Melatih Kemampuan Berbahasa Melalui Dongeng Anak Islami

Dongeng Anak Islami di Kabupaten Jombang
Dongeng Anak Islami di Kabupaten Jombang

Usia dibawah lima tahun adalah masa-masa emas pertumbuhan anak. Anak banyak mempelajari hal-hal baru selama kurun waktu tersebut. Anak mulai dari mengenal wajah ayah, ibu dan anggota keluarga. Kemudian belajar berbicara dan menyampaikan omongan. Sampai dengan pengenalan nama-nama benda yang biasa Anda gunakan di rumah. Pada masa inilah kemampuan anak berkembang dengan pesat melebihi perkiraan para orang dewasa.

Sayangnya tidak semua anak memiliki kemampuan berbahasa sesuai harapan orang tua. Ada kalanya anak harus diberi perhatian ekstra agar kemampuan berbahasa mereka dapat berkembang lebih cepat. Anda dapat menggunakan media dongeng anak Islami sebagai pelatihan meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Dongeng adalah bagian dari cara pembelajaran secara klasikal. Artinya, antara pendongeng dan anak bertatap dan saling berinteraksi secara langsung.

Saat pendongeng mengatakan “Ini kambing. Embeeeeek….!” maka akan terekam dalam ingatan anak kalau mendengar kata kambing, lantas dia akan mengembik pula. Itu adalah salah satu contoh sederhana betapa pengalaman hidup masa kanak-kanak akan mereka ingat seumur hidup. Nama-nama hewan yang mereka ingat adalah yang memiliki visualisasi terbaik dan mendekati kenyataan. Pendongeng dapat menggunakan bonek berbentuk hewan-hewan lucu untuk memperjelas penyampaian pesan dongeng.

Bukan hanya nama dan bentuk hewan yang dapat diingat oleh kanak-kanak. Mereka pun akan menghafal dengan mudah beragam bahasa yang digunakan oleh pendongeng dalam bercerita. Jika Anda mengharapkan putra Anda kelak dapat menjadi seorang mubaligh berkompeten, Anda dapat memberikan dongeng anak dengan multi bahasa. Mulai dari Bahasa Indonesia, Arab, Indonesia, dan mungkin bahasa daerah setempat.

Bagaimana, apakah Anda tertarik memberikan edukasi kepada putra-putri Anda melalui dongeng anak Islami? Selamat mempraktekkan tips ini. Semoga putra-putri Anda dapat tumbuh menjadi anak-anak yang cerdas dan bisa membanggakan kedua orang tua. Enjoy blogging, enjoy writing!

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

One thought on “Melatih Kemampuan Berbahasa Melalui Dongeng Anak Islami”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *