Resensi Buku Rich’s Dad Guide to Investing Karya Robert T. Kiyosaki (Bagian 2)

Role of Islamic economy to be discussed Public and private sector thought leaders will discuss the role of the Islamic economy in the broader marketplace at a summit to be held in Dubai next month.
Role of Islamic economy to be discussed Public and private sector thought leaders will discuss the role of the Islamic economy in the broader marketplace at a summit to be held in Dubai next month.

Bagaimana kabar Anda hari ini? Blog The Jombang Taste kembali menyapa Anda melalui artikel tips sukes menjadi investor hebat. Melanjutkan pembahasan resensi buku Rich’s Dad Guide to Investing yang ditulis oleh Robert T. Kiyosaki, The Jombang Taste kembali mengupas pikiran-pikiran Ayah Kaya dalam menginvestasikan uangnya untuk rencana finansial jangka panjang.

Pada pelajaran investor kedelapan Anda telah diajarkan oleh Ayah Kaya untuk membuat rencana finansial jangka panjang. Diceritakan dalam buku tersebut, Mike telah mendatangi banyak konsultan keuangan untuk membuat rencana finansial. Namun pada akhirnya Mike memutuskan membuat rencana finansial sendiri untuk memperjelas tujuan finansialnya. Maka pada pelajaran investor kesepuluh ini kita akan belajar bagaimana cara mengeksekusi rencana keuangan Anda.

Pelajaran Investor #9

Pelajaran kesembilan tips sukses berinvestasi dari buku Rich Dad’s Guide To Investing yang ditulis Robert T. Kiyosaki menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang mendasar antara kaya, aman dan nyaman. Perbedaan tersebut terletak pada harga yang harus dibayar oleh investor. Ada perbedaan yang sangat besar antara rencana finansial untuk menjadi kaya dan kedua hal lainnya. Apakah perbedaan tersebut?

Bagi kebanyakan orang, harga hanya diukur dari uang. Tetapi jika dicermati dengan benar, maka Anda dapat melihat bahwa harga tidak diukur dengan uang melainkan diukur dengan waktu. Dan diantara aset waktu dan uang, waktu adalah aset yang lebih berharga. Ayah Kaya mencontohkan perbedaan antara bepergian dari Los Angeles ke New York naik pesawat terbang dan naik kereta api. Anda membayar lebih banyak uang untuk menghemat waktu.

Ayah Kaya kemudian menceritakan bahwa dalam banyak hal, kaum miskin dan kelas menengah bekerja keras karena mereka memberikan arti penting jauh lebih besar pada uang itu sendiri. Mereka mempertahankan mati-matian, bekerja keras untuk itu, bekera keras dengan hidup hemat, belanja pada saat obral, dan berusaha keras menghemat uang sebanyak mungkin. Kiat sukses menjadi investor yang tertulis dalam buku Rich Dad’s Guide To Investing menyebutkan banyak orang berusaha menjadi kaya dengan berperilaku kikir. Tetapi pada akhirnya mungkin saja Anda punya banyak uang, tetapi Anda tetap menjadi orang kikir.

Serahkan Kepada Manajer Investasi

Semakin jauh membaca buku Robert T. Kiyosaki, Anda akan mendapatkan lebih banyak kiat-kiat berinvestasi yang tepat. Lebih lanjut lagi buku Rich Dad’s Guide To Investing menuliskan banyak orang ingin kaya, atau berinvestasi dalam investasi-investasi orang kaya, tetapi kebanyakan manusia tersebut tidak mau menginvestasikan waktunya untuk fokus pada investasi yang dijalankan. Itulah sebabnya hanya tiga dari seratus orang Amerika menjadi kaya. Dan satu dari tiga orang kaya tadi menjadi kaya karena warisan.

Robert T. Kiyosaki merekomendasikan kepada Anda agar Anda bisa berinvestasi secara aman dan nyaman dengan menggunakan sistem dan rencana yang bersifat otomatis. Caranya adalah Anda cukup bekerja saja dan menyerahkan uang Anda pada manajer atau institusi profesional lalu menginvestasikan dana Anda secara jangka panjang. Dikatakan oleh buku Rich Dad’s Guide To Investing bahwa orang yang berinvestasi seperti ini memiliki kemungkinan sukses lebih besar daripada orang yang investasi dengan berperilaku layaknya Tarzan Wall Street.

Keputusan investasi yang dilakukan Tarzan Wall Street tidak layak Anda tiru. Mereka beroperasi layaknya hot tips dan skema-skema cara kilat untuk menjadi kaya secara serampangan. Atau mereka ingin membuka suatu bisnis lalu bergegas keluar dan memulai bisnis tanpa keterampilan-keterampilan dasar yang dituntut oleh bisnis itu. Dan kemudian kita akan bertanya-tanya mengapa 95 persen dari semua usaha kecil gagal dalam lima atau sepuluh tahun pertama. Hal itu terjadi karena investasi dalam usaha tersebut bersifat sporadis, tidak sistematis dan asal-asalan.

Investasikan Waktu Anda

Saat ini telah hadir begitu banyak tips perencanaan finansial dari pakar keuangan. Buku Rich Dad’s Guide To Investing menuliskan bahwa jika Anda ingin bergerak ke investasi pada tingkat orang kaya, maka Anda harus menginvestasikan waktu jauh lebih banyak daripada yang Anda kerjakan di dua tingkatan yang lain. Kebanyakan orang tidak bisa beranjak dari tingkatan aman dan nyaman karena mereka tidak bersedia menginvestasikan waktu. Tidak ada resiko yang lebih tinggi daripada orang yang tidak memiliki rencana dasar tadi.

Salah satu bentuk investasi waktu adalah dengan belajar investasi. Anda bisa bertanya dan konsultasi dengan pelakunya langsung. Atau jika Anda tidak berhasil menemukan panutan maka Anda bisa membaca buku panduan investasi. Bahkan saat ini, detik ini, saat Anda membaca artikel ini pun sebenarnya Anda sedang menginvestasikan waktu Anda yang berharga untuk membangun langkah-langkah strategis menuju rencana finansial yang aman, nyaman dan kaya.

Berinvestasi pada tingkatan aman dan pada tingkatan nyaman harus sedapat mungkin mekanis dan terformulasi. Mereka tidak boleh dijadikan wahana pengasah otak. Buku Rich Dad’s Guide To Investing mengajarkan tips kaya dari investasi kepada Anda agar Anda menyerahkan uang pada manajer profesional dan terpercaya kemudian mereka tinggal mengikuti rencana Anda. Jika Anda melakukan hal ini secara dini, maka Anda bisa mencapai kesuksesan berinvestasi. Menurut Robert T. Kiyosaki, investasi bisa sesederhana itu dan memang investasi seharusnya sederhana, pada kedua tingkatan dasar tadi.

Bersiap Menanggung Resiko

Meski demikian, buku Rich Dad’s Guide To Investing mengatakan kepada setiap investor untuk selalu berhati-hati. Tidak ada hal yang bebas resiko dalam hidup ini. Bahkan dengan berdiam diri pun sebenarnya Anda beresiko tertinggal langkah. Ada dua hal yang beresiko kecil dan hal ini berlaku pula dalam investasi. Jika Anda merasa tidak yakin mengenai nasib dunia finansial dan tidak mempercayai orang-orang atau dunia industri, maka Anda harus melakukan riset jauh lebih banyak. Itulah poin penting cara menjadi kaya melalui investasi sebagaimana dinyatakan oleh Ayah Kaya.

Robert T. Kiyosaki menyatakan bahwa penting bagi Anda untuk setia pada emosi-emosi dan insting Anda tetapi jangan membiarkan mereka mengendalikan seluruh hidup Anda. Bila Anda tidak dapat menghilangkan keraguan, maka berinvestasilah dengan hati-hati. Tetapi ingatlah selalu pada harganya. Semakin aman investasinya, semakin besar waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan uang. Selalu ada sesuatu yang harus dikorbankan. Segala sesuatu mempunyai harga. Dan di dunia investasi harga itu diukur baik dengan waktu maupun dengan uang.

Demikian pembahasan kedua dari resensi buku Rich’s Dad Guide to Investing yang ditulis oleh Robert T. Kiyosaki. Ide-ide investasi di atas mungkin saat ini tidak Anda pahami. Silakan renungkan kalimat-kalimat di atas sampai Anda menemukan titik temu strategi investasi yang sesuai dengan karakter Anda. Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi untuk kemajuan investasi Anda. Nantikan kelanjutan seri artikel tips perencanaan keuangan berikutnya hanya di blog The Jombang Taste. Selamat berinvestasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *