Pro-kontra Tayangan Karma ANTV, Asli Atau Settingan?

Selama sebulan terakhir ini penulis mengamati perkembangan Youtube trending video. Tayangan reality show Karma yang di tayangkan oleh stasiun tivi ANTV hampir setiap pekan berada dalam jajaran sepuluh video yang paling banyak ditonton pengguna youtube. Karma ANTV tayang setiap hari Sabtu malam dengan pembawa acara Robby Purba dan pengisi acara tetap Roy Kiyoshi. Selain mereka berdua, Karma ANTV juga mengundang bintang tamu yang berbeda-beda di setiap pekan. Tercatat nama-nama artis terkenal seperti Evi Masamba, Roro Fitria, Rina Nose, Elly Sugigi, dan Angel Lelga pernah diundang menjadi bintang tamu acara tersebut. Acara reality show Karma ANTV membahas kehidupan supranatural seperti santet, guna-guna, susuk, genderuwo, jin, kuntilanak, dan hal-hal gaib lainnya. Hal-hal yang telah Anda lakukan di masa lalu akan memberikan karma baik dan karma buruk di masa sekarang dan masa akan datang.

Daya tarik acara Karma ANTV ada pada dua artis utama, Robby Purba dan Roy Kiyoshi. Robby Purba dikenal sebagai host ajang pencarian bakat X-Factor Around The World. Kemampuannya dalam mengawal acara sudah tidak diragukan lagi. Wajah tampan dan vokal maskulin menjadi jaminan sukses acara reality show. Sementara itu Roy Kiyoshi adalah anak indigo yang memiliki kemampuan melihat peristiwa yang akan terjadi di masa depan. Dengan dibantu beberapa boneka arwah koleksinya, Roy Kiyoshi telah melakukan beberapa kali peramalan dan terbukti kebenarannya. Roy Kiyoshi aktif menyapa penggemarnya melalui video yang diunggah di akun Youtube miliknya. Kerjasama apik antara Robby Purba dan Roy Kiyoshi menaikkan rating tayangan Karma ANTV.

Kini timbul pro dan kontra di kalangan netizen penonton tayangan Karma ANTV mengenai kebenaran acara tersebut. Sebagian besar penonton Karma di ANTV percaya apa saja yang terjadi di studio tempat shooting Karma ANTV adalah asli. Kejadian partisipan kesurupan, kepala wanita mengeluarkan paku, hidung Roy Kiyoshi berdarah, dan berbagai peristiwa gaib diyakini kelompok ini sebagai sebuah fakta. Namun ada juga penonton Karma di ANTV yang beropini bahwa semua kejadian gaib di acara tersebut hanya settingan. Termasuk salah satu episode Karma ANTV yang menghadirkan Dajjal sebagai salah satu sesembahan ritual partisipan dianggap sebagai kebohongan besar.

Ada sebuah peristiwa unik yang terjadi di acara reality show Karma di ANT pada Sabtu, 3 Maret 2018 lalu. Partisipan pertama merupakan seorang pria yang mengaku memiliki ikatan batin khusus dengan satu makhluk jin pria. Bahkan pria tersebut mengaku sudah sepuluh tahun didatangi jin pria untuk bercinta pada malam-malam tertentu. Bagi pemikiran manusia pada umumnya, kejadian hubungan seks antara manusia pria dan jin pria tersebut mustahil terjadi.  Umumnya jin perempuan yang menggoda manusia. Mana ada makhluk jin memiliki orientasi seksual gay, demikian pikiran masyarakat umum. Namun dalam kehidupan yang universal apapun bisa terjadi. Percintaan manusia dan makhluk gaib bisa terjadi karena adanya faktor saling membutuhkan. Apakah hal ini settingan tim kreatif Karma ANTV atau benar-benar sebuah fakta? Who knows.

Lain lagi dengan ‘penglihatan’ Roy Kiyoshi terhadap pernikahan Angel Lelga dan Vicky Prasetyo. Dalam salah satu episode Karma telah hadir Angel Lelga di studio. Roy Kiyoshi memegang tangan Angel Lelga selama beberapa detik. Roy kemudian berkata menurut penglihatannya bahwa pernikahan Angel Lelga dan Vicky Prasetyo adalah karena iming-iming dan settingan. Para netizen membanjiri kolom komentar video di Youtube tersebut dengan membenarkan ucapan Roy Kiyoshi. Untuk pernyataan Roy ini hampir semua pengguna berkomentar sepakat membenarkan. Apapun komentar dan tanggapan masyarakat Indonesia terhadap tayangan Karma di ANTV, acara di tivi swasta ini sepertinya makin ngetrend. Terbukti, saat ini telah dibuatkan sinetron berseri dari tayangan Karma dengan judul Karma – The Series.

Penulis berpesan kepada pembaca The Jombang Taste melalui artikel ini untuk selalu melakukan filter atau penyaringan terhadap semua jenis tayangan yang Anda saksikan di layar televisi dan video yang Anda unduh di internet. Memang benar Allah itu bersifat gaib dan hal-hal gaib itu pasti ada dan bisa terjadi di sekitar kita. Tidak semua yang terlihat dalam pandangan mata Anda adalah sebuah kenyataan. Ingatlah bahwa Anda sekarang hidup di akhir jaman dengan berbagai fitnah yang muncul. Perkuat iman Anda dengan melakukan ibadah secara tekun dan ikhlas. Jangan sedikitpun Anda membiarkan diri bersekutu dengan setan dan kawan-kawannya. Semoga tulisan ini bisa menambah wawasan Anda.

Bagikan artikel ini melalui:

34 Replies to “Pro-kontra Tayangan Karma ANTV, Asli Atau Settingan?”

  1. Demi bisnis mereka rela membodohi manusia..
    Jangan sampai deh percaya manusia manggil dajal..kalo kalian percaya kalian bodoh..

  2. Mungkin Roy kiyoshi atau bang.roy udh tau apa yang akan saya tulis.
    Masalah benar atau tidaknya itu tergantung kepada kita.
    Jika saya sih percaya, hanya pesan dari bang.roy. untuk tetap menyandarkan diri dengan berdoa dalam melakukan sgala aktiviti.
    Itukan menurut penglihatan mata batin beliau. Beliau hanya memprediksi.
    Tidak ada yg salah. Toh apa yg di predikisi benar2 terjadi..

  3. Bagi saya tidak ada yang mustahil.
    Setiap kejadian yg akan terjadi pastinya ada tanda2nya.
    Mulai dari prediksi ramalan lah kita membenahi diri untuk menjadi lebih baik.
    Ini adalah dorongan positif untuk menjadi lebih baik..

  4. Bagi saya tidak ada yang mustahil.
    Setiap kejadian yg akan terjadi pastinya ada tanda2nya.
    Mulai dari prediksi ramalan lah kita membenahi diri untuk menjadi lebih baik.
    Ini adalah dorongan positif untuk menjadi lebih baik..
    Masalah ramalan beliau.
    Boleh percaya atau tidak..
    Jika saya sih percaya..

  5. Aku percaya pada kekuatan supranatural. Dia ada di sekitar kita dan berinteraksi dgn manusia. Hanya saja tdk semua manusia bisa menangkap keberadaan mereka melalui mata telanjang.

  6. Menurutku ada yang asli dan ada yang setingan.
    Yang bisa lebih jelas nilainya sesama ank indigo.
    Di ambil positifnya aja bro..

  7. Biarpun bnyk yg nyindir KARMA itu acara alay, aku gak ambil pusing. Tergantung yg liatlah. Kalo oom gundul itu liatnya dari kacamata tukang pijat mah gitu orangnya gak bisa asik. Cemungut kak Roy!

  8. I love kak Roy Kiyoshi. Dia sdh bnyk tlg orang sakit. Gitu kok dibilang acara lebay. Oom Gundul tuh cuma iri sama kesuksesan Kak Roy.

  9. This TV program makes you foolish for a long time. Beware of satanics promotion. KPI dimana dirimu? Kok diam saja.

    1. Menurut saya acara ini gabungan dari realita dan settingan, jadi dengan menggabungkan fenomena yang settingan dan prediksi yang fakta berimbas pada acara yang menghebohkan masyarakat

  10. Permisi

    Jujur, saya sedih kenapa orang Indinesia tidak ilmiah. Lihat Jepang, Reality shownya berbau Iptek, bukan mistis. Pantas mereka maju. Saya lebih pilih jadi orang Jepang saja, negeri leluhur saya. Meski kejam saat PD II tapi dibalas (meminta maaf) dengan mengembangkan Iptek dan humanisme ke seluruh orang, termasuk Indonesia. Kalau begini, saya pesimis Indonesia menjadi negara maju.

    Mitos, mistis, itu Hoax. Manusia makhluk palinf sempurna, tidak mungkin dimasukin atau dicelakai Jin. Bodoh orang-orang yang percaya takhayul.

    Terima kasih.

  11. Kalu menuryt saya acara karma itu tidak asli
    Berarti yang percaya sama yang namanya karma itu berarti sudah tidak percaya lagi kepada sang pencipta yaitu allah swt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *