Tips Ngeblog – Bagaimana Kegiatan Blogging Jadi Lebih Menarik?

Rutinitas blogging bisa jadi hal membosankan bila kita tidak melakukan selingan yang menarik. Misalnya dengan menampilkan gambar, mengundang penulis tamu dan bercerita hal yang menarik.

Pernahkah Anda bosan setengah mati terhadap blogging? Saya yakin hampir semuanya pernah mengalami. Namanya juga manusia, meski sudah tahu kalau ngeblog secara jangka panjang akan menguntungkan tetap saja ada godaan buat bermalas-malasan. Bagaimana cara mengatasi kebosanan dan kembali ngeblog dengan semangat? Berikut ini beberapa trik dan tips blogging yang bisa Anda coba.

1. Memakai gambar yang menarik.

Tidak semua blogger suka membaca. Ada juga yang lebih tertarik lihat-lihat gambar yang dipakai untuk menjelaskan artikel. Untuk itulah keberadaan gambar bisa memancing pengunjung lebih lama nongkrong di blog Anda. Kalau paket hostingnya pas-pasan, Anda bisa nitip menyimpan file gambar di hosting gratisan seperti Picasa, Flicker, Photobucket dan lain-lain.

Tips Blogging - Cara Menjadikan Kegiatan Blogging Lebih Menarik
Dua Pasang ABG : Apakah Gambar Ini Menarik di Mata Anda?

2. Menuliskan hal-hal yang menarik di mata Anda.

Memang dasarnya Anda akan lebih suka membicarakan hal-hal yang hanya terlihat menarik. Kalau ketemu topik tertentu yang sekira klik di hati, meski artikel yang dibaca tidak cukup informatif Anda akan terus membaca. Mungkin Anda kemudian tertarik mengkritisi dari berbagai sudut pandang. Dari interaksi ini akan melahirkan artikel tandingan yang lebih dahsyat.

3. Menghadirkan penulis tamu.

Tidak ada salahnya mengundang penulis tamu untuk penyegaran suasana. Tapi ini hanya jadi solusi jangka pendek bagi yang lagi malas menulis, kecuali bila blog Anda memang telah memiliki satu tim yang bersedia menulis secara bergiliran sesuai topik yang mereka kuasai. Mengundang penulis tamu pernah populer beberapa waktu lalu. Tapi saat ini makin jarang karena banyak blogger yang online beralih ke situs jejaring sosial.

4. Membahas artikel orang lain.

Bagi yang lagi sensi sama orang lain, tidak ada salahnya meluapkan opini pribadi tentang artikel orang lain melalui blog pribadi. Nggak masalah meskipun nanti akan menimbulkan pro dan kontra. Yang penting Anda bersedia bertanggungjawab tentang isi artikel. Kalau informasinya salah, mau nggak mau harus meralat dan minta maaf. Selebihnya, silakan nikmati popularitas blog.

5. Membuat artikel pertanyaan.

Kalau Anda sedang bingung tentukan sikap mengenai satu hal, ada baiknya membuat diskusi terbuka dalam blog pribadi. Masalah yang bisa dibahas tentunya hal-hal yang bersifat umum dan tidak mengumbar data yang terlalu pribadi. Untuk tujuan penelitian akademis, artikel pertanyaan bisa berupa jajak pendapat online dengan memanfaatkan tool yang tersedia secara gratis di internet.

Enjoy blogging, enjoy writing!

32 Replies to “Tips Ngeblog – Bagaimana Kegiatan Blogging Jadi Lebih Menarik?”

  1. Semua cara di atas memang bisa memberi suasana baru dalam ngeblog. Kalau saya sendiri, lebih suka terus bereksperimen. Misalnya dengan merambah topik baru, mempraktekkan trik SEO yang sederhana tapi maknyuss, dan belakangan ini saya mencoba konsep custom-post, di mana saya berusaha memberi tampilan yang berbeda antar post. Lumayan memberi saya penyegaran baru 🙂

  2. Membuat artikel pertanyaan..sepertinya bisa menjadi inspirasi..tapi itu gambar dapat dari mana ya…hehehe..

  3. Mas Agus sepertinya tidak pernah bosan dalam blogging 🙂 terlihat jelas dari rutinitas bloggingan..

    untuk tips pertama sepertinya tidak ada di blog ini mas agus, kan? 😀

  4. Tips yang menarik, tapi potonya agak saru. Hehe.
    Aku lagi bikin toko herbal nih mas, lagi terus trial n error, lumayan udah keliatan.
    Silahkan mampir.
    Makasih mas Agus atas tipsnya.

  5. OK yang penting kalo menurut saya, anggap saja menulis sebagai hal yang menarik untuk dilakukan untuk shering ilmu, pengalaman, dll, dan tidak kalah penting menulislah dengan hati apa yang akan diungkapkan ditulis aja mengalir dengan begitu menulis blog dapat menyenangkan.

  6. Iya mas, saya juga masih bingung bagaimana menyegarkan blog saya, karena ini adalah hal penting agar blog terus hidup dan bisa berguna bagi yang lain, nice post dan salam kenal 🙂

    kharis,
    daunjava [dot] com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *