Trilogi Artikel Populer, Artikel Idealis dan Pengetahuan Optimasi Website

Review Jurnal Akuntansi Lingkungan Pada Industri Farmasi di Yordania
Review Jurnal Akuntansi Lingkungan Pada Industri Farmasi di Yordania

Selama sebulan terakhir ini saya banyak melakukan riset seputar artikel blog. Kebetulan saya mengelola beberapa blog atau website. Selain disini, saya menulis di CafeBisnis Online, The Jombang Taste, Jasa Artikel serta sejumlah website yang menjadi pilot project saya ke depan. Dari beberapa blog inilah saya banyak melakukan utak-atik dan test ukur pengetahuan seputar optimasi website.

Siapa bilang mengelola banyak web itu bikin puyeng tujuh keliling. Kali ini saya justru merasakan manfaatnya karena sedikit demi sedikit bisa membedakan mana web yang berhasil dan mana yang kurang bagus, baik ditinjau dari optimasi search engine (SEO) maupun respons pembaca manusia.

Terhadap beberapa web tersebut saya memperlakukan berbeda. Ada yang sengaja saya promosikan lewat blogwalking, nggak pakai SEO. Ada juga yang full SEO tidak pakai blogwalking. Lalu yang ketiga adalah kombinasi keduanya, yaitu 90 persen SEO dan 10 persen blogwalking.

Khusus untuk CafeBisnis saya yakin kawan-kawan sudah tahu perlakuannya. Saya nggak ambil banyak peran di situ karena mas Lutvi sudah fokus di SEO. Saya kebagian tugas meng-update artikel yang berhubungan dengan panduan membuat website berbasis CMS WordPress serta artikel motivasi untuk memberi semangat para pemula dalam bisnis online. Bagaimana hasilnya?

Pengetahuan SEO Adalah Penting Bagi Setiap Blogger

Maaf beribu maaf kalau saya katakan bahwa blogwalking bukanlah solusi terbaik untuk promosi blog. Kegiatan ini butuh banyak waktu dan menguras tenaga. Suwer, saya akui ini! Belum lagi kalau ternyata waktu kunjungan balik topik yang ditulis blog sebelah nggak nyambung sama pemikiran kita. Atau kalau nggak gitu biasanya dipenuhi tulisan curhat. Mau meninggalkan komen nggak tahu apa yang ditulis. Kalau nggak ada jejak juga nggak asik. Bisa-bisa dibilangin sombong nggak mau kenal teman. Hehehe.

Sebaliknya, praktek ilmu SEO cenderung praktis dan efektif untuk promosi web di mata search engine maupun pengunjung manual. Ini nggak lebih dari permainan angka dan huruf, namun efeknya bisa dahsyat. Dengan catatan: ilmu SEO yang dipraktekkan dilakukan secara wajar, tidak over acting dan lihai ‘menghipnotis’ satpam Google. Kalau ketahuan paling-paling web masuk sand box 40 hari 40 malam. Tinggal bikin acara tahlilan saja kan.

Lalu, apa maksud menulis artikel kali ini?

Artikel ini bukanlah pembelaan diri saya untuk tidak melakukan blogwalking ataupun kunjungan balik. Saya sekedar berbagi info bahwa saat ini kecenderungan yang terjadi terhadap publikasi artikel ada dua. Yaitu artikel populer dan artikel idealis. Keduanya memiliki sisi plus dan minus yang patut dipertimbangkan baik bagi Anda yang menjadi blogger murni maupun beranjak ke level monetasi web.

Artikel populer adalah tulisan yang memuat informasi yang paling banyak dicari orang saat ini. Misalnya cara memilih modem internet yang bagus, link download wallpaper keren 2011, tips memilih tema ulang tahun, daftar dofollow social bookmark dan lain-lain. Waktu mempublikasikan artikel ini Anda tidak sedang membutuhkan, namun tujuannya adalah untuk optimasi website. Semakin banyak kunjungan yang dihasilkan semakin baik posisi web Anda di mata mesin pencari.

Yang kedua saya menyebutnya sebagai artikel Idealis. Artikel idealis adalah tulisan yang dihasilkan dari pengolahan opini pribadi menyikapi satu permasalahan, ide murni dari otak sendiri dan Anda tidak peduli apakah orang akan membutuhkan informasi tersebut Anda tetap akan mempublikasikan. Topik yang diangkat bisa jadi sangat spesifik, anti trend, berasal dari pengalaman pribadi dan sangat mungkin sangat sedikit yang mencari informasi tersebut.

