Tua Bukan Jaminan Memiliki Sukses Dan Motivasi Diri Prima

Oleh: Eko Ghesi Bardiyanto

Sebuah blogger yang baru terjun 5 bulan vs blogger yang sudah terjun selama 1 tahun mana yang lebih baik? Tentu banyak yang memilih yang 1 tahun bukan?

Tapi tidak begitu dengan saya, mengapa? Karena seberapa lama seorang blogger yang berkecimpung di dunia ngeblog tidaklah menjamin bahwa dia lebih better dari blogger yang baru terjun selama 5 bulan atau bahkan lebih muda lagi. Jangan anggap enteng seorang blogger yang masih muda dengan menganggap bahwa tulisan atau info yang tersaji di blog-nya adalah sampah hanya karena menulis konten lokal Indonesia.

Bukan maksud saya mendeskritkan para blogger yang telah lama berkecimpung terlebih dahulu daripada saya. Tapi saya hanya memandang sebuah wacana bahwa kualitas dari penulisan belum tentu terpengaruh dari lamanya seorang blogger turun ke dunia ini.

Memang benar apabila kita telah lama berkecimpung dalam dunia ngeblog, akan semakin menggunung pengalaman yang kita miliki. Tapi apakah semua blogger menggunakan pengalaman yang telah dikumpulkan? Terbukti masih banyak blogger yang hanya copy paste doang kerjaannya.

Tidak sedikit blogger yang sudah lama terjun kedunia ngeblog tapi traffic yang mendatangi blog-nya sepi bahkan tidak ada pengunjung. Hal ini tentu menempatkan berbagai faktor yang membuat seperti itu, entah karena tulisannya kurang menarik, atau kualitas dari artikel yang dimuat adalah hasil jiplakan dan tentu ini membuat nilai tersendiri bagi para pengunjung.

Dan ada blogger yang baru terjun memiliki traffic yang tinggi terhadap blog-nya tidak sedikit pula kejadian seperti ini, mengapa? Karena artikel yang disajikan fresh, kreasi sendiri, serta menarik untuk dibaca.

Sudah rahasia umum kalo yang namanya ruh dari ngeblog adalah menulis dari sini tentu teman-teman sudah menagkap betapa pentingnya menulis bagi kehidupan blogger dan untuk mendapatkanya

“JADIKAN MENULIS SEBAGAI KEBIASAAN”

Dan layaknya sebuah roda pedati pasti setiap orang merasakan ada kalanya kita berada di atas dan ada kalanya pula kita menempati posisi yang paling rendah.

Kita sebagai blogger juga jangan lupa dengan hukum ini mungkin di saat kita akan dipuja dan menjadi icon dari para blogger tapi apakah itu akan berlangsung selamanya?

Hanya sebuah kalimat yang berbunyi “jangan menganggap remeh para blogger pemula”, karena kualitas blog bukan dilihat dari jangka waktu sang blogger terjun, tapi dari kualitas tulisan yang disajikan oleh blogger tersebut.

Sekali lagi ini bukanlah sebuah tulisan yang ngajak ribut atau membuat 2 kubu saling serang, tapi hanya sekedar ingin merubah cara pandang kebanyakan blogger konten lokal bahwa blog pemula belum memiliki kualitas yang baik.

118 Replies to “Tua Bukan Jaminan Memiliki Sukses Dan Motivasi Diri Prima”

          1. @ghe, walah, cah yogjokarto iki. Jadi kepikiran buat artikel bobo Jowo. Khususon blogger medhok. Hahaha…

            :peluk

  1. Memang benar, lama ngeblog tidak bisa memberi garansi bakal mempunyai traffic yang membludak. Karena bisa jadi dia asyik menggeluti Internet Selling sampai lupa update blog. Contohnya sudah ada tuh.

      1. @ghe,

        relatif si yah.

        menurut saya, kalo emang dalam proses ngeblognya dia nggak dapet apa2 terus dapet sesuatu dari sisi lain Internet, saya rasa wajar juga kalo kemudian sedikit mengesampingkan blog dan fokus ke hal yang terbukti berbuah…

        PS : just my two cent 😀

        PSS : salam kenal mas ghe 😀

          1. @Agus Siswoyo, saya blogger yang happy oriented kayaknya..
            soalnya kalo nyari duit, saya nggak pernah make blog… (soalnya kagak bisa, kalo bisa si mau2 aja :ngakak )
            ada yang mau ngajarin? :lapar

        1. @ghe, nggak harus…

          Cuma, biasanya dalam kurun waktu tersebut akan terlihat kualitas dan kuantitas artikel blog dari bulan ke bulan apakah menurun atau justru ada perbaikan.

          Blog yang baik tentu saja memiliki jumlah artikel yang stabil (bisa tetap atau bertambah, tetapi tidak berkurang). Dan kualitas artikel yang benar-benar membawa manfaat bagi pengunjung blog.

  2. Meski demikian, ujian sesungguhnya justru konsistensi menulisnya. Kadang ada juga blogger yg melejit dlm waktu singkat, tulisannya pun fresh dan gress.

    Namun entah kenapa perlahan konsistensinya melemah dan akhirnya jadi malas dan malah mati suri.

    Mungkin lebih baik yg startnya slow dan natural daripada menggebu di awal lantas hilang. Seperti busa softdrink. Tentu dengan tetap menjaga kualitas tulisan.

    Nice post mas agus 😀

    1. @arief maulana, saya menggarisbawahi pendapat mas arief ini. "tetap konsisten, dan jangan melemah di tengah jalan". ini pekerjaan sepele, tapi susah menerapkannya.

      sepakat! Tua bukan jaminan. pengalaman dan kematanganlah yang membedakannya..

      1. @fadly muin, nah kalo udah gini kita tinggal pinter" menggali potensi yang udah tercipta deh mas…..pada dasarnya kan semuanya akan kembali pada diri sang blogger sendiri ketika semua sudah berjalan akan terlihat mana yang berniat dalam dunia ini tau hanya sebagai blogger numpang lewat……

      2. @fadly muin, Yap, kematangan berpikir. Saya suka kalimat mas Fadly yang itu.

        Banyaknya blogger ABG yang bermunculan semakin menunjukkan mana yang matang dan mana yang mentah.

        :siul :siul

  3. semakin cepat dewasa adalah ukuran yg baik untuk melihat kualitas blog, bukan waktu. tapi saya emang dah tua…hehehehe

    1. @Reza Fauzi, Lama bekerja hanya memberikan pengalaman. Pengalaman sukses dan gagal. Yang membuat kita naik level adalah kemauan untuk meng-upgrade ilmu dan mengevaluasi tindakan yang sudah ada.

  4. judulnya saya rasa kurang cocok tuh, jadi berasumsi tua diumur bukan diblog,

    kalau soal tua saya emang udah tua tapi ngeblog belum ada satu tahun

    Jadi cocoknya senioritas bukan jaminan, itu yang lebih sesuai. betul ndak???

  5. Blogger hanyalah istilah orang yang punya blog dan aktif bikin posting. Latar belakang blogger tersebutlah yang bisa menggambarkan konten blognya nanti.

    Seorang wartawan, selebritis atau tokoh politik tentu saja memiliki potensi cepat "ngetop" di dunia blogger – jika barometernya adalah traffic pengunjung.

    Btw, tulisan mas eko ini kelihatan seperti protes belaka karena tidak menyebutkan contoh blog mana yang berusia relatif muda namun menyedot perhatian tinggi lebih dari blog yang sudah 'tua'. Istilahnya lebih cepet ngetop.

      1. @Agus Siswoyo, wah takut kena protes kalo menyebutkan alamatnya…coz saya sering menemukan blog yang sudah lama aktif tapi juga sudah lama tidak ada postingan kaya rumah yang di tinggal pemilik…..

  6. saya memang rajin menulis , tapi saya tidak pintar dalam menulis untuk blog saya.dan hasilnya karya tulisan saya hanya menghiasi dan memenuhi hardisk saya .

    1. @ipul, wah, eman-eman kalau nggak dimanfaatkan mas. Kalau mas Ipul nggak keberatan, jadi co-writer blog saya aja. Kita bisa saling bertukar artikel.

  7. Sepanjang yang tua mampu mempertahankan eksistensinya dengan tetap berpegangan pada tujuannya ngeblog saya rasa dia pasti mampu bersaing dengan blogger blogger pemula

    1. @dodypku, Sekali lagi, komitmen dan fokus tetap menjadi tolak ukur eksistensi sebuah blog. Tua dan muda memiliki peluang sukses yang sama. Yang membedakannya adalah kemampuan mewujudkan visi ke dalam tindakan nyata.

      :rate

  8. kok nada dari tulisannya agak emosi ya mas?

    apa pernah diremehkan?

    buat saya blogger yang lama ato baru cuma masalah waktu aja kok,

    karena kita tidak pernah tau kemampuan seseorang.

    selebihnya konsistensilah yang akan menguji.

    saya juga pernah menulis soal ini di blog triwahyudi tapi di segi yang berbeda

      1. @yons, memang mas…..karena saya pernah merasakan rasanya benar-benar diremehkan….oleh karena itu saya hendak membuktikan kalo pemula juga bisa konsisten……

          1. @ghe, jangan keburu senang dulu. Yang menjadi aktor utama tetaplah Anda. Saya hanya bisa men-support dari belakang. Yang beraksi tetap mas Eko.

  9. ukuran umur tdk bs jd pijakan,yg pntng kualitasnya dn konsisten.usul ms,jk mmg ada pemula itu contohnya blog mana?biar sy yg jg newbie jg bs belajar drnya.

  10. yang penting koksisten dengan apa yang dikerjakan ajah, lama atau baru seumur indonesia merdeka gak jadi masalah.jangan kayak aku yang jadi blogger abal abal … 🙂

    1. @alief, ah kalo menurut saya blog mas sudah apik kug…….kan abal-abanya suatu blog bukan kita ynag nilai…..tapi orang lain….blog abal-abal tai kalo kualitas tulisannya apik… pasti juga banyak yang respon…..

  11. Ada sebuah kutipan, Ujian pertama bagi orang besar adalah kerendahan hati.

    Kalau sudah menjadi yang rendah hati, sebentar ataupun lama. Pasti banyak akan apresiasi.

    :cendol

          1. @ghe, oleh karena itu, harus pintar-pintar memilih lokasi bercocok tanam yang bebas bencana banjir. Dalam internet selling, kita harus jeli melakukan riset.

  12. wedewh !!!! Akhirnya temen SMP-ku menjadi co-writer di blog orang ! blognya orang terkenal lagi !

    selamat dech Ko !!!

    Gw sich ikut seneng ko, akhirnya lu mau make ide artikel dari gw… gw kira lu mau make ide yang satu lagi, ternyata ide gw yang dipake…makasih aaf mas baru mampir, habis liburan panjang di anyer mas…

    btw, soal kejutan di dunia blogging memang tidak terkira, apalgi kejutan-kejutan atas keputusan kita memutuskan ngeblog ! jadi semangatlah ! kena vertigo lah ! atau jadi suka senyum2 sendirilah ! jadi makin encerlah otak kita ,,,dlll pokoknya dunia blogging terus menggebrak kita dengan kejutan-kejutannya lah !

  13. Hmm…, setuju banget dg yang ditulis disini. Soalnya aku sudah sering menemukan blogger-2 pemula yang ternyata tulisannya luar biasa bagusnya (apalagi aku menganggap aku tak terlalu pandai menulis hehehe)

  14. I actually truly like anything you publish here. Particularly insightful plus intelligent. One dilemma however. I’m operating Chrome by using Debian plus parts within your current design types absolutely are a minimal wonky. I actually realize it’s not much of a popular put in place. However it’s a little something so that you can preserve in mind. I actually hope not wearing running shoes will certainly enable plus continue to keep up the major level of quality crafting.

  15. Most big businesses run company blogs to facilitate communication between employees, make announcements or receive feedback from customers.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *