2 Jenis Pendekatan Dalam Seni Menggambar Bentuk

Dongeng Puteri Niwer Gading dan Pangeran Amat Mude
Dongeng Puteri Niwer Gading dan Pangeran Amat Mude

Apa kabar penulis lepas dan ghost writer di Indonesia? Artikel ini akan menjelaskan 2 jenis pendekatan yang sering digunakan oleh seniman dalam menggambar bentuk. Kita mengenal ada dua jenis seni rupa, yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Seni rupa murni adalah seni rupa yang hanya mengutamakan fungsi keindahan. Sedangkan seni rupa terapan adalah seni rupa yang mementingkan fungsi pakai benda tersebut. Salah satu jenis seni rupa murni adalah lukisan dan gambar bentuk.

Pelajaran menggambar bisa menjadi solusi mengatasi kebosanan belajar di dalam kelas. Oleh karena itu, aktifitas menggambar harus bisa menyenangkan. Menggambar adalah suatu proses perekaman atau meniru di atas bidang dua dimensi melalui media yang mempunyai kriteria antara lain: ketepatan atau kemiripan, bentuk dan warna dengan memperhatikan perspektif, proporsi, komposisi, gelap terang, serta bayang-bayang benda atau obyek yang digambar.

Dalam menggambar bentuk ada dua macam pendekatan yang bisa kita pakai, yaitu sebagai berikut:

1. Pendekatan dengan menggunakan model.

Model adalah benda atau obyek yang akan digambar. Contoh benda model adalah kursi, gelas, piring, kendi, buah-buahan, dan lain-lain. Seniman juga sering menggunakan manusia sebagai model melukis. Pengertian pendekatan model adalah dalam kegiatan menggambar harus ada model atau benda yang akan digambar berada di dekat di pelukis. Dengan adanya model, maka pelukis mendapatkan sejumlah kemudahan menggambar.

Kemudahan yang diperoleh jika menggambar bentuk menggunakan model adalah:

  1. Obyek gambar lebih jelas.
  2. Tidak perlu mencari-cari obyek gambar.
  3. Penggambar atau pelukis dapat mengontrol gambar dan model sesering mungkin.
  4. Ketepatan sudut gambar lebih terjamin.

2. Pendekatan tanpa model

Pendekatan ini bertolak belakang dari pendekatan dengan model. Menggambar bentuk tanpa model banyak kekurangannya, terutama bagi seniman pemula yang masih belajar menggambar. Bagi yang belum mahir, model diperlukan untuk menghasilkan gambar yang baik karena tuntutan keberhasilan dalam menggambar bentuk adalah ketepatan gambar dengan obyek yang digambar.

Dalam menggambar bentuk kita mengenal adanya garis lurus, garis patah-patah dan tekstur. Garis lurus pada gambar akan terkesan tegas dan keras. Sedangkan garis patah-patah pada sebuah gambar akan menimbulkan kesan kaku. Pertemuan antara beberapa garis disebut bidang. Semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi bagi setiap freelancer writer dan penulis content dalam mengerjakan writing project.

7 Replies to “2 Jenis Pendekatan Dalam Seni Menggambar Bentuk”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *