Resensi Buku Rich’s Dad Guide to Investing Karya Robert T. Kiyosaki (Bagian 3)

Could principles of Islamic finance feed into a sustainable economic system
Could principles of Islamic finance feed into a sustainable economic system

Hai Sobat Blogger Jombang! The Jombang Taste kembali menyapa Anda melalui artikel resensi buku Rich Dad’s Guide To Investing bagian ketiga. Resensi Rich Dad’s Guide To Investing bagian pertama membahas pentingnya Anda membuat rencana finansial yang sejelas-jelasnya. Selanjutnya, pada resensi buku Rich Dad’s Guide To Investing bagian kedua mengulas arti penting waktu sebagai aset utama dalam berinvestasi. Kiat-kiat perencanaan investasi dari Robert T. Kiyosaki di atas memberikan panduan investasi bagi Anda, baik sebagai investor pemula maupun investor kelas atas.

Pelajaran Investor #10

Pelajaran investor kesepuluh dalam buku Rich Dad’s Guide To Investing yang ditulis oleh Robert T. Kiyosaki mengajarkan Anda untuk memahami mengapa investasi Anda menjadi tidak penuh resiko. Pelajaran investor ini terkait dengan pelajaran investor sebelumnya, yaitu tiga nilai inti finansial adalah agar aman, agar nyaman, dan agar kaya. Hal ini berhubungan dengan fakta bahwa segala tindakan yang Anda lakukan selalu mengandung konsekuensi logis berupa resiko.

Sebelum memutuskan berinvestasi, pahami dulu beragam resiko yang mungkin terjadi. Robert T. Kiyosaki dalam buku Rich Dad’s Guide To Investing menyatakan bahwa investasi bisa menjadi riskan karena adanya tiga alasan utama.

Alasan Pertama, mereka belum terlatih untuk menjadi investor. Hal ini berhubungan dengan pengalaman pendidikan yang Anda terima ketika masih berusia muda. Kebanyakan manusia dididik di sekolah untuk berada di kuadran kiri sebagai pekerja (Employer) dan wiraswasta (Self-Employer). Hanya sedikit dari kita yang belajar berada di kuadran kanan sebagai pemilik bisnis (Bisnis Owner) dan Investor.

Alasan Kedua, kebanyakan investor kurang kendali atau tidak terkendali. Robert T. Kiyosaki membuat perumpamaan bahwa ada resiko dalam mengemudikan mobil. Tetapi mengemudikan mobil dengan melepas kedua tangan dari kemudi benar-benar penuh resiko. Ayah Kaya mengibaratkan jika sampai pada masalah investasi kebanyakan orang ibarat mengemudikan mobil dengan lepas tangan. Jika Anda tidak mempunyai rencana, disiplin dan tekad kuat, maka kendali-kendali investor tidak akan berarti banyak.

Alasan Ketiga, orang-orang mengatakan investasi itu penuh resiko karena kebanyakan orang berinvestasi dari luar dan bukan dari dalam. Kebanyakan dari kita tahu secara intuitif bahwa jika And menginginkan suatu transaksi nyata, maka Anda harus berada di dalam. Jika Anda berada di dalam, maka Anda tidak diperhitungkan.

Fakta menarik yang disajikan Robert T. Kiyosaki dalam buku ini adalah bahwa orang-orang di sisi kiri kuadran biasanya berinvestasi dari luar. Sebaliknya, orang-orang di kuadran kanan, yaitu B dan I mampu berinvestasi dari dalam maupun dari luar. Diceritakan oleh Robert T. Kiyosaki bahwa ada begitu banyak korban investasi di dalam. Di dunia nyata, ada investasi di dalam yang sah dan ada investasi di dalam yang tidak sah. Itu adalah perbedaan penting.

Berinvestasi Dari Dalam

Ayah Kaya dalam buku Rich Dad’s Guide To Investing mengatakan bahwa sangat masuk akal untuk berinvestasi dari luar jika Anda berinvestasi di tingkatan aman dan nyaman. Ketika Anda berinvestasi dari luar maka pilihan yang mungkin terjadi adalah Anda menyerahkan uang pada seorang profesional yang Anda harapkan lebih dekat dengan orang dalam daripada Anda sendiri. Tetapi jika Anda ingin kaya, maka Ayah Kaya dalam buku Rich Dad’s Guide To Investing menyarankan agar Anda harus dekat dengan orang dalam daripada para profesional yang Anda beri kepercayaan untuk mengelola uang.

Sebelum Anda membuat keputusan, Robert T. Kiyosaki mengingatkan kepada pembaca buku ini bahwa saat ini ada banyak orang tidak ingin menginvestasikan waktu begitu banyak ke dalam subyek tentang investasi hanya untuk masuk ke dunia dalam. Tapi sebelum Anda memutuskan dan sebelum memasuki detail lebih lanjut mengenai rencana Ayah Kaya, Robert T. Kiyosaki menjelaskan beberapa cara untuk mengurangi resiko investasi agar Anda lebih sukses sebagai seorang investor.

Investasi adalah subyek yang sangat pribadi dan Robert T. Kiyosaki sepenuhnya menghormati realita ini. Ia mengatakan bahwa banyak orang tidak ingin meluangkan waktu untuk subyek investasi sebagaimana yang dilakukan oleh Ayah Kaya. Selanjutnya, Robert T. Kiyosaki menulis dalam buku Rich Dad’s Guide To Investing bahwa untuk mengikuti rencana Ayah Kaya, Anda membutuhkan pendidikan dan pengalaman yang ditemukan di sisi kanan kuadran, bukan di sisi kiri. Agar bisa melakukan hal itu, Anda perlu menginvestasikan waktu jauh lebih banyak daripada investor biasa.

Demikian ulasan buku Rich Dad’s Guide To Investing untuk artikel The Jombang Taste kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda. Tips-tips investasi ala Ayah Kaya ini tidak akan memberikan perubahan dalam hidup Anda sampai Anda bersedia melakukannya dengan sungguh-sungguh. Sampai jumpa dalam artikel perencanaan keuangan selanjutnya. Nanti ulasan buku Robert T. Kiyosaki hanya di blog ini. Selamat berinvestasi!

2 Replies to “Resensi Buku Rich’s Dad Guide to Investing Karya Robert T. Kiyosaki (Bagian 3)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *