Contoh Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terpadu Tematik Posdaya Berbasis Masjid

Kegiatan Belajar Santri Paket Marhalah TPQ Al-Mujahiddin Guwo Jombang
Kegiatan Belajar Santri Paket Marhalah TPQ Al-Mujahiddin Guwo Jombang

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan Strata 1 (S1) di perguruan tinggi, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta. KKN saat ini dikembangkan menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Salah satu perkembangan model KKN adalah KKN Terpadu dengan tematik Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) Berbasis Masjid. Masjid merupakan pusat kegiatan masyarakat muslim Indonesia. Bidang Pengembangan Posdaya Berbasis Masjid dapat meliputi beragam aspek kehidupan.

Berikut ini beberapa program kerja dan jenis kegiatan KKNT Posdaya Berbasis Masjid yang dilakukan pada masing-masing bidang kehidupan masyarakat oleh mahasiswa Universitas Hasyim Asyari (UNHASY) Tebuireng di Desa Keboan Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang tahun 2016.

Bidang Keagamaan

Kegiatan mahasiswa peserta KKNT Posdaya Berbasis Masjid yang dapat dilakukan dalam bidang keagamaan antara lain pelatihan kaligrafi, berpartisipasi aktif dalam kegiatan keagamaan desa, khataman Al-Quran rutin, membuat jadwal adzan, pengajian lansia, TPQ Lansia, dan pelatihan Qiro’ah. Bersama-sama Divisi Pendidikan, program kerja KKNT Posdaya Berbasis Masjid bidang keagamaan banyak berperan praktis dalam kehidupan masyarakat.

Kegiatan keagamaan di Desa Keboan sudah sangat baik. Berikut ini bentuk kegiatan yang dilaksanakan KKNT Posdaya Berbasis Masjid dalam bidang keagamaan di Keboan. Pertama, aktif mengikuti kegiatan Keagamaan di Desa Keboan (Istighosah, Tahlilan, Majlis Taklim dan Shalawat, Pengajian Riyadus Shalihin, dan Kegiatan Tasyakuran dan Sedekah Desa). Kedua, contoh program kerja KKNT Posdaya Berbasis Masjid di Desa Keboan adalah Khataman Al-qur’an, Kegiatan Pengajian Lansia (TPQ Lansia), Pelatihan Menulis Kaligrafi, Pelatihan Qiro’ah, dan melaksanakan Adzan Shalat Fardu.

Bidang Pendidikan

Kegiatan KKNT Posdaya Berbasis Masjid dalam bidang pendidikan antara lain membantu pembelajaran di TPQ, berpartisipasi sebagai pengajar di sekolah, membantu kegiatan bimbingan belajar, pelatihan MC atau pembawa acara, pelatihan Banjari dan melaksanakan Adzan shalat fardhu. Bidang pendidikan merupakan program kerja KKNT Posdaya Berbasis Masjid yang memainkan peran penting karena berperan membentuk pola pikir warga yang ideal sesuai tuntunan agama Islam.

Sebagian besar masyarakat Desa Keboan memiliki pendidikan yang tinggi. Berikut ini beberapa bentuk kegiatan KKNT Posdaya Berbasis Masjid yang dapat dilaksanakan dalam bidang pendidikan. Pertama, membantu Mengajar di TPQ. Kegiatan ini terdiri dari membantu mengajar di TPQ Nurul Hidayah, membantu mengajar di TPQ Darussalam, membantu mengajar di TPQ An-Nur, dan membantu mengajar di TPQ Baitus Syukur.

Kedua, mahasiswa peserta KKNT Posdaya Berbasis Masjid dapat berartisipasi di sekolah dengan cara mengajar di  RA Muslimat Keboan, membantu mengajar di  SDN Keboan, membantu Mengajar di  MTsN Bakalan Rayung, membantu Mengajar di  MAN Keboan, membantu Bimbingan Belajar (Bimbel), bimbel dirumah bapak Aminullah wakil ta’mir masjid Nurul Hidayah, bimbel dirumah Kak Nindri sebelah barat masjid Nurul Hidayah, dan bimbel di pondok An-Nur. Ketiga, bentuk pendidikan lain seperti pelatihan public speaking menjadi MC atau Pembawa Acara dan Pelatihan Musik Banjari.

Sejarah dan Teknik Permainan Olahraga Bolavoli - Gambar pemuda sedang bermain olahraga bola voli
Sejarah dan Teknik Permainan Olahraga Bolavoli – Gambar pemuda sedang bermain olahraga bola voli

Bidang Kesehatan

Bentuk program kerja KKNT Posdaya Berbasis Masjid dalam bidang kesehatan yaitu membantu posyandu balita dan lansia serta mengikuti kegiatan senam bersama ibu-ibu PKK. Mahasiswa peserta KKNT Posdaya Berbasis Masjid dapat bersinergi dengan rumah sakit, puskesmas, dokter umum, maupun instansi swasta lainnya untuk melaksanakan bakti sosial pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat umum.

Sebagian besar masyarakat Desa Keboan memiliki tingkat kepedulian yang tinggi terhadap kesehatan. Beberapa bentuk kegiatan yang dilaksanakan KKNT Posdaya Berbasis Masjid dalam bidang kesehatan adalah membantu Posyandu (Posyandu Balita dan Posyandu Lansia), berlatih olahraga bola voli dengan pemuda setempat, melatih anak-anak bermain sepakbola dan mengikuti Senam Bersama Ibu-Ibu PKK.

Gambar globe dengan tumpukan uang emas - gambar diambil dari Pinterest dot com
Gambar globe dengan tumpukan uang emas – gambar diambil dari Pinterest dot com

Bidang Ekonomi

Kegiatan KKNT Posdaya Berbasis Masjid dalam bidang ekonomi antara lain sosialisasi Program Baitul Maal Wat Tamwil (BMT), pelatihan bertanam hidroponik, pelatihan membuat kaos sablon, pelatihan kerajinan tangan anyaman daun pandang, pelatihan rias pengantin, pendampingan cara bertanam jahe merah, dan lain-lain.

Bentuk kegiatan yang dilakukan mahasiswa peserta KKNT Posdaya Berbasis Masjid di bidang ekonomi syariah antara lain bertujuan untuk menjalankan kembali BMT yang pernah terbentuk di Desa Keboan. Langkah awal yang dilakukan adalah kegiatan sosialisasi program BMT kepada Masyarakat. Selain itu, program KKNT Posdaya Berbasis Masjid di bidang ekonomi dilakukan melatihan kewirausahaan kreatif.

Bidang Keorganisasian

Kegiatan KKNT Posdaya Berbasis Masjid dalam bidang keorganisasian misalnya mensukseskan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia bersama anggota Karang Taruna di desa setempat. Selain itu, program kerja KKNT Posdaya Berbasis Masjid dalam bidang keorganisasian diwujudkan melalui pembentukan struktur posdaya.

Bentuk kegiatan yang dilakukan mahasiswa peserta KKNT Posdaya Berbasis Masjid di bidang keorganisasian bertujuan untuk menjalin silaturrahin dengan kepengurusan yang ada di desa Keboan, bentuk kegiatan yang dilakukan antara lain mensukseskan Kegiatan Peringatan HUT RI di Desa Keboan dan mensukseskan pembentukan Struktur Posdaya

Bidang Lingkungan

Program kerja Kuliah Kerja Nyata Terpadu Posdaya Berbasis Masjid di bidang lingkungan berupa bakti sosial dan penghijauan serta pembuatan papan nama jalan di desa lokasi kegiatan. Jenis kegiatan KKNT Posdaya Berbasis Masjid yang dilakukan dalam bidang lingkungan bertujuan untuk menumbuhkan minat dan kemauan masyarakat dalam melestarikan lingkungan, menjaga kebersihan lingkungan dan tempat ibadah yang ada di Desa serta menjaga inventaris desa. Bentuk kegiatan KKNT Posdaya Berbasis Masjid  di bidang lingkungan antar lain bakti sosial dan penghijauan, dan pembuatan Papan Nama Jalan di Desa Keboan.

2 Replies to “Contoh Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terpadu Tematik Posdaya Berbasis Masjid”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *