Tantangan Menulis Artikel Majalah Digital

terapi menulis untuk kesehatan mental
terapi menulis untuk kesehatan mental

Apa jadinya bila tulisan Anda didownload dan dibaca oleh lebih dari 20.000 orang? Bangga, senang, puas dan merasa ngartis tentunya. Hahaha. Itulah yang ingin saya sampaikan kali ini. CafeZine membuka kesempatan buat kawan-kawan blogger yang suka menulis dan berbagi pengalaman untuk menjadi kontributor majalah online yang dimotori oleh CafeBisnis.Com

Mengapa Harus Majalah Online?

Mengapa harus menulis di majalah online? Bukankah masih ada pilihan menulis di majalah cetak? Ya, ini pilihan sih. Silakan Anda bersaing dengan ratusan penulis untuk mengirim karya tulis kepada redaksi majalah yang belum tentu Anda kenal siapa mereka. Anda tidak tahu siapa yang berada di balik redaksi dan begitupun sebaliknya. Kemungkinan tulisan diterbitkan pun berbanding terbalik dengan jumlah pengirim tulisan. Inilah cara mudah menunjukkan eksistensi diri di komunitas internet.

Keunggulan Majalah Digital

Majalah digital memiliki keunggulan dibanding majalah cetak. Yaitu: persebaran gratis dan cepat, tidak bisa disobek, tidak lusut karena ceroboh menyimpan, tidak rusak kena air dan tidak berakhir di tempat sampah. Singkat kata, majalah online adalah cara mudah mengabadikan pemikiran Anda supaya tetap diingat ribuan subscriber dalam jangka waktu yang lama.

Membangun Branding Melalui Majalah Online

Dengan jumlah subscriber yang terus bertambah, inilah media yang tepat untuk membangun personal branding di bisnis internet sesuai bidang yang Anda tekuni. Artikel yang dipublikasikan melalui CafeZine merupakan tulisan terpilih dan memiliki nilai tambah bagi portofolio Anda.

Syarat Penulisan Artikel

Siapapun boleh mengirimkan artikel. Tidak dibatasi apakah itu member CafeBisnis atau bukan. Tulisan hendaknya memenuhi kriteria di bawah ini:

  1. Topik bebas, tidak dibatasi. Semua hal tentang WordPress dan Bisnis Online bisa dituliskan.
  2. Naskah harus orisinil, tulisan sendiri.
  3. Jika naskah merupakan penulisan kembali naskah lain, diharapkan disajikan dengan gaya bahasa sendiri dan menyertakan sumbernya.
  4. Naskah hendaknya disertakan gambar ilustrasi.
  5. Naskah diketik menggunakan format doc
  6. Ukuran kertas A4.
  7. Panjang naskah minimal 2 halaman.
  8. Gunakan style normal untuk artikel dan style Heading 1 untuk judul serta Heading 2-3 untuk sub judul.
  9. Sertakan keterangan tentang penulis maksimal 3 baris di bagian bawah artikel.
  10. Format nama file: [CafeZine] Judul Artikel.doc
  11. Naskah dikirim dalam bentuk zip via email ke majalah@cafebisnis.com
  12. Naskah diterima selambat-lambatnya tanggal 30 setiap bulan.
  13. Majalah akan terbit setiap tanggal 10 bulan berikutnya.

Komisi Penulis

Sampai saat ini CafeZine belum memiliki standard yang pasti tentang komisi penulis. Namun secara umum besarnya honor adalah sejumlah iklan berbayar yang masuk dibagi rata per artikel dan maksimal Rp. 50.000/artikel. Redaksi berhak menurunkan dan menaikkan honor berdasarkan kualitas tulisan.

Kalau ada kelebihan akan di gabungkan dengan pendapatan bulan berikutnya dan dibagikan di bulan berikutnya. Misalnya ada 10 artikel dan pendapatan iklan 600rb, maka 500rb dibagikan pada penulis bulan ini dan 100rb dibagikan ke penulis bulan depan. Jika ada pertanyaan lain seputar majalah ini, silahkan menghubungi majalah@cafebisnis.com

Siapa berani mencoba tantangan ini?

55 Replies to “Tantangan Menulis Artikel Majalah Digital”

    1. Kalau dibuat topik, yang puyeng redaksinya. Sementara bebas dulu aja, nanti kalau sudah banyak penulisnya baru mulai dibuat tema

      1. Saya sangat mengapresiasi gebrakan ini, insyaallah saya tertarik dan akan gabung..

        nanya : kalo artikel kurang bagus, ada kritik dan saranx g buat penulis?
        apakah stiap penulis dibatasi berapa kali artikelnya bisa dimuat/bebas tergantung kualitas tulisan mas?

    1. Anggap aja yang baca semua itu adik kelasmu, atau adik iparmu, atau adiknya adik-adikmu … biar pd mode = on 😀
      Abaikan saja faktor luar, keluarkan inner powermu. gitu aja kok repot:)

  1. With the economic downturn we are experiencing, many are looking for the best home based business ideas that will enable them to earn a living from their own home. Although there are many schemes online, there are some options available! Work at home typing and data entry jobs are an easy way for most people to make money from home.

  2. Never the less, we are able to look at the main elements of our personal brand and make adjustments, sometimes very small, sometimes larger, to have a personal brand that works in the way we want it to.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *