Secercah Harapan Dibalik Semiliar Kecurigaan

Ayo Liburan ke Bale Tani Banjaragung Jombang, Wahana Edukasi dan Wisata Tani Terbaru di Kabupaten Jombang
Cari ide kreatif? Ayo Liburan ke Bale Tani Banjaragung Jombang, Wahana Edukasi dan Wisata Tani Terbaru di Kabupaten Jombang

Menjelang tutup tahun 2011 orang-orang pada umumnya membuat evaluasi diri dan  resolusi untuk satu tahun mendatang. Mereka bikin catatan apa saja yang sudah dicapai ditahun 2011 ini dan impian apa saja yang ingin dicapai tahun 2012. Apakah sudah cukup puas dengan kondisi saat ini, atau pengen lebih baik lagi, atau bahkan menyiapkan diri menghadapi rumor kiamat tanggal 12-12-2012 #halah. Membuat catatan akhir tahun sepertinya sudah menjadi rutinitas wajib orang-orang yang terobesesi ingin meraih sukses di masa depan.

Hal ini berlaku juga dalam dunia blogging. Orang-orang bilang blogging setahun terakhir ini lagi lesu. Banyak yang hengkang dari domain yang dikelolanya dan beralih ke jejaring sosial. Apapun kondisi teman-teman di luar sana, saya tetap yakin blogging memiliki penggemar tersendiri. Kalaupun nanti nggak banyak blog yang bahas bisnis dan marketing, minimal blog dengen genre teknologi dan blog curhat bakalan makin menjamur. Gadget makin populer dan mudah didapat sehingga butuh ulasan secara berkala. Orang juga makin mudah menjadi stress sehingga melampiaskan dalam blog pribadi bisa menjadi solusi alternatif.

Era bisnis online jualan ebook mungkin tidak akan seramai dua atau tiga tahun lalu. Namun harapan bisnis online masih terbuka lebar karena banyak niche baru bermunculan akibat perkembangan teknologi. Meski demikian, kecurigaan terhadap bisnis online bukannya langsung hilang. Sebagian masyarakat yang pernah mengalami kegagalan membangun bisnis online masih mengalami trauma dan menghasilkan antipasti terhadap segala bisnis yang berbau internet. Mereka pun nggak ragu memberi label buruk pada bisnis online. Gebyah uyah tak terhindarkan lagi.

Secercah harapan dibalik semiliar kecurigaan. Mungkin itu kalimat yang tepat untuk mengambarkan bagaimana blogging dan bisnis online bakal berlanjut setahun ke depan. Kendati banyak orang pesimis dengan posisi blogging sebagai jurnal online, harapan itu selalu ada bagi mereka yang tidak berhenti berusaha. Lantas, seberapa optimiskah Anda menghadapi blogging di tahun 2012? Apakah masih berminat ngeblog dan berbisnis online dengan merebaknya sikap antipati masyarakat terhadap bisnis online?

Enjoy blogging, enjoy writing!

15 Replies to “Secercah Harapan Dibalik Semiliar Kecurigaan”

  1. Sudah tahun 2012 nih. 😀

    Mari terus berdoa, semoga di tahun masehi yang baru ini kita semua tetap diberi kesehatan, tetap bisa berkumpul bersama keluarga, semoga segala urusan pekerjaan maupun akademis kita dilancarkan, dan kita berharap semoga di tahun 2012 ini umur kita selalu diberkahi oleh Allah SWT. Aamiin! ^^

  2. Bisnis online tidak akan ada matinya selama internet masih ada. Prediksi tahun 2012 untuk IM Indonesia adalah bangkitnya UKM offline jadi online yg didukung dengan mobile internet.

  3. Bagi saya biarpun sebagian ada yang anti pati denga bisnis online dan blogging, keduanya tetap akan saya lakukan dan kerjakan. Blogging untuk memberikan hal yang bermanfaat pada orang lain. Dan bisnis online adalah bagian dari usaha. berhenti berusaha berarti putus asa. putus asa adalah dosa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *