Tips Singkat Menjadi Freelancer Profesional Yang Kompeten

Berikut ini adalah beberapa tips singkat untuk menjadikan diri Anda seorang freelancer yang berkompeten di bidangnya.

Yang pertama adalah kenali diri anda dengan sebaik-baiknya. Mengapa? Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan mengetahui potensi diri. Dengan mengenal diri sendiri, kita menjadi tahu betul kelemahan dan kekuatan, minat, dan bakat kita. Hal ini berguna dalam melihat kecenderungan-kecenderungan apa saja yang dominan dalam diri kita ketika berhadapan dengan satu masalah.

Ketahui apa yang anda inginkan. Anda memiliki kesukaan dalam bidang pekerjaan freelancer jenis apa? Setelah  mengenali diri, dan mengetahui passion kita pada bidang karier atau profesi yang mana, kita bisa lebih enjoy dalam bekerja. Bagi sebagian besar orang, melakukan pekerjaan yang tidak kita sukai adalah hal yang tidak diharapkan semua orang, bukan?

Apakah anda berbakat dalam bidang yang anda sukai? Misalnya apakah anda punya kemampuan analisis yang tepat untuk menjadi seorang freelancer bidang konsultan bisnis? Apakah anda cukup  kreatif untuk menjadi seorang freelancer art director di bidang periklanan? Atau bahkan seorang penulis lepas? Yang dapat menjawab hanya anda sendiri, ditambah penilaian dari orang-orang ahli.

Tips Singkat Menjadi Freelancer Profesional Yang KompetenTips Singkat Menjadi Freelancer Profesional Yang KompetenTips Singkat Menjadi Freelancer Profesional Yang Kompeten

Setelah Memahami Potensi Diri….

Dengan memahami diri sendiri, kita siap menghadapi beragam kesempatan yang ada. Ibarat mau melangkah ke medan perang, kita harus mempersiapkan amunisi dengan lengkap. Mustahil maju ke persaingan yang ketat tanpa membekali diri dengan kemampuan pendukung. Mengetahui plus dan minus diri membuat kita memperbaiki apa yang wajib diperbaiki dalam hidup kita. Sebaliknya, mengetahui kekuatan diri membuat kita dapat mengembangkan potensi kita.

Dengan mengenali diri, kita menjadi tahu citra diri seperti apa yang hendak ditampilkan. Brand image yang kita tawarkan pada publik, harus tetap sesuai dengan kepribadian kita. Jangan sampai terjebak dalam pencitraan yang semu sebab dapat mengakibatkan frustasi. Untuk menghindarinya, lebih baik anda menjadi diri sendiri saja.

Tips Singkat Menjadi Freelancer Profesional Yang Kompeten

Mencapai Target Dengan Networking Yang Tepat

Buatlah sasaran pekerjaan yang ingin digeluti setelah anda berhasil mendeteksi potensi diri. Pada masa ini, ketahuilah sebanyak mungkin informasi tentang bidang profesi freelancer yang hendak anda tekuni. Lebih baik lagi jika anda punya kesempatan belajar dari freelancer senior sesuai bidang Anda. Dari sini anda dapat menggunakan pengalaman dan pengetahuan itu untuk mencoba menyerasikan diri dengan target masa depan anda.

Berusahalah memanfaatkan kemampuan yang dimiliki untuk bisa tampil unggul agar diminati oleh organisasi atau perusahaan impian. Pasarkan diri anda sendiri. Hal ini bisa dibangun dengan aktif ngeblog disertai dengan pencantuman prestasi yang pernah diraih. Jangan malu-malu beropini mengenai satu hal. Kegiatan ini akan memberikan ciri khas bagi Anda.

Membina hubungan baik dengan siapa saja, tanpa memandang status citra dari karakter yang baik memudahkan anda membina networking yang sehat. Selalu menjadi orang yang dapat memberi inspirasi dan motivasi kepada lingkungannya akan menjadikan Anda memiliki karakter unggul. Filofosi padi: semakin berisi, semakin merunduk, masih relevan dengan kondisi saat ini sehingga Anda tidak terjebak kepada kesalahan sendiri.

Enjoy blogging, enjoy writing!

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

31 thoughts on “Tips Singkat Menjadi Freelancer Profesional Yang Kompeten”

  1. potensi kita kadang kadang tidak bisa dipakai kalau lingkungan tidak mendukung. ok ditunggu coment bactnya di link artikenya ini.

  2. Saya selalu terpesona dengan bahasa tulisan mas agus. Bahasa penyampaian yang lugas menjadikan pemahamannya lebih mudah.

    Mengenai profesi freelancer saya masih kesulitan dalam mencari job. Sebenarnya pasar itu datang sendiri atau kita yang memasarkan diri ya mas? kalau kita harus memasarkan apakah cukup dengan nulis rutin di blog?

    1. Kita harus aktif berpromosi. Kalau kita diam saja, mana mungkin orang lain tahu kemampuan terbaik yang kita miliki. Blog pribadi adalah cara menumbuhkan kepercayaan publik. Promosi metode lain masih harus tetap dicoba.

  3. masih butuh banyak belajar, membagi waktu antara kuliah dan mengeluti dunia freeland..

    maksih buat mas agus sudah banyak menulis tulisan yang bermanfaat…

  4. Thanks for your blog post. Things i would like to bring up is that laptop memory should be purchased when your computer still cannot cope with everything you do by using it. One can put in two RAM memory boards of 1GB each, as an illustration, but not certainly one of 1GB and one of 2GB. One should look for the maker’s documentation for one’s PC to ensure what type of memory space is required.

  5. I need to say, as very much as I enjoyed reading what you had to express, I couldnt support but lose interest following a while. Its as should you had a good grasp on the subject matter matter, but you forgot to include your readers. Perhaps you should think about this from more than one angle. Or perhaps you shouldnt generalise so much. Its far better if you take into consideration what others may have to say rather than just going for the gut reaction for the theme. Consider adjusting your own thought procedure and giving other people who may study this the benefit of the doubt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *