Launching Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia di Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asyari Tebuireng Jombang

Manajemen Operasional Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia FIA UNIPDU Jombang
Manajemen Operasional Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia FIA UNIPDU Jombang

Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari (UNHASY) Tebuireng Jombang bekerja sama dengan PT. Bursa Efek Indonesia mengadakan kegiatan launching Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari ini Rabu, 19 Februari 2020. Acara launching Galeri Investasi BEI berlangsung di Lantai 3 Gedung Yusuf Hasyim, Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang. Acara dimulai pukul satu siang dan dihadiri oleh lebih dari 400 orang. Hadirin terdiri dari mahasiswa, alumni mahasiswa, dosen, jajaran rektorat UNHASY Tebuireng, dan tamu undangan.

Peluncuran Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia di lingkungan Kampus UNHASY Tebuireng merupakan bagian dari program memasyarakatkan investasi di kalangan masyarakat umum. Gerakan Yuk Menabung Saham yang dilakukan oleh PT. Bursa Efek Indonesia didukung sepenuhnya oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perusahaan sekuritas dan lembaga pendidikan tinggi yang ada di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Para tamu undangan telah memadati gedung pertemuan sejak pukul setengah satu siang. Masing-masing pejabat rektorat UNHASY, pejabat dari PT. BEI, pejabat OJK, serta Direktur Utama Phintraco Sekuritas silih berganti memberikan sambutan di hadapan para tamu undangan. Hadirin mendengarkan dengan penuh antusias dari awal hingga acara ini berakhir pada pukul lima sore.

Kerjasama Perguruan Tinggi dan Dunia Usaha

Sambutan pertama datang dari Wakil Rektor 1 UNHASY Tebuireng, yaitu Profesor Haris Supratno. Beliau membicarakan mengenai pentingnya kerjasama perguruan tinggi dengan lembaga keuangan di luar perguruan tinggi sebagai mitra tempat belajar para mahasiswa di luar lingkungan kampus. Tiga pihak saling berkepentingan dalam memajukan pendidikan di Indonesia, yaitu perguruan tinggi, mahasiswa dan perusahaan.

Saat ini terdapat ketentuan dalam pendidikan tinggi bahwa mahasiswa diperbolehkan menempuh perkuliahan di kampus hanya selama 5 semester saja. Sementara itu 3 semester sisanya dapat ditempuh oleh mahasiswa melalui pembelajaran di luar lingkungan kampus, yaitu melalui program magang kerja. Magang kerja dilakukan sebagai upaya membiasakan mahasiswa beradaptasi menjalani tantangan kehidupan dunia kerja yang sebenarnya.

Investasi Millenial Muda

Selanjutnya Direktur Utama PT. Phintraco Sekuritas, Jeffry Hendrik menyampaikan manfaat pembukaan Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia di lingkungan kampus. Ada tiga manfaat yang diperoleh dari pendirian Galeri Investasi BEI, yaitu sebagai sarana belajar berinvestasi, sebagai sarana praktek berinvestasi, dan sekaligus sebagai referensi penelitian ilmiah di bidang keuangan.

Pria berkacamata ini menjelaskan beberapa fenomena terkait investasi di dunia modern. Di antara sekian banyak jenis investasi yang dilakukan oleh manusia, menabung saham adalah jenis investasi yang dikatakan paling banyak memberikan keuntungan. Menabung saham dapat dimulai dari nominal Rp100.000. Anda tidak perlu menjadi kaya dulu agar bisa menjadi seorang investor. Hal yang perlu anda lakukan adalah belajar kapan waktu yang tepat untuk membeli saham dan kapan waktu yang tepat untuk menjual saham.

Memilih Investasi yang Menguntungkan

Jefry Hendrik lantas menceritakan ilustrasi yang menarik kepada audiens seperti dalam cerita berikut ini. Ketika pertama kali pria berkacamata ini menempuh pendidikan perguruan tinggi di Universitas Trisakti, ia telah memiliki 600 teman mahasiswi baru perempuan yang memiliki kecantikan wajah di atas rata-rata. Lalu dari 600 orang teman perempuan yang ia kenal, hanya ada 400 perempuan yang memiliki wajah cantik sesuai idamannya.

Selanjutnya dari 400 teman Jefri yang cantik itu, ia hanya mengenal 100 orang yang kuliah dalam satu fakultas yang sama dengannya. Berikutnya, dari 100 mahasiswi cantik yang ia kenal dengan dekat, Jeffri mengenal asal-usul keluarganya hanya berjumlah 20 orang. Seterusnya, dari 20 orang mahasiswa cantik yang dekat dengannya, ia menaruh hati pada 10 perempuan cantik tersebut.

Namun akhirnya di antara 10 mahasiswi cantik yang ia kenal dekat, ia hanya memacari 3 wanita cantik itu. Dan dari 3 wanita cantik itu lantas ia memilih hanya satu orang perempuan cantik yang memiliki latar belakang keluarga baik dan kehidupan ekonomi yang menjanjikan. Seperti itulah ilustrasi mudah dalam memilih jenis investasi saham yang ada di Bursa Efek Indonesia.

Setiap calon investor harus mampu melakukan analisa teknik dan analisa fundamental sebelum memilih jenis saham yang akan dibelinya. Mungkin anda tidak bisa membeli semua saham unggulan dan sedang memiliki prospek bagus. Namun anda tetap bisa mengelola resiko itu dengan melakukan beberapa analisa di atas.

Pada akhir pertemuan hari ini, Jeffry Hendrik menyatakan bahwa memiliki dua atau lebih sumber penghasilan itu lebih baik daripada hanya memiliki satu sumber penghasilan. “Ibaratnya, berdiri diatas dua kaki itu lebih kokoh daripada berdiri hanya pada satu kaki,” demikian pungkasnya di akhir acara.

Beberapa tahun lalu penulis pernah melakukan penelitian terhadap kinerja operasional Galeri Investasi PT. Bursa Efek Indonesia di Universitas Pesantren Darul Ulum (UNIPDU) Peterongan Jombang. Penelitian tersebut membuka wawasan kepada penulis agar dapat berinvestasi lebih cerdas untuk masa depan. Dengan hadirnya Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia di Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang ini maka penulis optimis bahwa perkembangan investasi dapat lebih bergairah di kalangan milenial muda.

Semoga tulisan ini bisa menginspirasi kita semua agar lebih bijak dalam mengelola keuangan dan investasi untuk masa depan. Selamat berinvestasi.

Bagikan tulisan ini:

4 Replies to “Launching Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia di Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asyari Tebuireng Jombang”

  1. Wah, senangnya ya sekarang di kampus-kampus ada galeri BEI. Jaman saya kuliah, yang begini yang ada. Investasi saham juga masih terhitung sangat konvensional di masa itu, nggak seperti sekarang yang beli-jual saham dapat lewat hape. Untuk riset sebuah emiten juga sangat dimudahkan oleh adanya koneksi internet yang kian merata dan kencang.

  2. Saya tertarik untuk berinvestasi di Galeri investasi PT. BEI. Apa saja persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa menjadi investor di sana?

  3. Selamat atas pembukaan galeri investasi Bursa Efek Indonesia di kampus Unhasy Tebuireng Jombang. mudah-mudahan makin banyak mahasiswa dan masyarakat Jombang yang tertarik untuk berinvestasi di pasar saham.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *