3 Cara Menciptakan Suasana Akrab Sebelum Bercerita Dongeng

Dongeng Anak di Acara Pondok Ramadhan 2017 Murid-murid SDN Latsari Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang
Dongeng Anak di Acara Pondok Ramadhan 2017 Murid-murid SDN Latsari Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang

Mendengarkan cerita dongeng adalah aktifitas yang menyenangkan untuk kebanyakan anak-anak. Mereka bisa bergembira dan tertawa bersama teman. Hal yang berbeda mungkin akan terjadi pada orang dewasa yang baru pertama kali mendongeng. Rasa grogi, tidak percaya diri, dan salah tingkah bisa terjadi saat pengalaman pertama kali mendongeng.

Lalu, bagaimana cara menumbuhkan rasa akrab saat Anda akan mendongeng untuk pertama kali? Kak Awam Prakoso dalam Pelatihan Mendongeng Bersama Kak Awam Prakoso dari Kampung Dongeng Indonesia di Jombang membagikan beberapa tips mendongeng yang bisa Anda coba untuk mengakrabkan diri dengan anak.

Pertama, bermain tebak-tebakan yang segar dan menghibur.

Setiap anak suka bermain tebak-tebakan. Setelah menanyakan kabar, ajaklah audiens anak-anak untuk bermain tebak-tebakan. Gunakan bahasa yang mudah dipahami anak. Anda bisa menggunakan Bahasa Indonesia maupun bahasa daerah selama bermain tebak-tebakan.

Jangan khawatirkan persediaan soal tebak-tebakan untuk anak. Buka Google dan Anda bisa mendapatkan semua. Contoh soal: apa nama hewan yang terdiri dari satu huruf? Jawab: i’kan. Contoh soal tebakan bahasa Jawa: pitik walik saba kebon. Jawab: nanas.

Kedua, menyanyikan lagu-lagu ringan dan gembira.

Tips mendongeng kedua yang bisa Anda lakukan untuk mengakrabkan diri dengan audiens anak-anak adalah menyanyikan lagu-lagu ringan dan gembira. Dalam banyak kesempatan yang penulis alami, cara ini terbukti efektif mengurangi rasa malu pada anak.

Ada banyak lagu anak yang bisa Anda coba nyanyikan. Lagu anak yang mudah diikuti adalah Kalau Kau Suka Hati Bilang Hore. Anda juga bisa menggunakan lagu-lagu populer sebagai media menambah kegembiraan pada anak. Hindari menggunakan lagu-lagu orang dewasa yang bertema cinta dan kekerasan.

Ketiga, ajaklah anak-anak untuk melatih kekompakan.

Keakraban anak dapat tercipta melalui permainan kekompakan. Misalnya, Anda bisa bermain tangkap tangan, permainan benar salah, menyanyikan lagu sedang apa, dan banyak kreasi lainnya. Pastikan Anda memperhatikan setiap mimik muka audiens. Jangan biarkan satu anak pun merasa tidak nyaman atas kehadiran Anda.

Setiap pendongeng pemula pasti khawatir kalau dicuekin oleh anak-anak. Jangan memandang rendah kemampuan diri Anda. Coba saja tiga tips mendongeng di atas. Ketulusan yang Anda miliki terpancar melalui tatap mata, suara, gerak tubuh, dan semua tingkah laku selama mendongeng. Selamat mempraktekkan!

Bagikan tulisan ini:

One Reply to “3 Cara Menciptakan Suasana Akrab Sebelum Bercerita Dongeng”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *