Mengapa Para Pebisnis Tertarik Budi Daya Ikan Hias?

Renungan Motivasi Hidup Kisah Penciptaan Seekor Ikan
Renungan Motivasi Hidup Kisah Penciptaan Seekor Ikan

Bagaimana kabar kawan pembaca blog The Jombang Taste hari ini? Semoga anda selalu sehat dan sukses dalam melakukan berbagai aktivitas wirausaha sehari-hari. Artikel kali ini akan membahas budidaya ikan hias di Indonesia. Ikan hias pada umumnya dipelihara di dalam akuarium dan terlihat sangat cantik. Bentuk dan warna ikan hias beraneka ragam.

Biasanya ikan hias dipelihara di akuarium dan diletakkan di ruang tamu. Sebagian masyarakat juga memiliki ikan hias yang dibudidayakan di kolam di depan rumahnya. Ikan hias banyak digemari oleh masyarakat sebagai penghias di lingkungan rumahnya. Oleh karena itu ikan hias sudah banyak dibudidayakan oleh manusia dan menjadi bisnis yang sangat menguntungkan.

Menurut Meirwandina Putra (2018), langkah pertama dalam budidaya ikan hias adalah dengan melakukan kegiatan pra produksi. Tahap praproduksi meliputi kegiatan desain konstruksi dan persiapan wadah budidaya ikan hias. Langkah selanjutnya setelah pra produksi adalah melakukan produksi. Tahap produksi pada budidaya ikan hias dilakukan melalui beberapa langkah, yaitu pendederan, pembesaran dan panen ikan hias.

Cara mendesain wadah budidaya dan pemeliharaan ikan hias dilakukan pada tahap persiapan pra produksi budidaya ikan hias. Kegiatan pendederan dan pembesaran ikan merupakan kegiatan memelihara ikan sampai berukuran tertentu. Jika ikan telah mencapai ukuran besar tertentu maka telah bernilai ekonomis dan siap untuk dipanen ataupun dijadikan induk.

Ikan hias adalah jenis hewan ikan yang memiliki bentuk tubuh yang unik dengan aneka warna menarik. Ikan hias umumnya dijual sebagai hiasan atau ornamen dalam akuarium. Contoh ikan hias yang dibudidayakan antara lain koi, cupang, ikan badut dan sebagainya. Ikan hias sudah banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia. Banyak keluarga menyukai tampilan ikan hias yang menarik dan bisa memberikan kesan positif terhadap ketenangan hidup seluruh anggota keluarga di rumah.

Lalu apa saja alasan masyarakat Indonesia melakukan budidaya ikan hias?

1. Persediaan Bahan Melimpah

Alasan pertama budidaya ikan hias adalah Indonesia memiliki aneka ikan hias yang tersebar di wilayah perairan Indonesia. Ikan hias dibagi menjadi ikan hias air tawar, air payau maupun air laut. Wilayah produksi ikan hias di Indonesia tersebar di 18 provinsi mulai dari Sumatera Barat, DKI Jakarta Jawa Barat, Jawa Timur Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua dan Papua Barat.

2. Pangsa Pasar Luas

Alasan kedua mengapa banyak pebisnis yang melakukan budidaya ikan hias adalah karena ikan hias memiliki pangsa pasar ekspor yang sangat besar. Pangsa pasar ekspor ikan hias dari Indonesia adalah negara Singapura, negara Malaysia, negara Hongkong, negara Cina, negara Jepang, negara Korea Selatan, negara-negara Eropa dan Amerika Serikat. Masyarakat luar negeri sangat menyukai ikan hias produksi Indonesia karena banyaknya ragam pilihan spesies ikan hias maupun varian warna warni bentuk tubuh ikan hias yang dihasilkan.

3. Menghasilkan Keuntungan Besar

Alasan ketiga mengapa budidaya ikan hias semakin berkembang di Indonesia adalah karena bisnis ini mampu menghasilkan devisa negara yang cukup besar. Bisnis budidaya ikan hias merupakan peluang bagi pengembangan budidaya ikan asli Indonesia. Ikan hias merupakan jenis ikan yang memiliki bentuk tubuh yang unik dengan aneka warna khas Indonesia maupun ikan hasil peranakan dari luar negeri.

Masih menurut Meirwandina Putra (2018), dalam catatan Kementerian Kelautan dan Perikanan Negara Republik Indonesia saat ini terdapat lebih dari seribu spesies ikan hias air tawar yang diperdagangkan secara global. Sementara itu Indonesia memiliki 400 spesies yang dibudidayakan secara luas oleh masyarakat. Ikan hias yang layak diekspor biasanya diseleksi berdasarkan enam kriteria, yaitu: ukuran, jenis ikan, keseragaman, keunikan bentuk dan warna, bebas penyakit, dan daya adaptasi terhadap lingkungan.

Ikan hias dibagi menjadi dua, yaitu ikan hias air tawar dan ikan hias air laut. Ikan hias air tawar mempunyai beberapa kelebihan dibanding ikan hias air laut. Kelebihan pertama adalah dari kemudahan budidayanya. Banyak jenis ikan hias air tawar dapat dibudidayakan dengan teknologi dan fasilitas yang sederhana. Budidaya ikan hias air tawar dapat diusahakan dalam skala rumah tangga mikro sampai dengan segala usaha yang besar.

Hal yang berbeda terjadi jika kita menekuni bisnis budidaya ikan hias air laut. Budidaya ikan hias air laut lebih sulit dilakukan karena memerlukan fasilitas yang lebih mahal. Oleh karena itu ikan hias air laut masih didominasi oleh hasil tangkapan di perairan laut umum.

Contoh jenis ikan hias air tawar yang bernilai ekonomis tinggi dan banyak dicari oleh masyarakat sehingga berpotensi untuk dibudidayakan adalah ikan koi, ikan cupang, ikan arwana, dan ikan mas koki. Masing-masing jenis ikan itu memiliki kelompok penggemar tersendiri.

Contoh jenis ikan hias air laut yang telah diekspor dari negara Indonesia antara lain ikan blue tangs, Yellow tangs, Clown fish atau ikan badut, dan butterfly fisha. Ikan hias dari laut memiliki bentuk warna yang menarik dan berwarna warni. Oleh karena itu ikan hias yang di tangkap dari laut umumnya memiliki harga yang mahal dibanding dengan ikan hias air tawar. Semoga inspirasi bisnis ini bisa menambah Anda.

3 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Bagikan tulisan ini:

4 Replies to “Mengapa Para Pebisnis Tertarik Budi Daya Ikan Hias?”

  1. Di mana ada uang di situlah manusia banyak melakukan kegiatan. Sebenarnya Wajar saja kalau semua orang butuh uang… Asalkan dilakukan dengan cara jujur dan tidak curang.

  2. Yang suka koleksi ikan hias bukan hanya orang kaya tapi juga kelompok menengah dan anak-anak.
    Bahkan bisnis ikan cupang juga digemari oleh remaja karena banyaknya kesenangan yang bisa dihasilkan dari memelihara ikan hias.

  3. Semua orang suka duit dengan levelnya masing-masing. Nggak heran kalau semua orang mencari kesempatan untuk berbisnis yang menguntungkan. Dan bisnis ikan hias adalah salah satu Primadona di Indonesia karena alam Indonesia sangat indah dan memiliki beraneka ragam satwa langka

  4. Passion bisnis setiap orang berbeda-beda. kalau anda sudah menemukan sebuah passion bisnis, maka tekunilah dan tidak perlu ikut-ikutan teman Anda yang sukses berbisnis di bidang yang lain. seseorang belum tentu bisa mencontek kisah sukses bisnis orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *