5 Rekomendasi Souvenir Pernikahan Islami yang Unik, Murah dan Bermanfaat

Artikel Ushul Fiqh - Penggalian Hukum Islam dari Dalil-dalil
Kitab suci Al-Quran

Halo! Apa kabar kawan-kawan komunitas blogger Jombang hari ini? Mudah-mudahan anda selalu bersemangat menjalani aktivitas di masa pandemi ini. Apakah ada diantara Anda yang sedang bersiap menuju hari pernikahan? Apakah Anda sudah melakukan foto prewed Islami? Kalau ada yang bersiap mau nikah, semoga anda tetap fokus dan tidak terganggu berbagai macam hambatan menjelang hari pernikahan.

Salah satu persiapan menuju hari pernikahan yang menguras perhatian pasangan calon pengantin adalah mempersiapkan souvenir pernikahan. Apakah souvenir pernikahan itu? Souvenir pernikahan adalah cenderamata atau kenang-kenangan yang dibagikan dari keluarga pengantin kepada tamu undangan yang hadir.  souvenir pernikahan biasanya dibagikan bersamaan di dalam bungkus bingkisan makanan atau oleh-oleh setelah menghadiri hajatan pernikahan. 

Souvenir pernikahan saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap hajatan pernikahan yang dihadiri tamu undangan yang rata-rata berasal dari komunitas islami atau warga yang beragama Islam. Dengan adanya souvenir pernikahan maka setiap tamu undangan akan memiliki kesan tersendiri bagi acara pernikahan yang anda laksanakan. 

Beberapa kriteria yang perlu anda perhatikan sebelum memilih souvenir pernikahan Islami adalah yang pertama harga souvenir tersebut. Pertimbangan kedua adalah manfaat dan daya tahan barang tersebut akan digunakan sampai berapa lama. Jika souvenir pernikahan yang Anda pilih harganya murah namun mudah rusak dan tidak ada manfaatnya, maka lebih baik anda abaikan saja.

Pilihlah souvenir pernikahan yang memiliki harga terjangkau (tidak harus murah), memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari, dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang relatif lama. Karena kita membahas souvenir bertema Islami, maka sebisa mungkin kita pilih barang-barang yang bisa digunakan untuk ibadah sehari-hari. 

Lalu apa saja souvenir pernikahan Islami yang penulis rekomendasikan untuk anda? Ini dia rekomendasi souvenir pernikahan Islami dari penulis The Jombang Taste untuk Anda. 

1. Tasbih Kayu

Souvenir pernikahan yang pertama kali penulis rekomendasikan untuk Anda yang beragama Islam adalah tasbih kayu. Saat ini ada banyak macam dan jenis tasbih di pasaran. Ada tasbih kayu, tasbih munte, tasbih plastik, maupun tasbih elektronik (counter). Namun jenis souvenir yang penulis rekomendasikan kali ini adalah tasbih kayu karena terkesan unik. Harga tasbih kayu bervariasi mulai dari Rp800 sampai dengan Rp1.500 per biji.

Souvenir pernikahan berupa tasbih dapat dibungkus dengan plastik ataupun mika. Perhatikan dengan benar penawaran yang dilakukan oleh penjual souvenir, baik secara online maupun offline. Anda juga dapat menambahkan fasilitas kartu ucapan pada pembungkus souvenir berupa tasbih kayu tersebut.

2. Sajadah

Souvenir pernikahan Islami berikutnya yang penulis rekomendasikan untuk Anda adalah sajadah. Sajadah dapat berupa sajadah anak yang berukuran kecil maupun sejadah untuk orang dewasa yang berukuran lebih besar. Kebanyakan pasangan muslim saat ini memilih sajadah Turki sebagai souvenir pernikahan yang mereka bagikan kepada setiap pengunjung atau tamu yang datang.

Harga souvenir sajadah saat ini bervariasi mulai dari Rp8.000 sampai dengan Rp20.000 per biji. Besarnya harga souvenir pernikahan berupa sajadah tergantung kualitas sajadah yang Anda beli dancover yang digunakan untuk membungkus souvenir tersebut. Bersamaan dengan souvenir sajadah biasanya disertakan juga souvenir berupa tasbih kayu dan mushaf Alquran yang berbentuk mini. Tapi anda harus berhati-hati menyimpan atau menempatkan mushaf Alquran tersebut agar tetap terpelihara kesuciannya.

Kata-kata Mutiara Tentang Pakaian
Ragam Kerudung Warna-warni

3. Kerudung/Scarf

Kerudung atau scarf merupakan jenis souvenir pernikahan Islami yang sering dipilih oleh pasangan muslim saat ini. Penggunaan scarf tidak selalu terkait dengan agama tertentu. Baik warga muslim maupun non-muslim semua sudah banyak yang menggunakan scarf sebagai bagian dari style atau gaya berpakaian mereka.

Harga kerudung atas scarf di pasaran saat ini bervariasi mulai dari Rp10.000 hingga Rp45.000 per buah. Anda dapat menyesuaikan harga souvenir pernikahan berupa kerudung atau scarf sesuai dengan budget yang telah anda miliki. Pastinya kerudung atau scarf yang Anda pilih memiliki bahan kain yang sesuai dengan kondisi negara Indonesia yang beriklim tropis dan memperhatikan aspek tahan lama dalam pemakaiannya.

4. Sandal Wudhu

Jenis souvenir pernikahan Islami berikutnya adalah sandal wudhu. Harga sandal wudhu di pasaran saat ini mulai dari Rp10.000 per pasang. Penggunaan sandal wudhu sangat penting karena setiap hari umat muslim melaksanakan wudhu sebelum melakukan ibadah shalat lima waktu maupun shalat sunah lainnya.

Dengan harga yang cukup terjangkau itu, souvenir pernikahan berupa sandal wudhu bisa menjadi oleh-oleh yang eksklusif di hari pernikahan anda. Anda perlu memperhatikan penempatan souvenir pernikahan berupa sandal wudhu agar tidak bercampur dengan souvenir berupa makanan atau minuman yang termasuk di dalam kantong cenderamata saat diterima oleh tamu undangan.

5. Parfum Mini

Parfum yang dikemas dalam botol mini bisa menjadi souvenir pernikahan yang eksklusif di hari pernikahan Anda.  Harga parfum mini saat ini bervariasi mulai dari Rp800 sampai dengan Rp3.000 per botol. Jangan khawatir, parfum mini memiliki beragam aroma pilihan. Anda bisa memilih aroma yang terkesan Arabian maupun aroma Tropical yang sesuai dengan iklim Indonesia.

Anda bisa membeli berbagai macam souvenir pernikahan berupa parfum kemasan mini di toko online maupun aplikasi belanja online yang biasa anda miliki. Bisa dipastikan bahwa souvenir pernikahan parfum mini memiliki manfaat dalam ibadah sehari-hari karena sunnah Rasul mengajarkan agar kita memakai parfum ketika melaksanakan ibadah.

Demikian artikel blog The Jombang Taste yang membahas 5 rekomendasi souvenir pernikahan Islami untuk Anda. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda dan membantu Anda menyiapkan hari pernikahan yang bahagia. Sampai jumpa dalam artikel berikutnya.

Bagikan tulisan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *