a hyperlink on your web blog. Thanks for sharing.

  67. Good post. I study something more difficult on totally different blogs everyday. It would always be stimulating to learn content material from other writers and practice just a little something from their store. I’d favor to use some with the content on my blog whether you don’t mind. Natually I’ll offer you a hyperlink on your web blog. Thanks for sharing.

  68. Good post. I study something more difficult on totally different blogs everyday. It would always be stimulating to learn content material from other writers and practice just a little something from their store. I’d favor to use some with the content on my blog whether you don’t mind. Natually I’ll offer you a hyperlink on your web blog. Thanks for sharing.

  69. Good post. I study something more difficult on totally different blogs everyday. It would always be stimulating to learn content material from other writers and practice just a little something from their store. I’d favor to use some with the content on my blog whether you don’t mind. Natually I’ll offer you a hyperlink on your web blog. Thanks for sharing.

  70. Hello There. I found your blog using msn. This is a very well written article. I will be sure to bookmark it and come back to read more of Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD RI | Catatan Motivasi Blogging Indonesia . Thanks for the post. I will definitely comeback.

  71. Wonderful goods from you, man. Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD RI | Catatan Motivasi Blogging Indonesia I’ve understand your stuff previous to and you’re just too excellent. I really like what you have acquired here, certainly like what you are stating and the way in which you say it. You make it entertaining and you still take care of to keep it wise. I can’t wait to read far more from you. This is really a wonderful Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD RI | Catatan Motivasi Blogging Indonesia informations.

  72. Fantastic goods from you, man. Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD RI | Catatan Motivasi Blogging Indonesia I have understand your stuff previous to and you are just too excellent. I actually like what you have acquired here, certainly like what you are saying and the way in which you say it. You make it enjoyable and you still care for to keep it smart. I cant wait to read far more from you. This is actually a great Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD RI | Catatan Motivasi Blogging Indonesia informations.

  73. An engrossing treatment is couturier interpret. I expect that you should indite writer on this substance, it mightiness not be a inhibition field but mostly fill are not sufficiency to verbalize on much topics. To the succeeding. Cheers like your Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD RI | Catatan Motivasi Blogging Indonesia.

  74. I’ve been exploring for a little bit for any high quality articles or blog posts on this sort of area . Exploring in Yahoo I at last stumbled upon this web site. Reading this information So i am happy to convey that I have a very good uncanny feeling I discovered just what I needed. I most certainly will make sure to do not forget this site and give it a look regularly.

  75. I’ve been exploring for a little bit for any high quality articles or blog posts on this sort of area . Exploring in Yahoo I at last stumbled upon this web site. Reading this information So i am happy to convey that I have a very good uncanny feeling I discovered just what I needed. I most certainly will make sure to do not forget this site and give it a look regularly.

  76. It’s scarce so that i can find some thing on the net that may be as exciting and remarkable mainly because everything you have below. Any page might be pretty, a image samples are good, combined with what’s way more, buy base which you’ll find about precisely what you’re revealing. You’re definitely one at a million, done well!

  77. I’ve been exploring for a little bit for any high quality articles or blog posts on this sort of area . Exploring in Yahoo I at last stumbled upon this web site. Reading this information So i am happy to convey that I have a very good uncanny feeling I discovered just what I needed. I most certainly will make sure to do not forget this site and give it a look regularly.

  78. I’ve been exploring for a little bit for any high quality articles or blog posts on this sort of area . Exploring in Yahoo I at last stumbled upon this web site. Reading this information So i am happy to convey that I have a very good uncanny feeling I discovered just what I needed. I most certainly will make sure to do not forget this site and give it a look regularly.

  79. I’ve been exploring for a little bit for any high quality articles or blog posts on this sort of area . Exploring in Yahoo I at last stumbled upon this web site. Reading this information So i am happy to convey that I have a very good uncanny feeling I discovered just what I needed. I most certainly will make sure to do not forget this site and give it a look regularly.

  80. Kalau saya menjadi anggota DPR maka saya kasih honor para blogger setiap kali menulis artikel di blognya, saya usulkan agar google adsense bisa support bahasa Indonesia. cemerlang khan?

  81. Politikus Amerika pernah berkata kang Agus, jika jalan ke surga salah satunya masuk lewat politik maka aku tidak akan masuk melewati jalur tersebut. dari kalimat itu dapat kita artikan bahwa politik itu sangat kotor permainannya walaupun yang tadiya kita niat baik bisa terjerumus oleh sekelilingnya..Ya mudah2an sih di indonesia tidak begitu semua..

Leave a Reply