Blogwalking Tetap Dibutuhkan Untuk Menjalin Komunitas Blogger

Dalam kesempatan kali ini saya juga sampaikan bahwa blogwalking itu masih diperlukan dalam membentuk interaksi dengan komunitas blogger, membangun kepercayaan dengan prospek, membentuk personal branding sesuai bidang yang ditekuni dan menunjukkan sisi humanis kita. Blogwalking juga masih jadi cara ampuh bertukar pikiran selain melalui chatting dan jejaring sosial.

Selain itu, kesimpulan utama adalah optimasi website pentingnya dilakukan oleh blogger manapun. Ya, saya akui saya masih baru dalam bidang optimasi web, namun dapat saya katakan hampir semua blogger butuh ilmu SEO, baik pemain Google Adsense maupun blogger murni untuk tujuan sharing. Untuk pemain GA jelas bahwa faktor dollar tetap nomor satu. Lalu kalau blogger murni bermanfaat supaya tulisan Anda bisa dibaca oleh banyak orang, memberi dampak pencerahan pada komunitasnya, syukur-syukur kalau bisa memberi manfaat bagi yang membaca.

Bagaimana menurut Anda, jenis artikel apakah yang paling sering Anda tulis? Lalu apakah sudah melangkah ke arah optimasi web dengan mempelajari ilmu SEO?

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

109 thoughts on “Trilogi Artikel Populer, Artikel Idealis dan Pengetahuan Optimasi Website”

  1. Nice artikel,kang. Kalau penguasaan ilmu SEO yang saya ketahui cuman sebatas pasang plugin aja, sih 😀 dan beberapa pengetahuan dasar yang saya dapatkan dari website laen. Namun lumayanlah, yang penting selalu belajar dan banyak membaca artikel.

    Mungkin saya mau nanya+curhat yang mungkin kurang nyambung dengan topik saat ini, kang agus. Saya sering kesel dengan penggunaan keyword di website yang makin lama makin gak nyambung 100% dengan isi website :(. Nyari topiknya ini eh website yang nongol begono. Nomor satu lagi di mbah google. Legalkah yang demikian? mohon pencerahan. Syukur kalo kang agus ada waktu tuk buat artikel dengan topik semacam ini. Ya siap tahu bisa jadi pembelajaran buat kita semua OK? Salam persahabatan dari orang Malang

    1. Perilaku sebagian blogger yang menuliskan kata kunci secara sembarangan dan nggak ada hubungannya dengan isi artikel memang hak dia. Kita nggak bisa mengontrol hal-hal semacam ini. Yang bisa kita lakukan mungkin melakukan block terhadap situs tersebut supaya lain kali nggak tampil lagi di halaman hasil pencarian search engine.

      Ada beberapa extention yang bisa dipakai untuk nge-block situs AGC dan penebar keyword palsu. Mas Agus bisa searching dengan kata kunci “block site” sesuai browser yang dipakai. Dengan begitu, lain kali kita nggak akan tertipu kalau mau cari data di internet.

  2. Sebuah ide brilian saya dapatkan di sini. Konsep blogging yang dahsyat dan sangat berguna untuk para blogger. Artikel yang baik memang selalu ditujukan untuk pembaca manusia dan saya menikmatinya. Terima kasih

  3. Secara teknis, saya masih belum terlalu paham dengan SEO. Namun, beberapa tulisan saya menjadi no. 1 atau minimal di halaman pertama SERP google pada beberapa keyword (terutama tema keislaman dan sedikit tentang pengembangan diri dan blogging).

    Keyword yang dimaksud misalnya, ‘kitab fiqih’, ‘hukum syar’i’, ‘ruang lingkup ushul fiqih’, ‘organisasi islam di indonesia’, ‘download kitab fiqih’, ‘download kitab fiqih terlengkap’, ‘cara membentengi diri dari sihir’, ‘ciri-ciri orang yang bertakwa’, ‘kekuatan istighfar’, ‘visi hidup’, ‘fokus pada tujuan’, ‘apa itu blogwalking’, ‘memperbanyak pengunjung blog’, dan ‘cara memperbanyak pengunjung blog’.

  4. Untuk yang jarang BW, memang SEO yang paling efektif untuk menjaring pengunjung, namun memang harus belajar keras untuk itu. Nyangkut2 dikit lumayan walau yang ga terlalu diburu orang

  5. Saya sendiri akhir-akhir ini mulai membatasi blogwalking mas kecuali blog yang memang sudah memikat hati dari dulu.. Alasannya ya karena ingin menggunakan waktu yang begitu mepet buat online dengan seefektif mungkin namun bisa mendapatkan manfaat dengan kunjungan yang saya lakukan walaupun tanpa meninggalkan jejak…

  6. kalo artikel mengacu pada tema yang lagi hot trend dan high competitive, saya rajin blogwalking tuh nyebar link di blog yang punya comment luv, efeknya lumayan lah buat pertarungan di SE,
    tapi, klo sudah punya blog favorit sambil meninggalkan jejak atau tidak juga tidak masalah bagi saya pribadi.

  7. Intinya saya setuju dengan tulisan di atas. Saya sendiri, walaupun dalam sehari hanya bisa meninggalkan komentar yang bisa dihitung dengan jari (bahkan pernah vakum berkomentar), tetap saja pengunjung bisa datang. Malahan ketika saya jarang update blog dalam sebulan terakhir ini, kunjungan harian tetap stabil dan malah naik sedikit. Alexa rank blog saya juga menunjukkan peningkatan (makin langsing, menyentuh angka 120-ribuan).

    Bukan mau pamer atau nyombong sih. Cuma mau menunjukkan bahwa hanya mengandalkan blogwalking sangat tidak efektif.

    Tentang jenis artikel, saya berusaha menyeimbangkan keduanya (idealis dan komersil/populer). Saya tetap butuh kunjungan yang berasal dari tulisan populer, namun idealisme menulis saya harus tetap mengalir.

  8. ane imbang..
    populer dan idealis. .cek deh gus . .
    hehe . .
    untuk antisipasi visitor . . lebih baik artikel yang populer lebih sering daripada artikel idealis

  9. mungkin saya belum terpikir ke arah monetisasi, tetapi melihat tolak ukur alexa atau page rank dsb tetap perlu agar blog kita makin baik dan makin bagus. Dengan cara melakukan laboratorium blog seperti mas Agus ini, kita makin yakin bahwa teknik2 SEO itu terbukti

  10. Hemmm… Gitu ya Mas, Optimasi blog harus dengan SEO… Apa dengan membuat blog kita sebagai mesin Agregator sudah cukup untuk optimasi SEO ?
    Saya sering terjebak dengan blog-blog yang begituan, sehingga membuat saya kesal, tapi saya lihat rank-nya cukup bagus…he..he..he….

    Saat ini saya kurang waktu untuk optimasi SEO, tulisan saya juga kebanyakan terlalu spesifik, Alexa rank tambah tambun (kurang minum nutrisi kali.). What ever lah…..

    1. Situs AGC memang cenderung banyak traffic. Tapi secara moral kita nggak akan pernah puas karena content yang kita dapat hasil comot sana comot sini. Hehehe.
      Masak ahli nutrisi nggak bisa kuruskan website. 🙂

  11. Iya betul mas, untuk komunikasi antar blogger memang sebaiknya blogwalking tetap jalan. Selain membangun brand kan bisa juga menjalin silahturahmi antar blogger.

  12. Saya sih masih lebih condong nulis artikel idealis dengan sedikit sisipan informasi. Yang penting masih membiasakan diri konsisten nulis.

    Untuk masalah SEO sih masih saya pelajari. Nggak terlalu ngoyo. Belajar SEO sambil konsisten nulis. Saya masih blogger muda sih, masih nyari jati diri. Hehehe.

  13. Mungkin jalan tengahnya, Artikel Idealis tetap kita tulis namun pada momen tertentu mengangkat juga artikel dengan topik populer sambil terus blogwalking apalagi pada blog yang dofollow dan cumluv …

  14. saya cuma tingak-tinguk dan angguk-angguk… jadi tambah ngerti tapi masih belum bisa memraktikkannya
    salam untuk semuanya

  15. ini bener adanya.

    Saya sudah jarang banget melakukan blogwalking karena waktunya memang yang terbatas. Tapi traffic blog bisa tetep rame. Saya cek ke google analytics, dan ternyata emang dari Search engine asalnya. SEO jalan, walau belum dioptimalkan betul dengan dummy blog. Mungkin nanti mau coba itu jasa dummy blognya mas lutvi 😀

  16. Saya masih bingung masalah SEO. Meskipun sudah mempelajari masih juga bingung. Ada beberapa artikel saya yang secara iseng tiba-tiba nangkring di SE Google page 1. Malah artikel yang ingin saya tembak tidak masuk page 1. Saya jadinya bingung sendiri. Masalah blog idealis juga harus berhati-hati dalam membuat opini, kalau terlalu melenceng bisa-bisa blog rame gara-gara provokatif berlebihan. Hehehehe…

  17. yang jadi pikiran saya mas, bahwa bloger apapun itu, baik idealis dan populer adalah saling melengkapi, kita hanya mengambil sisi salah satunya saja untuk mencukupinya. namun jika satu sisi saja dirasa kurang puas, sisi lainnya dapat dilakukan juga. sehingga blog bagi saya adalah sarana informasi yang dapat mencerdaskan masyarakat apapun yang diutarakan. tapi tetap pada sisi positif, yang saya kurang pahami adalah sisi SEO mas, hehe, ya maklum lah, saya cukup idealis untuk tetap bisa puas menulis dulu. walau marketingnya gak sempurna. haha.

  18. I had a dream to start my organization, however I did not have got enough amount of cash to do that. Thank goodness my close colleague suggested to take the loan. Thus I received the bank loan and realized my desire.

  19. Hi guys I believe this is a great post I will definetely keep up reading your works, well done. It is very important to have quality contents on the web, we can use them as a reliable source for our projects.I’ve read it with pleasure and I’m sure I’m gonna read all the other things you will write, good job man!.

  20. I have been surfing online more than 3 hours today, yet I never found any interesting article like yours. It is pretty worth enough for me. In my view, if all web owners and bloggers made good content as you did, the web will be a lot more useful than ever before.

  21. My group is regularly to posting and so i certainly many thanks for subject matter. This article has really highs a focus. With time save your blog combined with keep keeping track of a great deal of guidance.

  22. Just right in such a write-up, I really believe this excellent website expectations much more account. I’ll possibly end up being over again to understand incredibly more, many thanks for the fact that information.

  23. Thank you for making the effort to share this kind of, I am fervently concerning it and then really enjoy figuring out regarding that issue. If you can, since you secure knowledge, might you intellect changing your blog post with more info? It is especially used by me personally.

  24. I just absolutely go along what we obtain proclaimed. Actually, My spouse and i shopped using your different blogposts and I believe you’re completely best. Great job with this particular blog page.

  25. Greetings, just simply had become conscious of your blog post by means of Google and bing, and discovered that it can be actually informative. My organization is visiting keep away from brussels. I’ll like if you should carry on the following from now on. A lot of us may be taken advantage of your own making. Many thanks!

  26. Decent methodical guidelines here.I’d love to indicate thinking about such as something hamburger. Any idea what?

  27. Without doubt! That’s a extremely good post. I’m certain I’ll advise the idea to actually excellent co-workers.If you report spare blogposts i highly recommend you e mail these phones all of us.

  28. Fantastic article!! My partner and I talk with the point of view associated with musical art, but it relates to almost everything. I simply soak in the most music as possible, then when composing my very own I simply try to let it all go. I’d like the particular effect and frame of mind, however , not the actual boundries and limitations. It seems that as most of individuals age and turn into “specialists” at stuff, they shed their creativity and ignite. The “finding” is finished. At forty-nine myself, I have was able to steer clear of this particular thing, so every day of my life is a lot more fascinating because of it!

  29. The article is worth reading. The uniqueness and structure that shines from this article. These days blogs are used everywhere. The idea that we recieve from them has no words to describe. The attribute needed is the power of creativity within yourself via learning, thinking, creating and rigorous study. Therefore the blog post is immensely fruitful for the readers. Thanks a lot for writing such a wonderful article. I will wait for your future article with great egarness.

  30. Introduction all of us, That webpage can be recommended while is just how the difficulty became expanded. I really like a portion of the statements also whereas We would have a preference for all of us build and maintain the software found on niche so as add value to the topic.

  31. Yet another thing is that when searching for a good on the web electronics retail outlet, look for web shops that are regularly updated, maintaining up-to-date with the newest products, the top deals, along with helpful information on services and products. This will make certain you are doing business with a shop which stays atop the competition and gives you what you should need to make knowledgeable, well-informed electronics buys. Thanks for the crucial tips I have learned through the blog.

  32. Good post. I study something more difficult on totally different blogs everyday. It would always be stimulating to learn content material from other writers and practice just a little something from their store. I’d favor to use some with the content on my blog whether you don’t mind. Natually I’ll offer you a hyperlink on your web blog. Thanks for sharing.

  33. It’s scarce so that i can find some thing on the net that may be as exciting and remarkable mainly because everything you have below. Any page might be pretty, a image samples are good, combined with what’s way more, buy base which you’ll find about precisely what you’re revealing. You’re definitely one at a million, done well!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *