Review Jurnal Akuntansi Tentang Praktek Outsourcing dalam UKM Manufaktur di Pakistan

Review Jurnal Akuntansi Lingkungan Pada Industri Farmasi di Yordania
Review Jurnal Akuntansi Lingkungan Pada Industri Farmasi di Yordania

Pada tahun 2013 Ajmal Hafeez dan Otto Andersen dari Faculty of Economics and Social Sciences Universitas Agder Norwegia mengadakan penelitian di bidang ekonomi akuntansi yang berjudul Factors Influencing Accounting Outsourcing Practices among SMEs in Pakistan Context: Transaction Cost Economics (TCE) and Resource-Based Views (RBV) Prospective. Penelitian tersebut dimuat dalam jurnal internasional yang bernama International Journal of Business and Management Volume 9 Nomor 7 Tahun 2014 ISSN 1833-3850 E-ISSN 1833-8119 dan diterbitkan oleh Canadian Center of Science and Education.

Tujuan Penelitian

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi Usaha Kecil Mengengah (UKM) manufaktur di Pakistan dalam keputusan untuk melaksanakan outsourcing pada praktik akuntansi manajemen dalam hal ekonomi biaya transaksi dan berbasis sumber daya.

Pertanyaan Penelitian

Bagaimana pengaruh UKM manufaktur dalam mengambil keputusan menggunakan tenaga outsourcing akuntansi di Pakistan?

Research Gap

Dalam penelitian ini terdapat research gap yaitu UKM dengan kendala sumber daya harus menggeser praktik akuntansi tradisional di rumah mereka ke praktek akuntansi yang memiliki pengetahuan professional dari luar sedangkan dalam praktek penggunaan jasa outsourcing ini memberikan kontribusi terhadap tumbuhnya pengetahuan pengusaha UKM sehubungan dengan manajemen akuntansi dalam konteks ekonomi.

Hipotesis

Didalam penelitian ini terdapat beberapa hipotesis yang dijadikan sumber awal dalam melakukan penelitian yaitu :

Hipotesis 1: Semakin tinggi frekuensi tugas akuntansi non-rutin maka semakin kurang intensif fungsi akuntansi.

Hipotesis 2: Semakin tinggi tingkat spesifisitas aset fungsi akuntansi maka semakin rendah intensitas penggunaan tenaga outsourcing akuntansi.

Hipotesis 3: Semakin kuat persepsi bahwa akuntan eksternal bersikap oportunis maka semakin kurang intensif penggunaan tenaga outsourcing akuntansi.

Hipotesis 4: Semakin tinggi tingkat kepercayaan manajer UKM terhadap akuntan eksternal maka semakin intens penggunaan tenaga akuntansi outsourcing.

Hipotesis 5: Semakin kuat tekanan persaingan yang dihadapi oleh perusahaan maka semakin besar kemungkinan penggunaan tenaga akuntansi outsourcing.

Teori Utama

Dalam penelitian ini teori yang dijadikan sebagai rujukan utama oleh peneliti adalah konsep outsourcing yang pertama kali diperkenalkan pada periode terakhir tahun 1980 oleh Hussey dan Jenster.

Jenis Penelitian

Jenis penelitian ini adalah studi kasus atau penelitian terapan.

Lokasi Penelitian

Tempat penelitian ini di 9 kota besar di Provinsi Punjab Negara Pakistan.

Variabel Penelitian

Terdapat dua jenis variabel yang digunakan untuk melakukan penelitian ini yaitu variabel dependen dan variabel independen. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah intensitas penggunaan tenaga outsourcing. Variabel independen dalam penelitian ini adalah frekuensi tugas non-rutin akuntansi, spesifisitas asset usaha, sikap oportunis akuntan, tingkat kepercayaan manajer UKM, dan kompetisi antar UKM manufaktur.

Metode Pengumpulan Data

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode survey yang dilakukan dengan menggunakan convenience sampling dan wawancara pribadi.

Populasi

Populasi penelitian ini adalah UKM manufaktur yang menggunakan jasa akuntan outsourcing di Pakistan.

Ukuran Populasi

Ukuran populasi dalam penelitian ini adalah 250 orang karyawan UKM manufaktur.

Sampling

Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan convenience sampling.

Ukuran Sampling

Dalam penelitian ini ukuran sampling berkisar 25-70 kuesioner yang terisi penuh di setiap 9 lokasi yang berbeda.

Hasil Penelitian

Analisis empiris penelitian telah menunjukkan bahwa semakin tinggi frekuensi tugas akuntansi non-rutin maka semakin kurang intensif fungsi akuntansi, semakin tinggi tingkat spesifisitas aset fungsi akuntansi maka semakin rendah intensitas penggunaan tenaga outsourcing akuntansi, semakin kuat persepsi bahwa akuntan eksternal bersikap oportunis maka semakin kurang intensif penggunaan tenaga outsourcing akuntansi, semakin tinggi tingkat kepercayaan manajer UKM terhadap akuntan eksternal maka semakin intens penggunaan tenaga akuntansi outsourcing, dan semakin kuat tekanan persaingan yang dihadapi oleh perusahaan maka semakin besar kemungkinan penggunaan tenaga akuntansi outsourcing.

Saran

Penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan yang diharapkan dapat diperbaiki dalam penelitian di masa depan. Pertama, penelitian ini hanya berfokus pada UKM yang terlibat di sektor manufaktur. Kedua, ukuran populasi hanya 250 orang karyawan saja. Kedua hal tersebut dapat menyebabkan bias penelitian. Oleh karena itu, kami menyarankan agar penelitian dilakukan pada sektor usaha lainnya dan memiliki ukuran populasi yang lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *