Kuliah Ekonomi Islam? Di UNHASY Tebuireng Saja

Aktifitas perkuliahan di UNHASY Tebuireng
Aktifitas perkuliahan di UNHASY Tebuireng

Program studi Ekonomi Islam bisa dibilang merupakan cabang ilmu ekonomi yang terbilang baru dalam dunia kampus di Indonesia. Saat ini belum banyak kampus di Indonesia yang membuka perkuliahan jurusan atau program studi Ekonomi Islam. Hal itu bertolak belakang dengan kebutuhan dunia kerja yang semakin meningkat terhadap lulusan Ekonomi Islam. Isu penerapan ekonomi syariah semakin kencang berhembus di tengah kegagalan ekonomi konvensional dalam menjawab tantangan jaman.


Ekonomi Islam berakar dari sistem perekonomian berdasarkan Al Quran dan Al Hadist. Tujuan penerapan ekonomi Islam adalah menciptakan falah atau kesejahteraan hidup di dunia dan akhirat. Motivasi ekonomi yang melandasi perilaku ekonomi syariah adalah untuk tujuan tolong menolong. Transaksi ekonomi yang berlangsung didasari oleh kerelaan dan keikhlasan diantara kedua belah pihak. Setiap kerjasama bertujuan mendapatkan manfaat dan menghindarkan kemudharatan.

Perekonomian yang mapan ditopang oleh adanya kesatuan unsur-unsur pelaku didalamnya dengan saling menghargai hak dan kewajiban serta bebas dari sistem ribawi. Hasil dari ekonomi ribawi yang sudah berjalan selama ini adalah kekacauan ekonomi global. Persaingan bebas tanpa memperhatikan aspek-aspek ruhaniyah menghasilkan degradasi moral di kalangan pelaku ekonomi tersebut. Lebih bahaya lagi, sistem ekonomi kapitalis dan sosialis yang sudah pernah di jalankan di Indonesia tidak sesuai dengan tujuan pembangunan nasional dan cenderung menguntungkan kelompok tertentu.

Kini Anda dapat bergabung sebagai calon ekonom muslim dengan kuliah di Universitas Hasyim Asyari Tebuireng Jombang. Latar belakang budaya pesantren yang kuat merupakan modal berharga bagi pelaksanan prodi Ekonomi Islam di UNHASY Tebuireng. Anda dapat membaca informasi penerimaan mahasiswa baru prodi Ekonomi Islam UNHASY Tebuireng melalui website www.fe.unhasy.ac.id Mari menjadi bagian dari kemajuan masa depan ekonomi Indonesia bersama Ekonomi Islam UNHASY.

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

5 thoughts on “Kuliah Ekonomi Islam? Di UNHASY Tebuireng Saja”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *