Keuntungan Menggunakan Kereta Api Saat Berlibur

Gambar diambil dari https://vignette.wikia.nocookie.net/
Foto rangkaian gerbong kereta api Malabar. Gambar diambil dari https://vignette.wikia.nocookie.net/

Apa kabar kawan pembaca blog The Jombang Taste? Merencanakan liburan dengan menggunakan jasa transportasi kereta api mungkin masih sedikit orang yang beranggapan menarik, terlebih lagi untuk perjalanan jauh. Kereta api masih kalah populer dibandingkan dengan pesawat ataupun bus. Kali ini kami akan sedikit menjelaskan kenapa moda transportasi yang berjalan diatas rel ini harus menjadi bagian dari rencana liburan anda.

Kereta api dapat dengan mudah melintasi daerah-daerah terpencil yang sulit untuk diakses oleh transportasi lainnya. Salah satu daerah yang memiliki kawasan pegunungan dengan jalan raya curam serta naik turun adalah Bandung. Kabupaten ini sangat kami anjurkan untuk dikunjungi dengan KA Malabar.

Selain alasan keselamatan, beberapa alasan dibawah ini adalah yang harus anda pertimbangkan untuk menggunakan kereta ke daerah Bandung ataupun dari Bandung.

1. Harga

Harga tiket kereta api di Indonesia mungkin bukan yang paling murah dibandingkan dengan bus. Tapi jika dibandingkan dengan pesawat, harga tiket kereta api tergolong sangat murah terutama pada jarak pendek. Selain itu, banyak layanan tiket transportasi yang menawarkan diskon tiket kereta api.

Penawaran diskon pada tiket kereta api, mungkin tidak terjadi pada moda transportasi lainnya terutama pada pesawat terbang. Harga kereta api juga umumnya cukup stabil, sehingga anda tidak perlu melakukan pengecekan secara rutin untuk mengetahui harga tiket kereta api.

Dan juga, umumnya kereta api tidak mengharuskan anda membayar bagasi, asalkan anda dapat menanganinya secara mandiri. Hal ini tentunya mengurangi resiko biaya ongkos yang tinggi akibat pembayaran yang tidak jelas.

Review Jurnal Akuntansi Lingkungan Pada Industri Farmasi di Yordania
Hal yang harus diperhatikan saat liburan dengan budget murah adalah biaya transportasi yang harus ditempuh selama berangkat dan kembali ke lokasi tujuan.

2. Mengurangi stres

Stres yang dihasilkan dari moda transportasi seperti bus adalah macet, mogok, hingga transit pada agen bus. Transit ini seringkali kita mengharuskan untuk menunggu hingga berpuluh-puluh menit untuk menunggu penumpang lainnya.

Sementara itu, pesawat terbang juga dapat menghasilkan stres. Perjalanan udara ini melibatkan banyak antrian di barisan check-in, jalur boarding, hingga jalur keamanan. Jalur-jalur tersebut tentunya membuat seseorang yang tidak merasa melanggar akan merasa stres dan tertekan. Belum lagi jika pesawat mengalami delay akibat masalah mesin ataupun masalah cuaca.

Kereta api menghilangkan semua masalah tersebut. Sebagian besar kereta api hanya melalui stasiun-stasiun tertentu, sehingga tidak memerlukan transit dengan waktu yang lama. Dan tentu saja, tiket kereta api dapat kita pesan melalui internet. Sehingga tidak susah payah mengantri untuk mendapatkan satu lembar tiket, dan tanpa melaksanakan pemeriksaan seperti yang terjadi pada pesawat terbang.

3. Menikmati Panorama

Jalur kereta api yang sebagian besar melewati daerah-daerah pelosok, memungkinkan kita untuk menikmati panorama alam secara langsung. Melewati bukit, sungai-sungai, pedesaan kecil, hingga pohon-pohon tinggi yang kokoh, membuat rasa stres karena lelah dalam perjalanan sangat mungkin untuk menghilang. Dan lebih nikmatnya lagi, kita bisa menikmati panorama tersebut hanya dari jendela kereta api.

gambar pelari berlari cepat
Bepergian naik kereta api itu cepat, menyenangkan, dan tidak macet. Wusss…!

4. Bebas

Tanpa take off, landing, dan memakai sabun pengaman pada tubuh kita, membuat kita lebih bebas dalam duduk dan tidak mengganggu kesenangan kita dalam liburan. Kita bebas untuk makan, tidur, meregangkan kaki, membaca koran, kapanpun kita mau. Dan juga, kita tidak perlu mematikan alat elektronik atau diharuskan untuk mendengarkan pramugari memberikan pengumuman.

5. Nyaman

Kereta api melintasi rel kereta api yang tidak memiliki jalan berlubang, polisi tidur, kemacetan, ataupun lampu traffic. Hal itu berarti, tubuh dan pikiran kita akan lebih nyaman dalam melakukan perjalanan. Sehingga jarak dan waktu yang panjang seakan terlupakan. Kereta api juga menyediakan keamanan pada setiap gerbongnya, sehingga para pengamen dan pedagang asongan tidak bisa masuk ke dalam kereta api.

6. Memberi Pengalaman Yang Berarti

Perjalanan wisata menggunakan kereta api juga bisa sangat indah. Jangan lupa menikmati berbagai pemandangan tempat wisata di daerah yang mungkin jarang diekspos ke publik. Pengalaman yang dihasilkan seperti melihat pemandangan dari dekat, terbebas dari polusi, dan waktu tempuh yang cukup cepat, akan membuat liburan kita lebih berarti.

Selain pengalaman menikmati keindahan pelosok negeri, bepergian dengan naik kereta api memungkinkan Anda berkenalan dengan sesama penumpang. Barangkali orang-orang yang baru Anda ajak berkenalan memiliki minat pada suatu hal yang sama, inilah waktunya memperluas jaringan sosial. Mungkin orang tersebut sesama backpacker atau traveller seperti Anda yang hobi berlibur. Dia mungkin mau berbagi informasi tempat-tempat wisata keren yang pernah dikunjunginya.

7. Lebih Aman

Jalan raya yang kadang berliku-liku, naik turun, dan berlubang membuat para pengendara harus lebih waspada. Pada kereta api, jalan yang dilalui hanyalah satu rel dan juga sudah dilakukan pengecekan secara berkala. Sehingga resiko perjalanan yang tidak kita inginkan dapat diminimalisir secara signifikan dengan kereta api.

Nah, setelah membaca ulasan di atas tentu Anda telah mendapatkan informasi beberapa keunggulan bepergian menggunakan moda transportasi kereta api. Acara jalan-jalan bersama keluarga, bepergian karena tugas dinas, maupun traveling santai bersama teman menjadi lebih seru dengan naik transportasi kereta api. Selamat merencanakan perjalanan Anda. Semoga perjalanan Anda lancar, selamat dan menyenangkan.

Bagikan tulisan ini:

One Reply to “Keuntungan Menggunakan Kereta Api Saat Berlibur”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *