Workshop Sharing Keliling Bersama Saling-silang dan Internet Sehat di Surabaya

Sharing Keliling menghadirkan workshop blogging dan talk show sosial media. Workshop blogging dibagi menjadi tiga kelas, yaitu Creative Writing, Photo Blogging, dan Video Blogging.

Setelah Roadshow Blogilicious IdBlogNetwork, untuk kedua kalinya kota Pahlawan Surabaya mendapat kepercayaan membuka rangkaian workshop dan kopdar blogger. Entah pertimbangan apa dari panitia pelaksana, Surabaya kembali mengawali rangkaian ajang pertemuan blogger lokal. Kali ini bertempat di Gedung Teknologi Informatika UPN Veteran Surabaya, acara Sharing Keliling dibagi menjadi dua bagian, yaitu workshop blogging dan diskusi kebebasan berekspresi di sosial media.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh blogger dan panitia yang hadir. Seperti biasa, workshop didahului dengan sambutan dari Abah Nopy dari Tugu Pahlawan Community (TPC) selaku tuan rumah, perwakilan Saling-silang, dan Kaprogdi Sistem Informasi UPN. Setelah itu para peserta workshop dibagi menjadi tiga kelas sesuai pilihan. Yaitu: Creative Writing, Photo Blogging, dan Video Blogging.

Workshop Creative Writing

Materi yang disampaikan adalah dasar-dasar penulisan artikel blog. Sebagaimana kita tahu, blog adalah catatan harian atau jurnal yang dipublikasikan secara teratur yang berisi dokumentasi pengalaman, opini atau buah pikiran pribadi, informasi mengenai satu bidang maupun membangun jaringan pertemanan atau relasi bisnis. Mengutip pernyataan Paman Tyo, seorang blogger adalah penulis (author) sekaligus penyunting (editor), merangkap penerbit (publisher) dan pengedar (distributor) untuk karya pribadinya.

Bagaimana cara menulis kreatif? Pada umumnya orang membuat draft atau tulisan kasar dalam notepad. Lalu tulisan tersebut diperkaya dengan konten foto, audio, video maupun link. Supaya tulisan menarik perhatian pengunjung, Anda harus tahu seni bercerita. Konsepnya sederhana saja. Sama seperti ketika Anda bercerita tatap muka dengan teman, saudara dan siapa saja yang ditemui.

Ngeblog bukanlah tes tulis. Pembaca bukanlah guru, melainkan teman yang berasal dari ragam profesi dan usia. Secara umum mereka tidak akan memberikan nilai angka, kecuali jika Anda sedang mengikuti kontes menulis. Berceritalah tanpa beban dan nyatakan apa yang Anda ingin katakan.

Workshop Fotografi

Pemateri workshop ini adalah Sasha, fotografer yang siang ini menjadi idola peserta kopdar. Banyak yang beranggapan bahwa photo blogging adalah kegiatan khusus buat para fotografer profesional dengan peralatan canggih. Padahal untuk membuat foto tidak harus memiliki kamera DSLR. Sebagai gantinya Anda bisa memanfaatkan HP berkamera, kamera saku, webcam, maupun scanner.

Foto menjadi salah satu pilihan media blogging karena bisa memberi gambaran langsung pada penulisan blogging, presentasi kantor dan sekolah, dan juga media berkarya. Seringkali sebuah foto lebih mampu mewakili pengalaman seseorang dibanding ratusan kata-kata yang terangkai dalam kalimat.

Blogging dengan fotografi berfungsi menyampaikan makna, rasa, dan berbagai pengalaman yang tidak bisa disampaikan secara lisan maupun tulisan. Dengan berbagi pengalaman, cerita, tips, dan moment tertentu, seorang blogger fotografer berpeluang mendapatkan penghasilan sekaligus berprakarya seni.

Workshop Video Blogging

Workshop ini disampaikan oleh Motulz. Bentuk lain dari blogging adalah dengan media video. Karena bentuknya audio-visual, ngeblog dengan cara ini jadi lebih menarik dan seru. Keunikan yang ditawarkan berbeda dari jenis tulisan blogging maupun foto. Inilah cara simpel untuk berekspresi tanpa perlu susah payah membuat kerangka karangan.

Video blogging disebut juga documentary. Karakter dari video dokumenter bisa berupa liputan sebuah kejadian dengan tokoh, lokasi dan kejadian yang sebenarnya atau asli. Originalitas menjadi nilai lebih. Sebuah video dokumenter harus memiliki alur cerita yang jelas sehingga pengunjung blog bisa menangkap maksudnya.

Ada banyak contoh video blogging yang populer di masyarakat. Dari yang mampu memberi hiburan bagi keluarga, misalnya Shinta-Jojo dan Briptu Norman, sampai dengan hiburan khusus dewasa. Membuat video blogging juga memberi Anda kesempatan meraih popularitas dan penghasilan yang tak terduga. Siapa tahu Anda adalah the next Justin Bieber.

Kode Etik Berekspresi di Internet

Setelah break makan siang (tersedia gratis tentunya), tiba giliran tim Internet Sehat membuat diskusi mengenai kode etik beraktifitas secara online. Kebebasan berekspresi di internet tidak akan dapat berjalan dengan baik apabila tidak ditopang oleh dua hal. Yaitu adanya etika yang mendampingi dan media alternatif yang mewadahi. Untuk media rakyat, kita mengenal adanya fungsi blogger sebagai citizen journalist dengan media ekspresi blog, twitter, facebook, Google+, youtube dan lain-lain.

Sedangkan untuk etika, yang terbaik adalah yang disusun berdasarkan keadaan kontekstual setempat. Artinya, etika di satu tempat belum tentu cocok seratus persen jika diterapkan di tempat lain. Etika yang baik adalah yang tunduk pada kearifan dan kebiasaan lokal (local wisdom and local custom). Untuk secara bersama mewujudkan kode etik berekspresi di Indonesia, perlu adanya input membangun dari berbagai pihak supaya kepentingan mereka terwakili.

Dalam diskusi ini disediakan kuesioner tertulis. 10 orang yang beruntung masing-masing berhak mendapatkan 1 buah Norton Internet Security 2011 dan 1 buah CD film dokumenter @linimas(s)a. Dan syukur alhamdulillah saya termasuk satu diantara mereka. Jadi deh saya punya dua buah Norton Internet Security setelah yang pertama dapat dari gelaran Internet Sehat Award tahun kemarin.

Secara umum, workshop kali ini materinya tidak ada yang baru bagi saya. Sebagian besar sudah saya jalankan dalam aktifitas blogging dua tahun terakhir. Mungkin tahun depan saya yang akan berdiri disana dan memberi materi Creative Writing. Amiiiiiiiin…! Yang paling menyenangkan tentu saja bisa bertemu dengan kawan-kawan blogger dari beragam usia, karakter dan latar belakang pendidikan.

Berikut ini beberapa foto hasil jepretan teman-teman peserta Workshop Sharing Keliling Bersama Saling-silang dan Internet Sehat di Surabaya.

Workshop Sharing Keliling Bersama Saling-silang dan Internet Sehat di Surabaya
Acara Pembukaan Diisi Dengan Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

 

Workshop Sharing Keliling Bersama Saling-silang dan Internet Sehat di Surabaya
Yang Mbaurekso Acara Workshop...
Workshop Sharing Keliling Bersama Saling-silang dan Internet Sehat di Surabaya
Suasana Kelas Photo Blogging. Pemateri-nya banyak yang ngefans lho...
Workshop Sharing Keliling Bersama Saling-silang dan Internet Sehat di Surabaya
Kelas Creative Writing Pesertanya Paling Banyak, Paling Heboh dan Paling Banyak Tanya

19 Replies to “Workshop Sharing Keliling Bersama Saling-silang dan Internet Sehat di Surabaya”

  1. wahhh pasti seru bgt di sana!! sebenernya pengen ikutan tapi bagi2 tugas hehehe.. salam kenal mas, aku blogger baru dan salah satu tim http://salingsilang.com/ di Jakarta, semoga next time bisa main2 dan ketemu blogger2 keren di Surabaya ya :))

  2. Saya belum pernah ikut acara gini. Semoga suatu hari bisa ikut. Pasti banyak manfa’at dari acara seperti ini. Ya minimal dapat ilmu dari senior.
    Salam untuk semua dari newbie.

  3. Acara seperti ini sangatlah bermanfa’at. Terutama kita bisa silaturahim. Belum lagi hal2 positif kita akan dapat.
    Terima kasih atas sharenya mas Agus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *