Baju Batik Lurik, Pilihan Fashion Pria Bergaya Sederhana, Tegas dan Disiplin

Baju batik adalah jenis pakaian yang tidak terlepaskan dari keseharian penulis. Pekerjaan sebagai guru di lembaga pendidikan formal dan non formal mengharuskan penulis untuk memiliki banyak persediaan baju batik. Setiap lembaga pendidikan memiliki ketentuan dalam hal berpakaian baju batik. Oleh karena itu penulis secara rutin menambah koleksi baju batik dengan cara membeli secara online maupun menjahitkan di tukang jahit langganan.

Kali ini penulis memilih untuk membeli baju batik motif lurik. Tidak seperti biasanya penulis memilih motif-motif batik berwarna-warni dengan gambar-gambar rumit, bunga, dan hewan. Penulis memilih batik lurik karena batik ini memiliki kesederhanaan motif garis lurus dan warna-warna yang tidak terlalu cerah. Bagaimana pun suasana hati seseorang berpengaruh terhadap gaya berpakaiannya. Kain batik hari ini penulis butuhkan untuk menambah motivasi mengajar murid-murid di sekolah.

Sebenarnya pilihan membeli baju batik lurik tidak datang begitu saja. Penulis awalnya berniat membelikan keponakan baju batik lurik untuk seragam sekolah hari Kamis. Ketentuan yang berlangsung saat ini untuk jenjang pendidikan menengah atas adalah setiap siswa dan guru diwajibkan memakai baju adat pada hari Kamis pertama setiap bulan. Peraturan ini mewajibkan setiap siswa dan guru untuk memiliki baju adat sesuai daerah tempat tinggalnya.

Jadilah penulis sekalian memesan pembelian beberapa baju lurik melalui online shop. Hitung-hitung menghemat ongkos kirim juga. Berbelanja secara online memiliki banyak keuntungan. Keuntungan pertama, kita tidak perlu keluar rumah dan membuang waktu serta tenaga untuk berbelanja. Anda cukup memanfaatkan koneksi internet di smartphone dan tinggal geserkan jari anda untuk memilih motif baju batik lurik yang anda sukai.

Bisa juga kalau penulis memilih untuk membeli baju batik lurik di toko baju. Tapi untuk saat ini pilihan itu sepertinya masuk dalam pilihan terakhir. Keterbatasan waktu untuk jalan-jalan keluar rumah mengharuskan penulis untuk lebih efektif dalam menggunakan waktu. Dan akhirnya pilihan berbelanja baju batik lurik sampai di aplikasi Shopee. Aplikasi ini memiliki pilihan ragam baju batik yang lebih lengkap dibandingkan aplikasi belanja online lainnya yang ada di Indonesia saat ini.

Gambar Batik Motif Alam Warna Hijau - gambar dari Pinterest dot com
Gambar Batik Motif Alam Warna Hijau. Motif batik daun seperti ini sering tidak disukai oleh pria karena terkesan feminim. Sebagian pria lebih memilih batik lurik yang memberi kesan sederhana, tegas dan disiplin pada pemakainya. – Gambar dari Pinterest dot com

Ragam Motif Batik Lurik

Baju batik lurik memiliki beragam warna saat ini. Setidaknya penulis telah melakukan penelusuran berbagai pilihan warna baju batik lurik Jogja. Diantara warna batik lurik yang paling umum adalah warna coklat dengan kombinasi hitam. Kemudian ada pula lurik hijau hitam, lurik kuning hitam, lurik coklat ungu, dan beberapa warna alami lainnya. Penulis memilih motif baju batik lurik warna hijau dengan warna hitam.

Warna-warna baju batik lurik memang umumnya terkesan natural dan tidak terlalu cerah layaknya motif-motif baju batik lainnya. Oleh karena itu baju batik lurik banyak dipilih oleh pria yang menginginkan kesan berwibawa, tegas dan disiplin selama mereka memakai baju batik lurik itu di tempat ia bekerja. Bagaimanapun juga pencitraan masih diperlukan dalam setiap bidang pekerjaan manusia, terutama jenis pekerjaan yang berhubungan dengan orang-orang baru setiap hari.

Bagaimana dengan harga baju batik lurik yang ada di pasaran saat ini? Untuk pembelian secara langsung di pasar konvensional harga baju batik lurik berkisar antara Rp50.000 sampai dengan Rp75.000 per potong baju yang sudah jadi. Sementara itu harga baju batik lurik di aplikasi belanja online berkisar antara Rp35.000 hingga Rp75.000 per potong baju yang sudah jadi.

Ada juga pilihan untuk membeli kain bakalan batik lurik yang belum dijahit. Ini jadi pilihan terakhir untuk Anda yang memiliki ukuran tubuh tidak biasa. Mungkin Anda memiliki postur tubuh di atas XXXL ataupun di bawah XS maka anda bisa menjahitkan sendiri kain batik lurik yang sesuai dengan ukuran tubuh anda.

Kain batik lurik yang beredar di pasaran saat ini memiliki beragam bahan. Penulis tidak terlalu hafal jenis-jenis bahan kain batik lurik namun penulis bisa merasakan mana kain batik lurik yang nyaman dipakai dan mana kain batik lurik yang memberikan kesan panas saat dipakai di tubuh. Masing-masing bahan kain batik lurik memiliki harga tersendiri. Sesuai dengan historisnya, harga kain batik menentukan siapa pemakainya.

5 Tahap Dan Cara Membuat Batik Tulis Dengan Mudah
5 Tahap Dan Cara Membuat Batik Tulis Dengan Mudah

Perawatan Khusus Batik Lurik

Kebanyakan kain batik lurik dibuat dengan cara printing. Hanya sedikit diantara kain batik lurik yang dibuat dengan ditenun. Oleh karena itu kebanyakan baju batik yang sudah dibeli dalam keadaan jadi biasanya mudah luntur saat dilakukan pencucian pertama kali. Langkah yang perlu Anda lakukan untuk mencegah pelunturan adalah menyetrika baju batik lurik itu sebelum dipakai. Proses setrika menjadikan permukaan kain batik menjadi panas dan cat yang digunakan untuk mewarnai kain terserap dengan sempurna pada serat benang kain.

Bagaimana kalau ternyata Anda lupa belum menyetrika baju batik lurik yang baru anda beli dan ternyata anda sudah memakainya. Jangan khawatir. Ada tipsnya nih. Ketika anda akan mencuci kain baju batik lurik untuk pertama kali maka pisahkan baju tersebut dengan baju lain yang warnanya polos. Setiap ibu rumah tangga tentu memahami prinsip mencuci baju seperti ini. Namun tidak ada salahnya jika anda mengingatkan kembali istri atau asisten rumah tangga anda yang akan mencuci baju batik lurik anda untuk pertama kali.

Sebagian besar kain batik lurik mengalami pelunturan ketika dicuci pertama kali. Jangan sampai sisa warna cat yang luntur dari baju batik lurik mengotori koleksi baju-baju anda lainnya yang berharga, terutama pakaian yang berwarna putih dan cerah. Jika perlu, rendam dulu kain batik lurik itu dengan timba tersendiri. Biarkan proses perendaman air deterjen berlangsung selama beberapa menit dan terpisah dari kain lainnya untuk menghindari kontaminasi warna.

Demikian penulis membagi pengalaman membeli baju batik lurik. Mudah-mudahan tulisan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda dalam melestarikan warisan budaya baju batik Indonesia. Mari memakai beragam jenis kain batik yang ada di indonesia. Semoga dengan semakin banyaknya koleksi baju batik yang anda miliki maka semakin bertambah pula rasa kecintaan Anda terhadap warisan budaya Nusantara.

Bagikan tulisan ini:

5 Replies to “Baju Batik Lurik, Pilihan Fashion Pria Bergaya Sederhana, Tegas dan Disiplin”

  1. Pria Zaman sekarang enggak mau kalah dalam hal berpakaian dibandingkan dengan wanita. Klo wanita biasanya jago dalam hal berdandan dan berpakaian, tapi kalau pria jago dalam hal menarik simpati wanita. Klop deh!

  2. Emang nggak salah deh penulis blog ini seleranya keren punya…
    selain jago travel blogger ternyata jadi fashion blogger juga ya…

  3. Di masa pandemi korona seperti saat ini apakah bisnis fashion masih berjalan? saya penasaran dengan cara survive para pengrajin batik di Indonesia di masa wabah virus Corona. Apakah mereka masih aktif melakukan kegiatan pembuatan kain batik atau justru berpindah ke profesi lain yang lebih realistis dan menjanjikan di masa depan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *