Semarak Tarhib Ramadhan Forum Silaturahmi Amil Zakat Kabupaten Jombang 2019

Suasana pagi hari di Alun-alun Kabupaten Jombang pada Minggu hari ini, 28 April 2019 terasa sangat semarak. Ribuan penduduk Jombang menghabiskan hari libur mereka dengan berolahraga di lapangan Alun-alun Kabupaten Jombang. Keseruan mereka bertambah dengan kehadiran 9 lembaga amil zakat yang ada di Kabupaten Jombang. Sembilan lembaga amil zakat itu tergabung dalam Forum Silaturahmi Amil Zakat (Forsil) Kabupaten Jombang. Mereka mengadakan kegiatan Tarhib Ramadhan di Alun-alun Kabupaten Jombang. Sinergi ini mereka lakukan untuk mengokohkan peran lembaga zakat dalam membangun perekonomian syariah.

Beberapa lembaga amil zakat yang tergabung dalam Forsil adalah Yatim Mandiri, Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng (LSPT), LAZ-UQ, LAZISNU, BMH, dan Rombong Sedekah. Beberapa lembaga amil zakat itu memiliki kesamaan kegiatan operasional dalam menghimpun dana dari masyarakat. Kegiatan mereka pun memiliki kemiripan dalam rangka Penyaluran dana zakat, infaq, dan shodaqoh kepada masyarakat. Mereka menyadari perlunya sebuah organisasi yang mampu mewadahi langkah mereka secara bersama. Maka Forsil menjadi jawaban bagi banyak lembaga amil zakat yang kini aktif beroperasi di wilayah Kabupaten Jombang.

Tarhib Ramadhan adalah program penyiaran dakwah menyambut datangnya bulan puasa Romadhon. Sembilan lembaga amil zakat yang beroperasi di Jombang akan mengadakan berbagai rangkaian acara selama bulan puasa. Mereka akan mengadakan buka puasa bersama anak yatim dan pembagian paket sembako untuk fakir miskin. Selain dua kegiatan tersebut, mungkin saja akan ada kegiatan bersama yang akan melibatkan sinergi antar lembaga amil zakat yang ada di Kabupaten Jombang. Oleh karena itu Forsil mengadakan Tarhib Ramadhan sebagai media sosialisasi sekaligus promosi kepada masyarakat Jombang.

Menjadi Pembawa Acara Pada Kegiatan Buka Puasa Bersama Anak Yatim di Jombang
Menjadi Pembawa Acara Pada Kegiatan Buka Puasa Bersama Anak Yatim di Jombang

Kemeriahan Jelang Ramadan

Kegiatan Tarhib Ramadhan diharapkan bisa menarik minat masyarakat Jombang untuk berpartisipasi dalam program-program bulan Ramadhan yang dilaksanakan oleh lembaga amil zakat. Masyarakat dapat membayarkan zakat, infaq, dan sedekah mereka melalui lembaga amil zakat yang mereka percayai. Kegiatan Tarhib Ramadhan dimulai di Alun-alun Kabupaten Jombang sejak pukul 06.00 pagi dan berakhir menjelang pukul 09.00 pagi. Berbagai kegiatan dilaksanakan di sana. Mulai dari pemeriksaan kesehatan secara gratis sampai dengan pembagian makanan sarapan pagi secara gratis.

Telah disediakan photobooth untuk masyarakat umum yang ingin mengabadikan kehadiran mereka dalam acara Tarhib Ramadhan. Penulis pun ikut terlarut dalam keceriaan ratusan karyawan lembaga amil zakat yang tergabung dalam Forsil Jombang hari ini. Ribuan masyarakat Jombang yang memadati alun-alun Kabupaten Jombang pun tampaknya tertarik dengan kegiatan Tarhib Ramadhan ini. Terbukti banyak diantara mereka yang ikut berfoto dengan latar belakang photobooth yang disediakan oleh panitia pelaksana. Kegiatan ini berlangsung dengan semarak karena diiringi dengan musik Islami terbaru yang di tengah disukai oleh masyarakat. Semoga semarak tarhib Ramadhan bisa meningkatkan semangat ibadah warga Jombang.

Bagikan tulisan ini:

11 Replies to “Semarak Tarhib Ramadhan Forum Silaturahmi Amil Zakat Kabupaten Jombang 2019”

  1. Selamat datang bulan puasa.
    semoga kita bisa menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk dan diterima segala amal ibadah kita.

  2. Sungguh sangat menyenangkan Kita bisa menyaksikan beberapa lembaga amil zakat di Jombang bisa bersatu mengadakan kegiatan tarhib Ramadhan bersama-sama.
    Semoga persatuan umat Islam di Jombang bisa ditiru oleh lembaga amil zakat di kota-kota lain di Indonesia.

  3. Lembaga amil zakat harus bisa bekerja secara profesional dalam melakukan Sinergi kegiatan dengan instansi-instansi lain.
    bagaimanapun juga tugas menyantuni anak yatim harus dilakukan secara bersama-sama dan tidak boleh hanya terpisah satu atau dua pihak saja.

  4. Salam hormat untuk teman-teman dari lembaga amil zakat di Kabupaten Jombang. Semoga dengan bersinergi nya beberapa lembaga amil zakat ini semakin bisa menambah kemanfaatan dan kesejahteraan kepada penerimanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *